WhatsApp-Button
Pemodelan Perangkat Lunak Terstruktur

Pemodelan Perangkat Lunak Terstruktur

  2021-03-03 16:49:31     Ulti Desi Arni     Dibaca 1960 kali

Pemodelan Perangkat Lunak merupakan sebuah bentuk sikap disiplin ilmu untuk mempelajari bentuk dari pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan juga berorientasi sebuah objek.

Pemodelan dalam sebuah rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan pada tahap yang awal. Di dalam suatu rekayasa dalam perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan software sebenarnya masih memungkinkan tanpa melakukan suatu bentuk pemodelan. Tapi hal tersebut tidak dapat lagi dilakukan ke dalam suatu industri yang ada pada perangkat lunak. Pemodelan yang ada dalam sebuah perangkat lunak itu merupakan suatu yang harus dikerjakan pada bagian awal dari rekayasa dan pemodelan ini akan bisa mempengaruhi pekerjaan di dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

Baca Juga : Jual Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Belajar pemodelan perangkat lunak

  • Tahapan sebuah pengembangan pada perangkat lunak.
  • Model dari pengembangan perangkat lunak.
  • Pemodelan untuk sebuah pengembangan pada perangkat lunak secara terstruktur atau structured system development.
  • Pemodelan untuk sebuah pengembangan pada perangkat lunak berorientasi objek atau object oriented system development.

Model struktural perangkat lunak menampilkan organisasi suatu sistem dalam kaitannya dengan komponen-komponen yang membentuk sistem itu dan hubungannya. Model struktural dapat berupa model statis, yang menunjukkan struktur desain sistem, atau model dinamis, yang menunjukkan organisasi sistem saat dijalankan.

Sinkronkan data model dengan percaya diri di antara seluruh tim desain Anda, termasuk detail model 3D untuk semua proyek struktural Anda. Rancang struktur di mana pun di dunia menggunakan lebih dari 90 kode internasional, mengurangi kebutuhan tim Anda untuk mempelajari banyak aplikasi perangkat lunak.

Model struktural perangkat lunak menampilkan organisasi suatu sistem dalam kaitannya dengan komponen-komponen yang membentuk sistem itu dan hubungannya. Model struktural dapat berupa model statis, yang menunjukkan struktur desain sistem, atau model dinamis, yang menunjukkan organisasi sistem saat dijalankan. Anda membuat model struktural dari suatu sistem ketika Anda mendiskusikan dan mendesain arsitektur sistem.

Baca Juga : Manfaat Jaringan Syaraf Tiruan

Ini adalah daftar paket perangkat lunak penting yang menerapkan analisis teknik struktur terhadap beban yang diterapkan menggunakan teori teknik struktural dan teknik struktural.

  1. Abaqus : Perangkat lunak untuk analisis struktural FEM
  2. Advence Design : Software BIM untuk analisis struktural FEM
  3. ArchiCAD : Perangkat lunak pemodelan BIM & 3D diterapkan untuk teknik sipil & struktural.
  4. COMSOL Multiphysics : Simulasi dan multifisika diterapkan untuk rekayasa struktur.
  5. Extreme Loading for Structures : Perangkat lunak analisis struktural non-linier tingkat lanjut.
  6. FEATool Multiphysics : Simulasi dan multifisika diterapkan untuk rekayasa struktur.
  7. FEMtools : Program perangkat lunak FEM menyediakan analisis lanjutan dan solusi skrip untuk teknik struktural.
  8. FreeCAD : Pisau Swiss Army sumber terbuka dari peralatan teknik untuk keperluan umum.

Perangkat Lunak Desain Struktural Gratis

SkyCiv Engineering menawarkan desain struktural dan perangkat lunak analisis untuk baja, kayu, beton, dan kayu, tersedia dalam berbagai kode negara termasuk AS, Eropa, AU, dan Kanada. Perangkat lunak ini dirancang bagi para insinyur profesional untuk memodelkan dan menganalisis struktur sederhana dan kompleks dengan lebih cepat dan mudah.

Rekayasa Perangkat Lunak

Pengertian dari Rekayasa Perangkat Lunak atau yang bisa disingkat dengan RPL itu adalah suatu sikap disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi dari sebuah perangkat lunak. Mulai dari tahap awal yang biasa disebut dengan analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi kebutuhan pengguna, desain, sebuah pengkodean, tahap pengujian, hingga kepada suatu pemeliharaan pada sistem setelah dipakai data yang sudah digunakan. Pada sebuah rekayasa perangkat lunak, banyak bentuk model yang telah dikembangkan untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak.

 

Penulis : Yazid


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia