Jual Aplikasi Desa (Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Lengkap

Jual Aplikasi Desa (Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Lengkap - 0761-6704399 / 0811-767-4727

Saat ini isu terkait dengan kualitas pelayanan yang transparan dan akuntabel dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat menjadi perbincangan yang mesti harus ditingkatkan kualitasnya. Sehingganya sudah menjadi sebuah keharusan bagi para penyelenggara negara ikut andil dan berpartisipasi dalam pemberian layanan data dan informasi yang dapat dipercaya dan berkesinambungan kepada masyarakat.

Salah satu badan penyelenggara negara yang bergerak dalam pelayanan publik yang cukup diperhitungkan dan menjadi perhatian adalah pada pemerintahan desa. Dimana pada desa inilah terdapat data penduduk yang paling update. Dimana setiap administrasi terkait pelayanan harus melalui desa seperti pembuatan KK, surat keterangan lahir, KTP dan hal lainnya. Itu semua tentu saja berkaitan dengan data para penduduk yang membutuhkan.

Tentu saja aktivitas pada sebuah desa ini tidak hanya terbatas pada pelayanan surat menyurat saja, namun ia juga harus bisa menerima pengaduan dari masyarakat dan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, pengelolaan keuangan juga haruslah secara tepat sehingga membutuhkan manajemen yang tepat pula.

Mengingat hal tersebut, tentu saja menjadi sebuah tantangan untuk mewujudkan sistem pemerintahan desa dan pelayanan publik yang bersih serta transparan oleh lembaga pemerintahan dalam menjalankan fungsinya. Melihat begitu banyaknya aktivitas pelayanan yang terjadi pada desa terkait permasalahan public, maka sistem pada desa tentu harus menjadi perhatian khusus.

Selain itu, desa tentu saja memiliki potensi yang harus dikembangkan untuk kemajuan masyarakatnya. Setiap potensi yang ada haruslah di data secara baik dan tepat agar bisa memberikan kualitas pelayanan yang baik serta mengembangkan desa menjadi lebih baik lagi. Potensi yang ada bisa saja berupa pekerjaan, hasil usaha, usia, kepemilikan rumah dan hal sebagainya. Sebagai pemerintah desa haruslah mengetahui semua kemungkinan-kemungkinan tersebut agar ketika ada penyaluran dana dan hal lainnya bisa dilakukan tepat sasaran.

Aplikasi Desa

Banyak sekali sebenarnya aktivitas dan transaksi yang terjadi pada pelayanan masyarakat setingkat Desa ini yang membutuhkan manajemen baik agar berjalan secara tepat dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Kemudahan dalam administrasi serta kecepatan dalam proses dan mudah memperoleh sebuah informasi yang diinginkan merupakan salah satu faktor pendukung peningkatan kualitas pelayanan kantor desa.

Contoh sederhana dari kemudahan layanan yaitu pengurusan surat tanpa harus berdesakan dan antrean panjang di kantor desa, kemudian masyarakat tidak harus berbolak balik ke kantor desa mengetahui status suratnya dan hal lainnya. Semua itu haruslah dikelola secara baik menggunakan teknologi tepat guna sebab cara manual di era digital saat ini bukanlah sebuah solusi yang tepat lagi.

Baca Juga : Strategi Branding Di Instagram

Sebagaimana kita tahu bahwa teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan yang semakin pesat sehingganya menawarkan ragam kemudahan untuk para penggunanya. Kemudahan yang ditawarkan teknologi ini tentu saja hampir diterima oleh setiap lapisan masyarakat, terlebih lagi kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan dan kemudahan dalam berkomunikasi. Tidak hanya itu saja, kemajuan teknologi ini juga banyak dimanfaatkan oleh industri kerja dalam mendukung aktivitas atau pekerjaan mereka seperti penggunaan aplikasi tepat guna.

Hadirnya aplikasi atau sistem informasi memang sudah terbukti memberikan banyak solusi dalam bidang yang dibutuhkan, maka dari itulah sebagai badan pelayanan masyarakat terlebih lagi dalam administrasi desa haruslah menggunakan sistem yang tepat di dalamnya. Tentu saja menggunakan sistem yang tepat akan memudahkan dalam pelaksanaan administrasi dan hal lainnya.

Sistem informasi tepat guna yang bisa diterapkan oleh desa yaitu Aplikasi Desa (Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) dari Garuda Cyber. Di dalam aplikasi terdapat banyak sekali sistem atau aplikasi yang saling terintegrasi untuk kemudahan dalam pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Menggunakan sistem yang saling terintegrasi tentu saja akan menciptakan keteraturan kerja dan semua datapun tersimpan secara baik di dalam satu database.

Fitur atau Sistem Terintegrasi dalam Aplikasi Desa

Aplikasi Desa (Layanan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) dari Garuda Cyber juga memiliki banyak sekali manfaat, selain cukup efektif dan efisien, tentu saja relatif semua administrasi bisa diproses dengan cepat dan tidak kalah penting akan menghemat anggaran seperti penggunaan banyak kertas untuk pencetakan formulir atau hal lainnya. Selain itu, penumpukan kertas atau berkas di atas meja juga bisa diminimalisir, sebab user atau masyarakat mengajukan secara online.

Sebagai sebuah aplikasi yang terintegrasi tentu saja banyak sekali aplikasi atau fitur yang tersedia di dalam Aplikasi Desa ini, diantaranya adalah :

Aplikasi Layanan Surat menyurat desa

Aplikasi layanan surat menyurat desa ini hadir sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam proses administrasi atau surat menyurat yang mereka butuhkan. Banyak sekali jenis surat yang biasanya diurus oleh masyarakat terkait kebutuhan administrasi ini. Ragam jenis yang banyak, ditambah pula banyaknya warga tentu cukup membuat bagian administrasi kewalahan dalam hal ini. Karena itulah aplikasi administrasi ini hadir dengan ragam fitur dan kemudahan untuk setiap penggunanya, baik itu masyarakat maupun pihak desa.

Adapun fitur-fitur yang tersedia di Layanan Surat atau administrasi adalah untuk kepengurusan :

  • Surat Administrasi Pernikahan
  • Surat Keterangan Kelahiran
  • Surat Kematian
  • Surat Keterangan Tidak Mampu
  • Surat Pengantar SKCK
  • Surat Keterangan Domisili
  • Surat Administrasi Kepemilikan Rumah
  • Surat Belum Memiliki Rumah
  • Surat Jalan
  • Surat Keterangan Penghasilan
  • Surat Keterangan Usaha
  • Surat Kehilangan
  • Surat Kuasa SKGR
  • Dll

Aplikasi Layanan Pengaduan

Pada Aplikasi Desa ini tidak hanya memudahkan dalam pengurusan administrasi surat menyurat atau pembuatan suratan keterangan saja, namun juga mendukung layanan pengaduan secara online. Kesejahteraan tingkat desa tentu saja merupakan tanggung jawab pemerintah desa juga, dimana kepala desa juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan warganya. Baik keamanan dari kejahatan atau kenyamanan karena fasilitas ataupun kondisi lingkungan yang ada.

Maka dari itu dengan adanya Aplikasi Layanan Pengaduan yang terintegrasi dalam Aplikasi Desa ini akan memudahkan masyarakat dalam mengirim segala jenis pengaduan. Semua pengaduan tersebut juga mudah dilihat oleh Kepala Desa/Lurah dan selanjutnya Kades/Luar mendisposisikan aduan ke bidang yang bersangkutan agar ditindak lanjuti. Terkait informasi pengaduan ini di akses langsung oleh Kades/Lurah sehingga data atau identitas yang mengadu hanya diketahui oleh Kades/Lurah saja.

Adapun ragam layanan pengaduan yang dapat diajukan ke dalam sistem adalah :

  • Layanan pengaduan sampah
  • Pengaduan Kebakaran
  • Pengaduan Kriminal
  • Pengaduan Jalan Rusak
  • Pengaduan Banjir
  • Pengaduan Kerusakan Lampu Jalan
  • Pengaduan Pohon Tumbang
  • Pengaduan Umum
  • Dll

Aplikasi Keuangan Desa

Selain melayani dalam administrasi dan pengaduan, tentu saja di tingkat Desa/Lurah juga memiliki persoalan terkait keuangan desa. Dimana keuangan ini merupakan hal yang cukup sensitif dan vital sehingga harus dikelola secara tepat dan benar. Ada beberapa transaksi yang berkaitan dengan keuangan pada pemerintahan tingkat desa ini, termasuk anggaran mengenai kesejahteraan masyarakatnya.

Baca Juga : Strategi Marketing di Instagram

Menggunakan aplikasi keuangan desa ini tentu saja akan memudahkan bagian keuangan atau bendahara desa dalam mengelola setiap transaksi yang ada hingga menghasilkan laporan yang lebih akurat. Tentu saja aplikasi ini di dukung dengan ragam fitur yang mumpuni, sehingga benar-benar bisa menjadi solusi tepat. Keuangan yang dikelola secara tepat dan transparan juga merupakan bagian penting dalam aktivitas di desa.

Fitur-fitur

Adapun fitur-fitur yang tersedia di dalam Aplikasi Keuangan Desa ini adalah :

  1. Manajemen Data Akun Keuangan Desa
  2. Manajemen Data Pemasukan
  3. Manajemen Data Pengeluaran
  4. Cetak Kwitansi
  5. Pengajuan Anggaran
  6. Approval Anggaran
  7. Laporan Neraca
  8. Laporan Standar Akuntansi

Aplikasi Pasar Digital Desa (Marketplace)

Potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh masyarakat desa tentu saja berpeluang untuk terus diberdayakan agar perekonomian terus meningkat. Salah satu cara atau langkah yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas perekonomian bisa dengan membantu memasarkan setiap produk atau jasa yang dimiliki oleh masyarakat seperti menggunakan Aplikasi Pasar Digital Desa ini.

Pada aplikasi ini semua masyarakat boleh memasarkan produk atau jasa yang akan ditawarkannya, dan tentu saja memiliki jangkauan luas yaitu seluruh indonesia dan tidak menutup kemungkinan juga hingga dunia. Persyaratan untuk bisa memasarkan produk sangat mudah, yaitu terdaftar ke dalam aplikasi sedangkan pembeli nantinya tidak harus terdaftar. Sebagai bentuk upaya agar aplikasi berjalan sebagaimana mestinya dan mencapai apa yang diharapkan maka sebagai Admin bisa saja oleh BUMDES alias Badan Usaha Milik Desa.

Aplikasi Pendataan Potensi Desa

Beda halnya dengan Aplikasi Pasar Digital yang bertujuan membantu masyarakat dalam memasarkan produknya, sedangkan aplikasi pendataan potensi desa ini untuk mendata seluruh penduduk di desa terkait potensi yang dimilikinya. Misalnya potensi berdasarkan usia, pekerjaan, usaha, milik tanah dan hal lain sebagainya.

Pada aplikasi ini akan secara aktif mengupdate data aset yang dimiliki. Seperti lahan, kebun, ternak dll. Sehingga desa dapat mengetahui dengan pasti potensi wilayah masing-masing. Data dapat diexport ke berbagai format: PDF, MS Excel, XML, CSV, dll

Website Desa

Selain beberapa aplikasi terintegrasi yang mumpuni di atas, sebagai bonus atau tambahan Garuda Cyber memberikan jasa pembuatan website Desa secara gratis untuk anda yang memanfaatkan aplikasi ini. Tentu saja informasi mengenai perkembangan dan kegiatan desa sangat sayang sekali jika tidak di ekspose untuk diketahui masyarakat luas. Terlebih lagi setiap kegiatan dan potensi itu memanglah sangat patut untuk di apresiasi, maka membutuhkan wadah dalam menyebarkannya agar bisa diketahui oleh pemerintah pusat sekaligus.

Semakin luas penyebaran informasi terkait dengan keunggulan dan ragam aktivitas yang dilakukan oleh Desa tentu akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Website Desa menjadi wadah yang tepat dalam mengeksposes setiap aktivitas dan perkembangan desa.

Manfaat Aplikasi Desa

Mengingat begitu banyaknya aplikasi terintegrasi yang memudahkan dalam aktivitas tentu saja semua itu tidak terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan. Aplikasi ini bisa dikatakan langkah cerdas dan tepat yang bisa dipilih oleh Kades/Lurah dalam mendukung semua aktivitas dan administrasi yang ada. Adapun manfaat atau kelebihan aplikasi ini adalah :

  1. Pengajuan atau pembuatan surat (administrasi) dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dalam artian kata lain bahwa aplikasi bisa diakses secara realtime tanpa batasan ruangan dan waktu.
  2. Memudahkan pengguna atau masyarakat dalam melacak status pembuatan suratnya, begitu juga sebaliknya.
  3. Mudah di akses karena cukup bermodalkan gadget dan internet
  4. Disposisi bertingkat sehingga semua terpantau secara baik
  5. Persetujuan bertingkat
  6. Arsip semua surat secara digital sehingga terminimalisir dari kehilangan dan menghemat ruang penyimpanan, selain itu semua data akan tersimpan secara baik dalam satu database.
  7. Pelayanan digital dimana semua secara online sehingga tidak perlu antri atau desak-desakan di kantor desa.

Nah, itulah ragam manfaat yang akan dirasakan dalam menggunakan sistem digital di era modern saat ini. Mungkin akan muncul pertanyaan bagaimana cara mengatasi masyarakat yang tidak mampu memiliki smartphone dan Android. Hal ini bisa diatasi oleh kantor desa dengan menyediakan counter digital dimana disana tersedia perangkat yang bisa di akses oleh masyarakat untuk digunakan secara bergantian. Sehingganya meskipun harus datang ke kantor namun tidak terlalu rame dan pelayanan tetap terlaksana secara digital. Pelayanan digital yang konsisten tentu saja semua data pencatatan tetap tersimpan rapi dan transparan.

 

#GarudaCyber23Maret

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...