WhatsApp-Button
Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Jakarta

Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Jakarta

  2021-04-29 16:21:48     Ulti Desi Arni     Dibaca 70 kali

Jual Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Di Jakarta - 021-39720119 / 0811-767-4727

Secara resmi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Indonesia: Daerah Ibukota Khusus Jakarta), adalah ibu kota Indonesia. Terletak di pantai barat laut Jawa (pulau terpadat di dunia). Jakarta adalah pusat perekonomian, budaya, dan politik Indonesia. Peluang bisnis Jakarta, dan kemampuannya untuk menawarkan standar hidup yang berpotensi lebih tinggi daripada yang tersedia di bagian lain negara ini, telah menarik para pendatang dari seluruh kepulauan Indonesia, menjadikannya panci leleh dari berbagai budaya.

Nama panggilan Jakarta adalah "Durian Besar", setelah buah berduri dan berbau kuat dari nama itu yang berasal dari wilayah tersebut. Menyebut Jakarta sebagai "Durian Besar" dipandang sebagai anggukan bagi julukan New York, "The Big Apple". Jakarta adalah salah satu kota tertua yang terus dihuni di Asia Tenggara. Didirikan pada abad keempat sebagai Sunda Kelapa, kota ini menjadi pelabuhan perdagangan penting bagi Kerajaan Sunda. Pada suatu waktu, itu adalah ibu kota de facto Hindia Belanda, ketika dikenal sebagai Batavia.

Pentingnya penerapan manajemen keuangan di sekolah

Transparansi

Transparansi artinya pengelolaan keuangan sekolah harus dilakukan secara terbuka. Keterbukaan tersebut terkait dengan sumber keuangan sekolah, besarannya, dan bagaimana detail tersebut digunakan untuk pertanggungjawaban. Ini akan memudahkan pihak yang berkepentingan untuk menggambarkan situasi keuangan organisasi atau sekolah. 

Baca Juga : Jual Aplikasi Kelulusan Siswa (Smart School)

Akuntabilitas

Dalam pengelolaan keuangan, akuntabilitas mengacu pada penggunaan biaya sekolah sesuai rencana. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan SPP harus diperhitungkan sesuai rencana.

Efektivitas

Dalam pengelolaan keuangan sekolah dapat dikatakan efektifitas adalah kegiatan yang dilakukan dapat mengelola keuangan untuk mendanai kegiatan untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan terkait, dan mutu hasil juga harus sesuai dengan yang direncanakan.

Prinsip ini berkaitan dengan banyaknya hasil kegiatan. Sedangkan dalam pengelolaan keuangan adalah perbandingan antara input dan output, atau bisa dikatakan power dan result.

Fitur-fitur Aplikasi Keuangan dan Anggaran Sekolah

Berbagai fungsi disediakan dalam aplikasi keuangan dan anggaran sekolah untuk mendukung pengoperasian normal sistem. Dengan fungsi yang lengkap tentunya aplikasi dapat berjalan dengan maksimal, dan fungsi yang lengkap juga harus mendukung sistem yang baik. Oleh karena itu, aplikasi keuangan dan anggaran sekolah memiliki fungsi ganda dan merupakan pilihan yang tepat untuk membantu bendahara sekolah dalam mengelola keuangan dan anggaran dengan mudah dan cepat. Berbagai fungsi tersebut meliputi:

Manajemen Data Akun Keuangan Sekolah

Fitur utama yang tersedia pada aplikasi ini yang berfungsi sebagai memudahkan bagian keuangan atau bendahara sekolah dalam suatu memanajemen data akun keuangan sekolah. Yang mana bagian operator yang berwenang sebagai bisa menambahkan beberapa jenis-jenis akun, entah itu akun khas bank, kecil dan lain sebagainya. Pastinya dengan adanya menu ini akan memudahkan dalam proses pelaporan keuangan berdasarkan data akun pada nantinya.

Baca Juga : Jual Aplikasi Desa (Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Lengkap

Manajemen Data Pemasukan

Fitur berikutnya yang tersedia adalah menyederhanakan pengelolaan data input tipikal. Kita tahu pasti ada banyak jenis pendapatan atau transaksi dalam keuangan sekolah. Oleh karena itu, terlalu banyak transaksi dengan fitur ini, yang akan memudahkan pengelolaan setiap data keuangan yang masuk, sehingga memudahkan pembuatan laporan di masa mendatang. Setiap transaksi atau entri tipikal akan dihitung dengan benar sesuai dengan standar akuntansi.

Manajemen Data Pengeluaran

Tidak hanya menyediakan fungsi manajemen data input, tetapi aplikasi juga mendukung manajemen data biaya. Dengan cara ini, setiap transaksi pembayaran akan tercatat di sistem dan dihitung secara otomatis.

Detail Pembayaran Siswa Dan Kwitansi Tercetak

Dalam melakukan transaksi baik berupa input data maupun data pengeluaran terkadang diperlukan bukti fisik berupa kuitansi. Contoh sederhananya adalah siswa membayar uang sekolah, siswa memerlukan kuitansi sebagai bukti dan mereka dapat membayar kapan saja. Nah, aplikasi ini mendukung pencetakan struk yang mudah dan cepat untuk setiap transaksi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan menampilkan secara detail setiap transaksi yang telah dibayarkan oleh siswa tersebut. Dengan cara ini, bagian keuangan atau mahasiswa dapat lebih mudah memahami detail pembayaran.

Pengajuan Anggaran

Fitur selanjutnya yang tersedia pada aplikasi ini adalah budget submission, dimana pihak lain yang terkait dengan sistem (seperti infrastruktur) dapat dengan mudah mengajukan anggaran. Dengan cara ini, bendahara atau pejabat yang berwenang dapat menyetujuinya secara online. Anggaran yang dikeluarkan akan dicatat dengan benar dan laporan yang akurat akan dibuat di masa depan. Pengajuan anggaran bisa dilakukan secara online sehingga bisa diproses lebih cepat.

Persetujuan Anggaran

Selain mempermudah pengajuan anggaran, sistem ini juga mendukung kemudahan penerimaan pengajuan anggaran. Dengan cara ini, mereka yang membutuhkan anggaran atau mengajukan anggaran secara online dapat dengan mudah melihat hasil gaji.

Neraca Keuangan

Laporan keuangan yang baik, termasuk sekolah, tentunya memiliki neraca. Dimana pada neraca ini, Anda dapat melihat proses atau transaksi yang biasa terjadi. Ya, sistem ini memudahkan bagian keuangan dalam menyusun laporan saldo secara cepat dan akurat. Cukup pilih menu laporan saldo dan masukkan tahun atau item yang diinginkan, dan laporan tersebut dapat ditampilkan sesuai kebutuhan.

Laporan Standar Akuntansi

Tentunya laporan keuangan yang baik harus sesuai dengan standar akuntansi, dan laporan yang baik ini akan memberikan dukungan untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Selain itu, laporan keuangan dan anggaran dapat menyajikan laporan dengan cepat dan akurat, yang akan memudahkan sekolah dalam merencanakan anggaran masa depan dan menjadikannya lebih efektif dan efisien.

 

Penulis : Riski


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia