Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik di Indonesia

Pemerintah ialah organisasi yang mempunyai kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu. Ilmu pemerintahan yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara melaksanakan koordinasi dan memimpin bidang legislasi, yudikasi, dan eksekusi di dalam hubungan pusat dengan daerah-daerah antar lembaga serta antara yang memerintah dengan gejala pemerintahan.

Jurusan ilmu pemerintahan berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau disebut juga Fakultas sospol. Di dalam ilmu pemerintahan mempelajari tentang mengenai persoalan persoalan seputar organisasi, manajemen, administrasi ataupun aspek kepemimpinan dalam rangka penyelenggaraan organisasi public.

Ilmu pemerintahan melakukan pendidikan dalam bidang yang bermutu dalam rangka yang mampu menghasilkan lulusan dengan daya saing secara moral ataupun akademis yang pastinya bermasyarakat bagi masyarakat dan negara.

Di Negara Indonesia ini, ilmu pemerintahan itu sangat penting, mengingat bahwa negara Indonesia adalah negara hokum. Tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya pemerintahan.

Seluk Beluk Jurusan Ilmu Pemerintahan

  1. Deskripsi

Ilmu Pemerintahan dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana caranya pemerintah (unit kerja public) bekerja memenuhi dan melindungi tuntutan (harapan, kebutuhan) yang diperintah terhadap jasa public dan layanan public, dalam hubungan pemerintah.

Baca Juga : Era ’Internet of Things’ Sebagai Motivasi Programmer

Obyek dan subyek dari kelompok atau organisasi ini sendiri meliputi lembaga legislasi, lembaga eksekutif dan lembaga yudikatif serta lembaga-;embaga lain yang telah diatur dalam peraturan perundang undangan.

Ilmu pemerintah mempelajari mengenai struktur, prosedur, dan rangkaian kegiatan dari badan public dalam melaksanakan suatu tugas dan fungsi kelembagaan dalam rangka untuk mencapai tujuan penyelenggaraan negara.

  1. Ruang Lingkup Pembelajaran

Berikut beberapa contoh mata kuliah ilmu pemerintahan

  • Pendidikan Agama
  • Bahasa Inggris
  • Pengantar Ilmu Pemerintahan
  • Dasar-dasar Ilmu Politik
  • Sistem Hukum Indonesia
  • Sistem Ekonomi Indonesia
  • Sistem Sosial Indonesia
  • Teori Politik
  • Dasar-dasar logika
  • Pengantar Statistik Sosial
  1. Kompetensi Lulusan
  • Kompetensi Utama

Menghasilkan output pendidikan yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, menulis, retorika, meneliti dan menganalisa.

  • Kompetensi Pendukung

Adanya perwujudan Good Governance dan penguatan tata pemerintahan local yang mempunyai kemampuan menyusun serta mengevaluasi kebijakan public, public speaking, analisis politik dan problematika pemerintahan daerah.

  • Kompetensi Lainnya

Menghasilkan output pendidikan yang mempunyai akhlak mulia sebagai pendorong terciptanya sense of responsibility terhadap dinamika pemerintahan.

Baca Juga : 6 Fakta Menarik Google Maps

  1. Gelar

Gelar akan di dapatkan setelah berhasilnya kamu menjadi mahasiswa lulusan jurusan atau program study Ilmu Pemerintah ialah Sarjana Ilmu Pemerintahan (S. I. P)

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

  1. Aparat Pemerintahan

Terlibat secara aktif dalam bekerja menjalankan roda pemerintahan, baik itu dipusat ataupun di daerah. Dapat menentukan atau melakukan penetapan kebijakan pemerintah dan mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik baiknya serta menyediakan solusi dari pemerintah berguna untuk menghadapi berbagai macam permasalahan rakyat.

  1. Staf atau Anggota Legislatif

Berpikir dengan lebih strategis dalam menentukan kebijakan yang akan di ambil, sudah ditanamkan semenjak awal pertama bagi mahasiswa yang mengambil jurusan ini. Tentunya belajar mengenai strategi khusus dalam membentuk pemerintahan yang efektif akan berguna untuk membangun rakyat. Maka sudah tidak diherankan lagi jika lulusan jurusan Ilmu Pemerintahan tepat dalam menjadi anggota legislatif.

  1. Aktivis LSM atau Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat disingkat dengan LSM menjadi lembaga secara sukarela dengan memberikan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat umum, tanpa mempunyai tujuan tertentu seperti mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Biasanya kegiatan yang dilakukan yaitu membela masyarakat, membantu masyarakat yang pada intinya bertujuan untuk membangun dan menyejahterakan kehidupan masyarakat dengan sesuai hukum yang berlaku.

  1. Konsultan Pemerintah

Jalannya roda pemerintahan pastinya akan mengalami setiap hambatan di setiap langkahnya. Supaya hambatan nya bisa menghilang dan kerja pemerintah bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Spesialis Hubungan Masyarakat

Mempunyai tanggung jawab dalam mempromosikan citra public yang ditujukan untuk individu. Tugas yang diemban seperti menanggapi adanya permintaan informasi dari media-media. Oleh karena itu aspek yang sangat dibutuhkan adalah kemampuan dalam berkomunikasi satu sama lain.

 

Penulis : Delia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...