WhatsApp-Button
Aplikasi Keuangan Solusi Tepat Atasi Masalah Finance Perusahaan Anda

Aplikasi Keuangan Solusi Tepat Atasi Masalah Finance Perusahaan Anda

  2021-04-21 17:09:10     Ulti Desi Arni     Dibaca 103 kali

Sebagai seorang pelaku bisnis tentu saja memiliki beragam tantangan yang akan dihadapi ketika menjalankan usahanya. Karena tidak ada namanya sebuah bisnis yang bisa berjalan sukses tanpa adanya upaya dalam menjalankannya. Beragam tantangan tersebut tentu saja harus dicarikan solusi tepatnya, tantangan tersebut bisa saja berupa mencari karyawan yang tepat sesuai bidang, menentukan strategi hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Selain tantangan tersebut, persaingan dalam industri bisnis juga terus meningkat sehingga pelaku bisnis memang harus dituntut untuk menentukan strategi tepat dan memiliki team yang handal di dalamnya. Jika pelaku bisnis tidak bisa memanfaatkan peluang yang ada tentu saja ia akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya.

Tidak kalah pentingnya permasalahan yang cukup menguras waktu dan pikiran dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu berkaitan dengan keuangan perusahaan maupun manajemen akuntansi. Dimana keuangan ini merupakan bagian yang penting dan sangat vital keberadaannya sehingga harus dikelola secara tepat. Pengelolaan keuangan ini mengacu kepada anggaran atau perencanaan strategis dana serta pengendalian proses keuangan yang ada.

Mengingat keuangan ini bagian yang penting dan vital sehingga membutuhkan manajemen yang tepat di dalamnya. Jika pengelolaan keuangan ini tidak tepat, tentu saja akan berdampak yang tidak baik untuk perusahaan bahkan bisa mengganggu operasional perusahaan. Manajemen keuangan yang baik tentu akan mampu membantu operasional perusahaan menjadi baik pula. Sebab tujuan dari manajemen keuangan ini agar keuntungan bisa didapatkan secara optimal, memastikan usia perusahaan bisa berjalan dengan panjang, meminimalkan modal, menjaga arus kas serta bida memaksimalkan pangsa pasar.

Baca Juga : Jual Sistem Perpustakaan Sekolah (Smart School)

Begitu pentingnya manajemen yang baik dalam pengelolaan keuangan ini, apabila terjadi kesalahan di dalamnya tentu saja akan ada masalah besar terkait perusahaan. Tidak tepatnya pengelolaan keuangan dan manajemen di dalamnya bisa saja menimbulkan kerugian bahkan bisa cepat gulung tikar alias bangkrut.

Padas sebuah perusahaan biasanya ada saja permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan pengelolaan keuangan ini. Diantara permasalahan yang sering terjadi adalah :

  1. Menunda pencatatan

Ini tentu saja sering di alami oleh perusahaan manapun dimana pencatatan terkait transaksi baik pemasukan atau pengeluaran sering kali di anggap remeh hingga lupa. Nah, ketika pencatatan ini sering ditunda-tunda tidak menutup kemungkinan akan terlupakan, dan transaksi kecilpun bisa saja tidak tercatat.

Agar bisa mewujudkan manajemen keuangan yang baik untuk perusahaan, semaksimal catatlah setiap transaksi yang ada meskipun jumlahnya kecil maupun besar. Selain ini memudahkan Anda mengetahui arus khas juga baik untuk laporan keuangan Anda nantinya.

  1. Menyimpan catatan keuangan satu tempat

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis terkait keuangan ini adalah proses penyimpanan laporan keuangannya hanya di satu tempat saja seperti lemari arsip tanpa adanya laporan cadangan. Padahal catatan keuangan yang aman dan terjaga penting sekali dimiliki oleh perusahaan, sehingganya laporan keuangan haruslah dipastikan tempat penyimpan yang aman dengan adanya rekapan.

Membuat data cadangan atau penyimpanan cadangan ini bertujuan untuk berjaga-jaga yang disebabkan kemungkinan terhapusnya data secara tidak sengaja, atau kehilangan dan kerusakan dokumen tersebut sehingga akan sangat sulit untuk dikembalikan. Maka dari itu penting sekali bagi perusahaan untuk membuat file cadangan terkait data keuangannya tersebut.

  1. Tidak membuat laporan keuangan rutin

Dalam pengelolaan keuangan ini semakin baik sistem pembukuan terkait keuangan dan selalu membuat laporan maka akan semakin mudah untuk menemukan kesalahan agar memudahkan dalam pendukung keputusan. Maka dari itu perusahaan harus memastikan untuk membuat laporan keuangan ini secara rutin setiap bulan dan melakukan evaluasi terkait laporan tersebut.

  1. Tidak memisahkan keuangan bisnis dan personal

Kesalahan ini sering dilakukan oleh perusahaan kecil atau pelaku bisnis kecil, dimana mereka mengabaikan dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis. Kebanyakan mereka menyatukan keuangan bisnis dan pribadi sehingga ini menjadi tantangan yang cukup besar untuk berkembangnya perusahaan. Menyatukan antara keuangan bisnis dan personal tentu saja memiliki resiko yang besar, dimana perusahaan akan kesulitan melihat arus kasnya sehingga nilai perusahaan bisa saja akan rusak.

Baca Juga : Jual Sistem Perpustakaan Sekolah (Smart School)

  1. Tidak membuat anggaran

Anggaran merupakan hal yang cukup penting keberadaannya sehingga mengembangkan dan mempertahankan anggaran haruslah dilakukan. Dengan adanya penetapan anggaran ini maka akan memudakan dalam perencanaan kemajuan masa depan perusahaan. Selain itu, dengan adanya pencatatan anggaran ini bisa digunakan sebagai bahan analisa terkait pengeluaran dan pengembangan perusahaan.

Itulah beberapa permasalahan yang sering di alami oleh perusahaan, dan permasalahan-permasalahan tersebut ada juga disebabkan tidak memadainya sistem untuk pengelolaan keuangan tersebut. Cara manual atau konvensional yang masih dipertahankan sebagian perusahaan justru membuat kesulitan dalam pengembangan bisnis. Beda halnya, jika dalam menjalankan bisnis disertai dengan sistem manajemen yang tepat tentu saja akan berdampak baik untuk perusahaan.

Di era digital saat ini, teknologi terus berkembang menawarkan banyak kemudahan diantaranya untuk membantu dalam manajemen keuangan. Sebagai solusi tepa dalam mengatasi permasalahan keuangan perusahaan Anda adalah dengan menggunakan Aplikasi Keuangan. Dimana aplikasi keuangan yang sudah berstandar akuntansi ini akan membantu dalam manajemen keuangan secara baik sehingga masalah-masalah finance perusahaan bisa terkendalikan.

Banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan ketika menggunakan Aplikasi Keuangan dari Garuda Cyber ini. Diantara beberapa manfaat tersebut adalah :

  1. Multicurrency

Aplikasi keuangan ini menyediakan pencatatan transaksi dengan lebih dari satu mata uang, sehingga akan memudahkan dalam pencatatan transaksi keuangan perusahaan Anda.

  1. Auto Jurnaling

Tentu saja bagian keuangan akan termudahkan dengan adanya sistem penghitungan otomatis untuk setiap transaksi.

  1. Klasifikasi Transaksi

Setiap transaksi yang ada akan tercatat sesuai kelompoknya, baik itu pengeluaran maupun pemasukan.

  1. Arus Kas Terkontrol

Tidak kalah penting dengan adanya pencatatan keuangan yang baik untuk setiap transaksi maka arus kas akan terkontrol. Perusahaan akan mengetahui aliran kasnya sehingga ini akan berdampak baik pada laporan keuangan nantinya.

  1. Laporan Lengkap

Laporan keuangan yang lengkap tentu saja akan mendukung dalam pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaan.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia