Hari gini masih antri bayar SPP ?? Pake Smart Campus dong

Kali ini saya akan membahas mengenai integrasi SIAKAD dengan pembayaran melalui BANK. Dimulai dari pengertian terlebih dahulu yaa. Apa sih SIAKAD itu ??? SIAKAD yaitu singkatan dari Sistem Informasi Akademi, SIAKAD sendiri didefinisikan melalui pengertian sistem informasi dan akademi. Menurut wikipedia sebuah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen disebut sebagai Sistem Informasi.

Akademi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti lembaga pendidikan tinggi, kurang lebih 3 tahun lamanya, yang mendidik tenaga profesional atau sebagai tempat perkumpulan orang terkenal yang dianggap arif bijaksana untuk memajukan ilmu, kesusastraan ataupun bahasa. Nah dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa SIAKAD (Sistem Informasi Akademi) adalah sebuah sistem informasi yang digunakan dibidang akademi dibangun guna memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam  kegiatan administrasi akademik baik proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi(KRS), pengisian nilai, proses lihat Kartu Hasil Studi (KHS), proses pengerjain skripsi, pembayaran administrasi akademi maupun pengelolaan data dosen dan data mahasiswa.

Nah, banyak sekali kan manfaat dari sistem informasi akademi tersebut. Sistem informasi ini bisa didapatkan dari salah satu produk unggulan CV.Garuda Cyber Indonesia loh yaitu smart campus. Smart Campus adalah sebuah produk kampus cerdas yang memiliki beberapa fitur unggulan diataranya yaitu Sistem Akademik. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara integrasi SIAKAD dengan pembayaran BANK. Yuk simak terus artikelnya.

Proses pembayaran yang dilakukan secara terintegrasi melalui SIAKAD terhadap Bank biasanya menggunakan metode Host to Host Payment (H2T) yang merupakan sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung atau hubungan dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antara host, yaitu komputer dengan perangkat yang terhubung satu sama lain. Secara garis besar gambara proses menggunakan pengembangan sistem H2T SIAKAD Smart Campus yaitu antara SIAKAD Smart Campus dapat langsung terintegrasi dengan Host bank yang telah disepakati oleh perguruan tinggi. Data transaksi pembayaran yang masuk ke dalam server bank akan secara otomatis terintegrasi dengan data dalam server SIAKAD Smart Campus. Disaa mahasiswa melakukakan transaksi pembayaran SPP maupun UKT, mahasiswa dapat melakukan transaksi tersebut pada Bank yang telah disepakati proses transaksipun dapat dilakukan melalui teller bank, ATM dan Internet Banking. Proses tersebut akan secara otomatis masuk ke sistem SIAKAD Smart Campus dan data mahasiswa yang melakukan pembayaran akan muncul, lalu dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar mahasiswa akan berganti dengan otomatis di kedua server yaitu pihak bank dan perguruan tinggi. Kemudahan yang didapatkan perguruan tinggi antara lain yaitu melakukan integrasi data baik dengan Bank maupun integrasi data internal.

 

Gimana canggih banget gak sih produk CV. Garuda Cyber Indonesia yang satu ini ?? Ayo, kunjungi website kami di www.garudacyber.co.id untuk info lebih detail mengenai produk kami ini. Jangan sampai ketinggalan info yaaa

 

Penulis Annisa Candela

#Garudacyber16februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...