WhatsApp-Button
Karakteristik Cloud Computing

Karakteristik Cloud Computing

  2021-02-23 17:18:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 16 kali

Pengertian Cloud Computing.

Menurut bahasa, cloud computing diartikan sebagai komputasi awan. Sedangkan menurut istilah cloud computing merupakan proses gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu e-mail (Gmail), sosial media (Instagram, Facebook), google drive, google meet, classroom.  Adanya cloud computing merubah cara kerja sistem teknologi informasi dalam sebuah bisnis yang semula hanya dapat mengakses data dan aplikasi melalui perangkat keras atau Hardware yang ada di kantor menjadi serba bisa di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan perangkat mobile.

Manfaat Cloud Computing.

Beberapa manfaat cloud computing dalam dunia bisnis, di antaranya yaitu:

  1. Efisiensi biaya.

Cloud computing sangat berperan penting dalam efesiensi biaya bagi sebuah bisnis karena perusahaan tidak perlu memasang perangkat keras maupun lunak.

Baca Juga : Perbedan Inpeksi dan Investigasi

  1. Meningkatkan Performa Kerja.

Persaingan global yang sangat cepat, membuat sebuah perusahaan dan sumber daya yang ada di dalamnya juga mengikuti arus perkembangan persaingan. Dengan penggunaan cloud computing, setiap orang dapat mengakses kebutuhan data dan aplikasi di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentu dapat meningkatkan performa kerja.

  1. Meningkatkan Keamanan Data Perusahaan.

Data is a new Oil.  Begitunya berharga setiap data yang dimiliki perusahaan. Jika semua data dan dokumen masih berbentuk file hard copyperusahaan tidak dapat mengontrol atau mengendalikan keamanannya karena dapat terbaca oleh siapapun. Selain itu, risiko kehilangan dokumen sangat tinggi. Dan juga untuk mendapatkan mengakses file soft copy terbatas pada perangkat tertentu saja. Namun, dengan adanya cloud computing, keamanan data pengguna dapat terjamin karena sudah tersimpan dalam server yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang diberikan akses.

  1. Dinamis dan Mudah Disesuaikan.

Perubahan kondisi sebuah bisnis sangatlah dinamis dan fluktuatif. sebuah bisnis memiliki grafik memuncak dan membutuhkan kapasitas perangkat lunak yang besar, namun di waktu yang lain bisa menurun dan hanya memerlukan kapasitas yang kecil. cloud computing menjadi jawaban dalam perubahan kondisi dan kebutuhan suatu perusahaan. Karena, pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan kapasitas cloud tanpa membeli peralatan keras.

Baca Juga : Jual Sistem Informasi Riset Kampus

Karakteristik Cloud Computing.

Ada beberapa karakteristik cloud computing dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  1. Broad Network Access :akses jaringan yang sangat luas dan dapat diakses di berbagai jenis perangkat keras(hardware), Contohnya facebook mobile, memungkinkan kita untuk dapat mengakses layanan facebook melalui  handphone, tablet, maupun laptop.
  1. Resource Pooling :sumber daya komputasi dari penyedia cloud computing harus memenuhi banyak pelanggan dan bersifat samgat dinamis tergantung kebutuhan pelanggannya. Contohnya google, dapat menyediakan ratusan ribu server yang tersebar di penjuru dunia sehingga dapat melayani jutaan penggunanya.
  1. On-demand Self Service :pengguna cloud computing dapat mengatur layanan yang dipakai  sesuai dengan kebutuhan tanpa ber-interaksi dengan pihak penyedia layanan cloud computing. Contohnya e-mail, kita bisa menyimpan, memindahkan, menghapus email, dsb tanpa campur tangan dari penyedia cloud.
  1. Measured Service :Sistem cloud menyediakan layanan yang dapat memonitor dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya terhadap layanan yang dipakai (tempat penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, dan akun pengguna). Sehingga pelanggan dapat memonitor sumber daya yang dipakai secara transparan antara penyedia layanan dan pelanggan. Contohnya kita bisa memantau space yang terpakai ataupun space yang masih kosong, mengetahui masa aktif akun, dan lain sebagainya.
  1. Rapid Elasticity :kapasitas layanan cloud computer bersifat sangat fleksibel tergantung kebutuhan pengguna. Sehingga pengguna cloud computing dapat menaikkan atau menurunkan kapasitas layanan sesuai kebutuhan. Jadi, kapasitas layanan ini seolah tak terbatas dan pengguna cloud dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya kapan pun dan dimana pun. kita bisa mengubah layanan dari small ke bussiness atau sebaliknya sesuai dengan kebutuhan.

 

Penulis :Sukri


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia