Smart Card Si ‘Kartu Sakti’

 

Sudahkah kampus anda modern ?

Modernisasi terkadang merupakan hal yang dipandang sebelah mata namun sebenarnya sangat diperlukan demi kemajuan suatu organisasi atau instansi terutama instansi pendidikan. Meskipun sekarang anda merasa instansi anda akan baik-baik saja dengan segalanya yang serba manual, tapi percayalah hanya soal waktu instansi anda akan merasa sesak ditengah kemajuan pesat instansi lain yang merupakan rival anda. Jika tidak melakukan suatu perubahan dimulai dari sekarang, anda akan jauh tertinggal.

Smart campus adalah salah satu sistem kampus pintar yang dapat diandalkan. Smart Campus memiliki beragam fitur canggih dan bermanfaat bagi kemajuan suatu kampus, salah satunya Smart Card. Didalam sebuah smart crad ditanamkan sebuah Chip RFID. RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification merupakan teknologi komunikasi wireless atau tanpa perantara. Teknologi RFID berfokus mengidentifikasi objek melalui rangkaian code yang hanya bisa dibaca scanner dengan software tertentu (sumber : Deutsche Welle). 

Smart card adalah salah satu dari beragam fitur yang terdapat dalam smart campus, produk dari garuda cyber Indonesia. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan kartu pintar ini. Sebagai tanda pengenal akademika kampus, kartu pass parkir, hingga e-money, alat bayar yang dapat digunakan bebas didalam kampus selama memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan pihak kampus.

Smart Card akan menyimpan berbagai informasi seperti data diri pemilik Smart Card dan saldo. Sebagai pass parkir, Smart Card ditempelkan pada sebuah titik point yang telah ditentukan dan portal parkir akan secara otomatis terbuka dan jika terdapat tarif parkir, saldo Smart Card akan berkurang.

Sebagai e-money atau e-payment, Smart Card dapat digunakan diseluruh café kampus yang telah terdaftar sebagai smart café, salah satu fitur Smart Campus, yang terintegrasi dengan Smart Card. Jika pemilik Smart Card kekurangan saldonya, tak perlu khawatir, karena Smart Card juga mendukung sistem kredit dengan batas maksimal penggunaan yang harus dilunaskan nantinya di akhir semester.

Berikut tampilan desain Smart Card tampak depan dan tampak belakang :

Smart Card - Front

Smart Card - Back

 

Penulis Ulfa Khairu Nisa

#Garudacyber05februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...