WhatsApp-Button
Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan dalam Manajemen Bisnis Anda

Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan dalam Manajemen Bisnis Anda

  2021-04-01 16:50:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 101 kali

Manfaat Menggunakan Aplikasi Keuangan dalam Manajemen Bisnis Anda - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha tentu saja setiap pelaku usaha menaruh harapan yang besar agar bisnis bisa terus berkembang dan memberikan keuntungan yang besar. Ketika bisnis mampu bertahan dan bersaing, maka akan memberikan keuntungan untuk usaha tersebut. Nah, agar ia bisa berkembang dan memberikan keuntungan yang besar tentu saja harus didukung dengan manajemen bisnis yang tepat di dalamnya, terutama yang berkaitan dengan keuangan.

Keuangan merupakan bagian yang cukup penting dan bisa dikatakan sangat vital dalam sebuah usaha. Dimana manajemen keuangan mampu menentukan apakah bisnis bisa bertahan, berkembang atau malah gulung tikar seperti yang tidak kita harapkan. Dalam pengelolaan data keuangan ini tentu saja tidak hanya vital namun cukup kompleks, terlebih lagi jika usaha tersebut terus berkembang. Maka dibutuhkan cara yang tepat serta manajemen yang baik dalam mengelola keuangan tersebut.

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa dalam mengelola keuangan ini bukanlah hal yang mudah, dan memang memiliki tantangan tersendiri di dalamnya. Bisa dikatakan pekerjaan manajemen keuangan merupakan sesuatu yang cukup membingungkan, membutuhkan waktu, ketelitian dan sangat rentan akan kesalahan terlebih lagi jika dilakukan secara manual.

Dalam keuangan ini tentu banyak sekali jenis transaksi yang harus dicatat dan kemudian dilaporkan. Selain itu harus kas yang ada juga harus dimanajemen secara baik dan tepat agar tidak terjadi ketidakseimbangan dalam pengeluaran dan pemasukan. Bagi perusahaan yang masih bertahan dengan cara manual tentu ini akan sangat rentan sekali, dan tidak heran jika bagian keuangan sering kesulitan dalam memanajemen hal tersebut dengan proses manual.

Baca Juga : Pengertian Kewirausahaan

Di era digitalisasi saat ini teknologi mampu membantu berbagai aspek bidang pekerjaan, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Hadirnya aplikasi keuangan menawarkan efisiensi untuk menyelesaikan persoalan atau permasalahan dalam manajemen keuangan menjadi lebih baik. Dimana aplikasi keuangan yang hadir bisa diakses secara online akan mencatat setiap transaksi secara tepat dan baik kemudian memberikan perhitungan lebih akurat dan otomatis.

Tidak hanya memudahkan dalam pencatatan transaksi saja, serta perhitungan otomatis namun aplikasi keuangan juga dilengkapi dengan perhitungan akuntansi yang sering menjadi persoalan terberat dalam manajemen keuangan. Dengan aplikasi keuangan ini banyak proses yang dimudahkan berkaitan dengan manajemen keuangan.

Mulai dengan pencatatan individu, transaksi, hingga sistem akuntansi yang jauh lebih canggih yang tidak mampu dilakukan secara manual. Beragam transaksi bisa dilakukan secara mudah seperti pengelolaan hutang piutang, jurnal, buku besar, aru kas, neraca, proses penggajian, bahkan bisa mencatat dan menampilkan aset perusahaan.

Beragam manfaat dan kemudahan akan dirasakan oleh perusahaan menggunakan Aplikasi Keuangan dalam manajemen keuangannya, diantara beberapa manfaat tersebut adalah :

  1. Memastikan pengendalian keuangan berjalan baik

Sebagaimana fungsi utama dari aplikasi keuangan adalah memanajemen keuangan menjadi lebih baik dan bisa mengontrolnya secara otomatis. Dimana pencatatan transaksi lebih rapi sehingga perhitungan kondisi keuangan bisa dihasilkan secara otomatis dan tersistem. Meskipun bagian keuangan tidaklah seorang akuntan sekalipun, aplikasi ini tetap mudah digunakan dan membantu pengelolaan keuangan sesuai standar akuntansi. Dengan adanya manajemen secara online, sehingga pihak yang berwenang mampu melihat kondisi keuangan perusahaan secara realtime dan darimanapun.

  1. Meningkatkan akurasi data

Selain memastikan bahwa pengendalian keuangan berjalan secara baik, aplikasi ini juga akan meningkatkan akurasi data. Dimana kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam proses manual seperti perhitungan, penginputan data dan pelaporan bisa diminimalisir dengan aplikasi ini. Ketika laporan keuangan memiliki akurasi data yang tinggi maka manajemen bisnis Andapun bisa berlangsung dan bertahan sebagaimana harusnya.

  1. Menghemat biaya

Aplikasi akuntansi memproses perhitungan dan prosedur administrasi berkaitan keuangan secara otomatis. Semua transaksi dan administrasi dilakukan secara online, sehingga bisa menghemat biaya atau anggaran untuk mencetak dokumen transaksi ataupun laporan keuangan. Selain itu, data keuangan akan tersimpan secara digital sehingga tingkat keamanannya jauh lebih tinggi dan mudah dipantau kapan saja dan dari mana saja.

  1. Pedoman dalam pengambilan keputusan

Dengan sistem keuangan yang secara otomatis serta menghasilkan laporan secara lengkap dan tepat maka ini akan memudahkan Anda dalam melihat kondisi keuangan perusahaan Anda. Dengan laporan keuangan yang lengkap bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan terkait anggaran atau kebijakan apa yang akan dilakukan demi bertahan atau memajukan perusahaan. Selaku pelaku bisnis Anda bisa mengatur strategi yang tepat untuk kemajuan usaha Anda dengan adanya gambaran terkait kondisi keuangan perusahaan Anda.

Baca Juga : Jual Portal Akademik (Siakad) Kampus

  1. Tingkat keamanan data lebih tinggi

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa persoalan keuangan ini merupakan hal yang cukup vital pada sebuah perusahaan, dan data keuangan ini tentu saja harus dijaga karena bersifat rahasia. Hanya pihak-pihak tertentu sajalah yang bisa mengetahui kondisi keuangan ini, sehingga keamanan haruslah diperhatikan agar datanya tidak tersebar ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Memanfaatkan aplikasi keuangan tentu saja akan mendukung dan memastikan bahwa data keuangan Anda dalam kondisi aman. Sebab hak akses ke dalam sistem terbatas dimana hanya mereka yang berwenang saja yang bisa mengaksesnya dan memang memilki kepentingan dalam pengelolaan keuangan tersebut.

Selain hak akses yang terbatas dan terjaga, pencatatan transaksi juga tersimpan secara baik yaitu secara digital. Jika dengan cara manual biasanya rentan hilang atau rusak, beda halnya dengan aplikasi keuangan karena semua data memilki penyimpanan dan backup data secara berkala.

Itulah beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan Anda ketika menggunakan aplikasi keuangan dalam manajemen bisnis Anda. Tentu saja dengan aplikasi keuangan yang tepat mampu memudahkan pelaku bisnis mengelola keuangan secara baik, benar dan tepat sehingga bisnisnya-pun mampu bersaing dan berkembang di era digitalisasi saat ini.

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang ditawarkan dalam aplikasi ini maka sudah sepantasnya perusahaan Anda beralih menggunakan Aplikasi Keuangan dari Garuda Cyber ini. Sudah saatnya Anda memajukan dan mengembangkan bisnis dengan sistem digitalisasi, Aplikasi Keuangan Garuda Cyber ini adalah solusi cerdas manajemen keuangan menjadi lebih baik. Selain itu dengan sistem digitalisasi juga akan meningkatkan kualitas mutu dan layanan perusahaan Anda dengan ragam kemudahan otomatis informasi yang diberikan.

 

#GarudaCyber23April


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia