Alat Komputer Pendukung Program Kasir

Kasir yang di dalam bahasa inggrisnya adalah Cashier merupakan seorang pemegang cash atau uang, yaitu orang yang memiliki tugas untuk menerima dan membayarkan uang kepada pembeli atau pelanggan. Kasir adalah orang yang berdiri di bagian terdepan dan memiliki tugas-tugas yang harus dilaksanakan dengan baik di setiap hari kerjanya dikarenakan posisinya sangat penting sebab berhubungan langsung dengan administrasi dan keuangan, sehingga petugas kasir ini dituntut untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan setiap tugas yang ia kerjakan. Adanya kasir dalam suatu perusahaan bertujuan untuk mempertahankan layanan terhadap pelanggan, membantu perusahaan dalam melakukan proses penjualan secara cepat, akurat, efisien, dan mengelola arus kas serta menerima uang tunai maupun kredit.

Untuk meringankan tugas seorang kasir dibutuhkanlah mesin kasir yang berguna untuk mengurangi tingkat kesalahan yang di lakukan SDM sehingga memperkecil potensi kerugian. Menghindari kasir dalam memberikan total kalkulasi belanja yang salah ke pelanggan, memperkecil kecurangan yang dilakukan oleh kasir toko.

Mesin kasir tentu saja memiliki peralatan-peralatan yang diperlukan untuk menjalankannya, yang pertama yaitu software kasir berupa program kasir yang memiliki peranan penting dalam menentukan keakuratan dan kelengkapan dari fitur mesin kasir.

Yang kedua yaitu hardware yang tidak kalah pentingnya dari software kasir, karena jika tidak ada hardware dimana lagi software akan dijalankan. Hardware merupakan perangkat keras atau alat-alat komputer yang dibutuhkan untuk program kasir. Apa saja alat-alatnya?

  1. Komputer Kasir

Komputer kasir merupakan jenis mesin kasir yang sudah menggunakan platform computer. Berbeda dengan mesin kasir tipe cash register yang mempunyai banyak keterbatasan, mesin kasir jenis komputer kasir menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak di batasi.

  1. CPU Kasir

CPU kasir fungsinya bisa diibaratkan seperti otak dalam komputer kasir.

  1. Printer Kasir

Printer kasir biasanya sering disebut dengan mini printer, printer struk atau printer mini.

  1. Barcode Scanner

Barcode scanner adalah mesin pembaca kode-kode untuk angka atau huruf yang terdiri dari kombinasi garis (bar) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukan data kedalam komputer. Bagi para petugas kasir penggunaan Barcode Scanner menjadi hak mutlak yang harus dikuasai untuk mempermudah maupun mempercepat transaksi pembelian. Sebelum ada Barcode Scanner, petugas kasir memasukan data penjualan secara manual dengan menggunakan nama barang atau kode barang.

Nah itulah alat-alat komputer yang digunakan untuk mendukung program kasir, selain dari alat tersebut kasir juga membutuhkan yang namanya laci uang atau cashdrawer sebagai tempat penyimpanan uang disaat dilakukannya transaksi.

  

Nilna Bilmarhamah

#garudacyber11

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...