WhatsApp-Button
Pengertian Augmented Reality   

Pengertian Augmented Reality  

  2021-02-23 17:06:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 15 kali

 

Pada zaman sekarang ini, batasan antara dunia digital dan fisik semakin membuat kita sulit sebagai pengguna yang memakainya. Teknologi ini atau biasa disebut AR dengan sigap memasuki fase yang baru dan bisa memungkinkan kamu mendapatkan pengguna yang berpengalaman dalam hal yang kaya dengan konteks. Konteks itu maksudnya adalah konteks yang menggabungkan sensor, komputasi, internet untuk segalanya, dan kecerdasan buatan. Teknologi ini bisa membawa transformasi yang signifikan ke berbagai bidang yang menyangkut pada ekonomi dalam hal produktivitas, daya saing, serta terdapat penyediaan pada layanan baru dan inovatif untuk klien.

Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menggabungkan benda maya dua dimensi dan juga bisa benda dunia maya tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu membentuk benda tadi menjadi benda yang berbentuk seperti asli atau realita. Selain digunakan pada bidang yang bisa digunakan seperti kesehatan, militer, industri maupun dunia pendidikan. Teknologi ini bisa menyisipkan sebuah informasi tertentu ke dalam bentuk dunia maya dan menampilkannya atau melihatkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan yang biasa digunakan seperti komputer, android dan lain yang bisa menggunakannya.

Ada juga yang menyatakan Augmented Reality ini merupakan sebuah teknologi yang memperluas dunia fisik dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya. Berbeda dengan Virtual Reality, teknologi ini tidak dapat menciptakan seluruh lingkungan buatan agar bisa menggantikan yang asli ke dengan bentuk yang virtual.

Baca Juga : Pengertian Keyboard, Jenis-jenis dan Fungsi pada Komputer

Teknologi ini muncul pada tampilan secara langsung dari lingkungan yang ada dan bisa juga menambahkan apa saja yang bisa ditambahkan seperti suara, video, dan juga memasukkan grafik ke dalamnya. Jadi teknologi ini adalah sebuah pertunjukan lingkungan fisik dunia nyata, yang bersamaan dengan gambar yang bisa dihasilkan oleh sebuah alat elektronik khususnya komputer sehingga bisa mengubah persepsi yang aslinya atau mengubah persepsi realitanya.

Ada metode yang dapat dikembangkan oleh teknologi AR pada saat ini terbagi menjadi dua metode, yaitu ada Metode Marker Based Tracking dan Markless Augmented Reality.

  1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Marker itu merupakan ilustrasi hitam dan putih sebuah persegi dengan batas hitam tebal dan berlatar belakang berwarna putih. Sebuah komputer mengenali sebuah posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual tiga dimensi yaitu titik (0,0,0) dan terdapat tiga sumbu yaitu X,Y dan Z.

  1. Markerless Augmented Reality

Ada salah satu metode Augmented Reality yang pada saat ini sedang berkembang yaitu metode yang sedang kita bahas saat ini. Dengan metode ini para mereka yang menggunakannya tidak perlu lagi kalian gunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen digital elemen digital dengan tool yang telah tersedia untuk melakukan pengembangan Augmented Reality berbasis perangkat HP. Dan juga bisa mempermudah untuk kalian bisa membuat aplikasi yang markerless.

Baca Juga : Pengertian Server dan Client

  • Face Tracking

Algoritma yang ada pada sebuah komputer terus dikembangkan. Hal ini bisa membuat komputer bisa mengenali wajah seseorang secara umum dengan cara mengenali posisi pada mata, hidung, dan lain sebagainya yang ada pada bagian wajah manusia kemudian akan tidak memperhatikan objek lain yang ada di sekeliling seseorang tersebut seperti lemari, rak buku, pohon dan lain sebagainya yang ada di sekelilingnya.

  • Tiga Dimensi Objek Tracking

Hal ini begitu berbeda dengan yang sebelumnya, pada tiga dimensi objek ini hanya bisa mengenali wajah seseorang secara umum dalam bentuk teknik tiga dimensi. Bentuk ini bisa mengenali semua bentuk benda yang ada pada sekitar seseorang tersebut. Seperti mobil, sepeda motor, gedung, meja, dan hal lain yang ada pada sekeliling seseorang tersebut.

  • Motion Tracking

Komputer bisa dapat menangkap sebuah gerakan yang ada terlihat, hal ini telah dimulai dengan menggunakan dan digunakan secara ekstensif untuk sekalian juga memproduksi sebuah film yang mencoba mensimulasikan sebuah gerakan yang ada pada sekelilingnya.

 

Penulis : Yazid H


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia