Buat Formulir Masih Manual ? Google Form, Yuk Buat Formulir Tanpa Kertas

Pernakah anda membuat suatu formulir ??? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia formulir berarti sebuah lembaran isian; surat isian atau sebuah halaman web yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data, yang kemudian dapat dikirim kembali ke server web tersebut. Jika anda biasanya membuat sebuah formulir secara manual (menggunakan kertas). Nah perusahaan IT raksasa yang biasa disebut ‘mbah google’ini menyediakan platform untuk membuat formulir digital yang akan disebarkan secara online untuk memudahkan para pendaftar atau yang mengisi formulir agar mudah dalam mengisi data walaupun mereka berada di belahan dunia lain (Etss selama mereka masih memiliki koneksi internet ya. Hehe). Seluruh data yang kita masukkan dalam formulir pendaftaran serta perubahan yang kita lakukan pada perubahan tersebut akan tersimpan langsung ke google drive. Makanya kita gak perlu repot dan takut jika data kita hilang. Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara  membuat formulir dengan menggunakan google formulir.

  1. Buka lah website https://www.google.com/intl/id_id/forms/about/
  2. Lalu klik “Buka Google Formulir” pada tampilan web tersebut
  3. Klik “Memulai Formulir Baru”

          

       4. Anda dapat mengikuti sedikit penjelasan yang diberikan google seperti gambar yang ada di bawah ini :

           

 

  1. Ketikkan judul formulir dan isikan semua pertanyaan serta berikan opsi jawaban pada pertanyaan tersebut. Anda juga dapat menambahkan gambar pada pertanyaan serta opsi pertanyaan anda.
  2. Untuk mengatur jenis jawaban dan pengaturan untuk opsi jawaban klik tiga garis horozintal diseblah kolom pertanyaan. Pada bagiaan kanan bawah terdapat opsi “wajib diisi” aktifkan opsi tersebut jika pertanyaan yang anda ajukan bersifat wajib diisi.
  3. Berikut adalah contoh sederhana dari formulir yang saya buat :

          

      8. Anda bisa melihat pratinjau formulir yang telah anda buat dengan cara klik ikon berbentuk mata di bagian atas formulir tersebut. (berikut contohnya)

          

  1. Terakhir klik tombol “Kirim” untuk menerbitkan formulir yang telah anda buat

Demikian cara untuk membuat sebuah formulir menggunakan Google Form. Nah gimana ??? Masih tertarik buat formulir pake kertas ?? Tunggu apalagi say goodbye to kertas. Yuk beralih ke Google Form solusi buat formulir tanpa kertas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu J

 Penulis Annisa Candela

#Garudacyber16februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...