Kelebihan dan Kekurangan Topsis

Topsis adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk menjadi konsep pengambilan keputusan.  Topsis memiliki kriteria sebagai suatu identifikator permasalahannya. TOPSIS merupakan singkatan dari Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution. Topsis memiliki cara kerja yaitu dengan membandingkan alternatif dengan teknik menyamakan kesamaan solusi ideal posited dan solusi ideal negative.

TOPSIS diperkenalkan pertama kali oleh Yoon dan Hwang1981. Topsis berdasarkan kepada konsep dimana suatu alternatif yang terpilih tidak hanya memiliki suatu jarak terpendek dari solusi ideal positif lainnya, namun juga terdapat jarak terpanjang dari solusi ideal negative dari suatu sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean sehingga dapat menentukan kedekatan relative dari suatu alternative dengan solusi optimal.

Baca Juga : Tips Marketing Jaman Now

Untuk menggunakan metode Topsis maka, berikut merupakan tahapan tahapan dalam pembuatan menggunakan topsis yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat matriks keputusan yang ternormalisasi
  2. Membuat matriks keputusan yang ternormalisasi terbobot.
  3. Dapat menentukan suatu matriks solusi ideal positif dan matriks solusi ideal negative
  4. Dapat menentukan jarak antara nilai setiap alternative dengan suatu matriks solusi ideal positif dan negative
  5. Menentukan nilai preferensi untuk setiap alternative

Berikut merupakan kelebihan metode TOPSIS

  1. Topsis memiliki konsep yang sederhana serta mudah untuk dipahami, kesederhanaan tersebut dapat dilihat dari alur proses metode TOPSIS yang tidak begitu rumit. Dikarenakan menggunakan suatu indicator kriteria serta variabel alternative sebagai suatu pembantu untuk menentukan keputusan.
  2. Topsis memiliki komputasinya efisien, suatu perhitungan komputasinya lebih efisien serta lebih cepat.
  3. Topsis dapat dijadikan sebagai pengukur suatu kinerja alternative dan juga dapat sebagai alternative keputusan dalam sebuah bentuk output komputasi yang sederhana
  4. Topsis dapat digunakan sebagai metode pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Baca Juga : Cara Mudah Install Composer di WIndows yang Benar dan Berhasil

Selain kelebihan topsis juga memiliki kelemahan, berikut adalah kelemahan metode TOPSIS

  1. Topsis belum memiliki penentuan bobot prioritas yang menjadi suatu prioritas hitungan terhadap kriteria yang dapat berguna untuk meningkatkan validitas nilai bobot perhitungan kriteria. Dengan alasan tersebut maka metode ini dapat dikombinasikan dengan misalnya metode AHP agar dapat menghasilkan output atau suatu keputusan yang lebih maksimal.
  2. Topsis belum memiliki adanya bentuk linguistic untuk suatu penilaian alternative terhadap kriteria. Biasanya bentuk linguistic tersebut dapat di interprentasikan dalam sebuah bilangan fuzzy.
  3. Topsis belum memiliki sebuah mediator seperti hirarki yang jika diproses secara mandiri maka dalam ketepatan suatu pengambilan keputusan cenderung belum menghasilkan keputusan yang sempurna.
  4. Dalam metode topsis dapat digunakan dalam menentukan sebuah perangkingan alternatif dengan memperhitungkan solusi ideal dari suatu masalah dan penentuan bobot setiap kriteria. Namun kurang baiknya jika digunakan dalam mendapatkan bobot yang memperhitungkan hubungan antara kriteria.
  5. Pada prosesnya menggunakan metode TOPSIS saat perangkingan dan pembobotan kriteria yaitu memiliki nilai yang telah pasti. Dalam aplikasi di kehidupan nyata terdapat informasi yang tidak lengkap atau informasi yang dibutuhkan tidak tersedia.
  6. Metode topsis dapat menentukan solusi berdasarkan jarak terpendek untuk menuju solusi ideal dan jarak terbesar dari solusi negative yang ideal. Namun pada metode ini tidak dapat mempertimbangkan kepentingan relative importance dari masing- masing jarak tersebut.
  7. Metode topsis seringkali digunakan asumsi pada suatu tingkat kepentingan relative masing-masing respon serta dapat digunakan dengan metode lain untuk menyelesaikan asumsi tersebut.
  8. Pada metode topsis untuk alternative dengan ranking tertinggi merupakan solusi yang terbaik namun belum tentu ranking tertinggi yaitu yang terdekat dari solusi ideal. Sehingga perlu dilakukan perhitungan lagi untuk dapat memastikannya.

Untuk pengembangan biasanya metode TOPSIS ini dapat dikombinasikan dengan beberapa motode seperti berikut ini.

  1. Fuzzy dan TOPSIS
  2. TOPSIS dan SAW
  3. AHP dan TOPSIS
  4. TOPSIS dan WP

Demikianlah kekurangan dan kelebihan dari TOPSIS. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Riela Annisa

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...