Biografi Penemu Instagram  

 

Pada masa saat ini, perkembangan teknologi digital sudah semakin maju. Salah satu yang paling digemari oleh banyak orang dalam smartphone adalah aplikasi jejaring sosial atau biasanya kita menyebut nya dengan media sosial. Belakangan ini, media sosial yang digemari orang – orang adalah instagram.

Instagram merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto maupun video yang memungkin orang bisa mengambil foto maupun video, menerapkan filter digital,  dan membagikan nya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk instagram. Siapa yang tidak kenal dengan instagram, aplikasi ini memiliki daya pikat sendiri untuk memikat para pengguna agar menyukai aplikasi ini.

Ada beberapa fitur yang dilengkapi pada aplikasi ini, yaitu mulai dari insta story, filter, rewind, hashtag, teks, live, boomerang, superzoom, dan dilengkapi juga dengan berbagai emoticon, location, GIF dan beberapa yang lain nya. Itulah yang membuat instagram digemari oleh banyak orang. Selain kegunaan utama nya adalah berbagi foto maupun video, namun tak jarang juga orang memanfaatkan nya untuk promosi bisnis. Muncul nya instagram ini tidak lepas dari ide kreatif seorang pria bernama Kevin Systrom yang merangkap juga sebagai CEO Instagram.

Baca Juga : Dampak Big Data dalam Pendidikan

Instagram didirikan oleh perusahaan Burbn, Inc pada tahun 2010, yang merupakan perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus pada pengembangan aplikasi pada telepon genggam. Pada awalnya perusahaan Burbn, Inc sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namunn CEO nya memutuskan untuk berfokus pada satu hal. Instagram berasal dari pengertian keseluruhan fungsi pada aplikasi ini. “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masa itu dikenal dengan sebutan “foto instan”. Dan “gram” yang berasal dari sebuah kata “telegram” yang cara kerjanya berguna untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Penemu instagram ini sendiri lahir pada tanggal 30 Desember 1983 yang lalu. Dibesarkan di kota Holliston, Amerika Serikat. Merupakan anak dari pasangan Diane yang merupakan seorang eksekutif marketing dan Douglas Systrom sebagai wakil presiden manajemen SDM di sebuah perusahaan departement store yang terkemuka di Amerika Serikat. Kevin menghabiskan masa muda nya di SMA Middlesex School di Concord, Massachusetts.

Kemudian, setelah dia lulus dari SMA, dia melanjutkan ke perguruan tinggi ternama yang ada di Amerika Serikat, yaitu Stanford University dengan jurusan Management Science and Engineering, pada saat itu Kevin sempat bekerja paruh waktu pada salah satu startup di masa itu yang bernama Odeo namun sekarang perusahaan startup itu berubah nama menjadi Twitter, dan mendapatkan gelar sarjana nya pada tahun 2006. Setelah lulus mendapatkan sarjana pada tahun 2006, kemudian ia melanjutkan nya dengan bekerja di perusahaan Google sebagai manajer pemasaran produk dengan memegang beberapa dari produk Google, yaitu Gmail, Google Calendar, Docs, dan juga Spreadsheets.

Tidak lama bekerja di Google, Kevin sudah memiliki beberapa pengalaman, selanjutnya dia mengundurkan diri dan kemudian bergabung dengan Nextstop yang merupakan sebuah startup yang didirikan oleh beberapa mantan karyawan dari Google. Pada perusahaan ini, Kevin tetap berada di posisi pemasaran, namun tak jarang juga Kevin memberikan ide – ide yang cukup cemerlang dalam membentuk suatu pemrograman. Setelah ia berpindah – pindah pekerjaan dari mulai Twitter, Google, Nextstop, dan baru lah ia merasa sudah memiliki cukup pengalaman untuk mendirikan perusahaan nya sendiri.

Baca Juga : Perbedan Inpeksi dan Investigasi

Lalu kemudian dia menciptakan aplikasi yang bernama Burbn yang merupakan cikal bakal dari terbentuknya Instagram. Pada awalnya, Kevin dan salah satu pendiri nya yang lain yaitu Mike Krieger, membangun Burbn ke aplikasi mobile web yang memungkinkan orang untuk check-in lokasi, membuat suatu rencana, memudahkan bergaul dengan teman – teman, dan yang lain nya. Namun, di saat ingin merombak Burbn, mereka melihat jika facebook membuat aplikasi check-in juga seperti Foursquare. Setelah itu, karna tidak ingin bentrok dengan layanan facebook, mereka menciptakan aplikasi instagram.

Waktu sebulan dari peluncuran instagram, instagram mampu menarik minat 1 juta pengguna. Lalu di waktu setahun kemudian, instagram bisa mencapai lebih dari 10 juta pengguna. Dan di tahun 2012, instagram sukses memikat pesaing nya yaitu facebook. Lalu kemudian, instagram sepakat menerima tawaran akuisisi dari facebook senilai USD 1 Miliar yang merupakan pembelian terbesar dalam sejarah nya facebook.

 

Penulis : Hana

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...