Contoh Sistem Informasi Dalam Bisnis

Di era digital saat sekarang ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dimana perkembangan tersebut dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang termasuk didalam industri. Didalam dunia industri setiap saat selalu ada teknologi baru yang muncul yang mana sangat membantu industri tersebut untuk berkembang. Salah satu perkembangan teknologi yang terjadi pada industri adalah perkembangan teknologi informasi.

Untuk saat sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwasanya teknologi informasi memiliki peranan penting didalam berbisnis. Karena hampir dari keseluruhan perusahaan baik perusahaan berskala kecil maupun yang sudah besar menggunakan teknologi informasi, dimana teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap pelayanan yang mereka kelola.

Adapun berikut adalah contoh penerapan sistem informasi didalam berbisnis :

  1. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP pada dasarnya memiliki konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan yang meliputi data master perusahaan tersebut. ERP biasanya digunakan oleh perusahaan dalam mengatur dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja yang ada dalam perusahaan.

 

  1. Desicion Support System (DSS)

DSS merupakan sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan database khusus dalam membantu pengambilan keputusan bagi manajerial end user.

 

  1. Informatics Management System (IMS)

IMS merupakan sistem yang dimanfaatkan dalam menganalisa pembuatan keputusan.

 

  1. Executive Information System (EIS)

EIS merupakan sistem yang digunakan untuk memberikan akses yang mudah dan cepat dalam memberikan informasi yang selektif dari faktor-faktor kunci dalam melaksanakan tujuan strategis perusahaan.

 

  1. Transaction Processing System (TPS)

TPS merupakan system yang dimanfaatkan dalam mengelola transaksi yang tejadi selama berbisnis.

Teknologi informasi sudah banyak digunakan didalam berbisnis. Dimana dapat dilihat dari banyaknya sistem yang diberikan untuk memudahkan pelayanan bisnis adalah contohnya. Hal ini muncul karena adanya kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan para pelaku bisnis memanfaatkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Dengan demikian, seiring perkembangan teknologi maka pekerjaan akan lebih didominasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sekian dari artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi anda untuk lebih baik kedepannya.

 

 keyword : bisnis usaha dalam informasi sistem penerapan contoh peranan proses perusahaan manajemen menerapkan yang organisasi aplikasi menggunakan makalah keputusan pengambilan dan jurnal bidang pada aktivitas akuntansi elektronik geografis akademik fungsional gambarkan gambar syariah keuangan di skripsi proposal dunia soal tesis kasus 

 

Penulis : Harbi Shani

#Garudacyber09/harbi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...