G-Suite Terintegrasi dengan SIAKAD

Bagi para penggiat dunia IT( Teknologi Informasi), tentu tidak asing mendengar salah satu layanan yang diciptakan Google yaitu G Suite. Fitur yang mengedepankan kemampuan kolaborasi dan mobilitas ini seolah menjadi penyempurna kebutuhan IT pada bisnis di era modern dewasa ini.

Meskipun demikian masih banyak juga orang awam yang belum mengetahui dengan manfaat G-Suite. G Suite merupakan serangkaian layanan produktivitas berbasis komputasi awan yang memungkinkan Anda mengerjakan apapun dan dimana-pun. Layanan ini sepenuhnya berbasis online, sehingga Anda tidak perlu memikirkan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat Anda

G-Suite menyediakan layanan yang sangat membantu dalam dunia pendidikan yaitu G-Suite For Education. Selain itu fitur dalam G-Suite bisa di kolaborasi-kan dengan Sistem Akademik Kampus.

Beberapa fitur G-Suite For Education adalah :

  1. Google Drive

Meng-upload/Meng-entry data pada Sistem Akademik bisa langsung tersimpan dalam Google Drive tanpa harus membuka situs Google Drive itu sendiri.

  1. Google Form

Fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam kampus yaitu Google Form. G-Form bisa digunakan untuk ujian dimana dosen dapat meng-entri soal dan jawaban langsung, dan juga menyisipkan gambar dan video di dalamnya.

  1. Google Slite, Doc dan Spreadsheet

Pada Google Slite dosen dapat berkolaborasi dengan mahasiswa untuk membuat dan mengedit slite presentasi membuat dan mengedit dokumen dan spreadsheet secara online, dan setiap perubahan akan langsung disimpan secara otomatis.

  1. Google Classroom

Google Classroom adalah fitur yang disediakan untuk membantu dosen membuat dan mengumpulkan tugas tanpa harus menggunakan kertas, selain itu Google Classroom  dapat menghemat waktu dosen, seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap mahasiswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap mahasiswa, agar semuanya tetap teratur.

Selain itu masih banyak fitur lainnya yang disediakan oleh G-Suite yang dapat mempermudah dosen dalam bekerja. Dengan adanya beragam kemudahan yang disediakan oleh G-Suite dan  terintegrasi-nya Sistem akademik kampus dengan G-Suite, sudah saatnya kampus kampus mengupdate sistem kampusnya agar bisa terintegrasi dengan G-Suite.

 

Penulis : Ulti Desi Arni

#garudacyber17Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...