WhatsApp-Button
Apa itu Cloud Computing ?

Apa itu Cloud Computing ?

  2021-02-25 16:59:09     Ulti Desi Arni     Dibaca 939 kali

Cloud Computing merupakan istilah yang hampir sering kita dengar. Tetapi, masih sedikit yang mengetahui apa itu definisi, fungsi, dan cara kerja Cloud Computing untuk memudahkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada perusahaan maupun organisasi besar pengaruh cloud computing adalah mempermudah dalam berinteraksi dari satu computer ke computer yang lain tanpa harus memakan banyak biaya.

Cloud computing bisa membuat semua pekerjaan menjadi lebih praktis dan tidak perlu lagi menggunakan infrastruktur yang besar. Bahkan Cloud Coumputing dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam perusahaan. Tanpa kamu sadari setiap hari kamu bisa bertukar informasi dan data menggunakan Cloud Computing.

Cloud Computing hanya perlu menggunakan jaringan internet, dikarenakan Cloud Computing memiliki server yang terpusat. Berikut penjelasan mengenai Cloud Computing, simak penjelasan berikut.

Definisi Cloud Computing

Cloud Computing adalah suatu istilah dari Cloud yang di artikan sebagai internet dan computing diartikan sebagai computer. Definisinya adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi supaya dapat menjalankan program melalui computer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.

Baca Juga : Belajar jQuery

Cloud Computing ialah suatu teknologi yang bisa menjadikan internet sebagai sebuah pusat server untuk mengolah data bahkan aplikasi pengguna. Cloud Computing merupakan suatu teknologi yang menjadikan internet sebagai suatu pusat server untuk mengolah data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya dalam menjalankan suatu program tanpa harus menginstall aplikasi dahulu dan mempermudah pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Cara Kerja Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing ini bisa menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola data. Sistem ini dapat memudahkan pusat server dalam mengelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan installasi pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di computer. Perintah-perintah yang di pakai oleh pengguna selanjutnya akan di lanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah di terima oleh server aplikasi, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah di perbaharui sesuai dangan perintah yang telah di berikan sebelumnya. Contoh dari Cloud Computing adalah Yahoo, PDF, Gmail, Google Drive.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Mood (Mood Booster) saat Mentok Coding

Perintah yang ada di dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di computer. Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar bisa menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi.

Fungsi Cloud Computing

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya kita dapat melihat di perkantoran menggunakan banyak computer untuk menjalankan perusahaannya. Dengan keadaan saat ini peningkatan pengguna computer semakin banyak meningkat, sehingga membuat pengguna harus menggunakan media penyimpanan yang lebih besar dan menjadi prioritas di segala bidang. Terlebih pada sector bisnis yang membutuhkan teknologi yang berkapasitas tinggi dengan biaya yang mahal. Hal ini yang menjadikan Cloud Computing menjadi solusi dari permasalahan ini karena merupakan teknologi yang bagus dan murah.

Cloud computing juga mempunyai media penyimpanan, fleksibel dan efisien untuk diterapkan dalam sector bisnis. Cloud Computing juga memiliki solusi untuk menurunkan permintaan hardware dan software pengguna. Karena Cloud Computing ini.

Teknologi Cloud Computing mempunyai banyak manfaat dan tujuan yang baik untuk perkembangan teknologi yang kita gunakan saat ini, terutama dalam penggunaannya dalam bisnis serta hal lain seperti di bidang perbankan, finance, internet Of Thing dan hal lainnya yang bisa mempermudah banyak pekerjaan manusia.

Teknologi Cloud Computing akan terus berkembang dengan seiringan berkembangnya zaman dan di dukung juga dengan infrastruktur yang memadai di seluruh wilayah khususnya di Indonesia.

 

Penulis "Tina


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia