Biografi Penemu Facebook

Pendiri dari Facebook bernama Lengkap Mark Elliot Zuckerberg (14 Mei 1984) lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County kota New York, dia adalah anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Mark adalah seorang programmer komputer dan pengusaha Internet. Dia dikenal karena menciptakan situs jejaring social yang diberi nama Facebook bersama teman-temannya, karena itu dia menjadi pejabat eksekutif dan presiden. Facebook didirikan sebagai perusahaan swasta pada tahun 2004 oleh Mark dan teman-temannya Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin. Saat masih sorang mahasiswa di Universitas Harvard.

Pada Masa Kecil

Mark ini adalah anak kedua dari 4 bersaudara. Orang tuanya bekerja sebagai dokter gigi dan psikiater. Sejak masih kecil Mark Zuckerberg suka mengutak-atik komputer, belajar membuatnya komputer dan mencoba banyak program. Ayahnya membelikan komputer sejak ia masih berumur 8 tahun. Saat di Phillips Exeter Academy, dia dan temannya D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. Mereka mengirimkan program tersebut ke berbagai perusahaan salah satunya ke Microsoft dan AOL. Pada tahun terakhirnya di Phillips ia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek. Saat sudah mulai selesai SMA Mark Zuckerberg masuk universitas Harvard. Walaupun pada akhirnya Mark Zuckerberg di DO dari kampusnya.

Cikal Bakal Facebook

Di Harvard inilah Mark Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tidak membagikan face book (buku mahasiswa yang berisi foto dan identitas mahasiswa) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Baca Juga : Jual Aplikasi Absensi Online

Tapi setiap kali dia menawarkan untuk membuat direktori itu Harvard menolaknya. “Mereka mengatakan punya alasan untuk tidak mengumpulkan informasi (mahasiswa) ini,” kata Mark Zuckerberg. Walau ditolak dia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. Proyek pertamanya adalah CourseMatch yang memungkinkan teman-teman berkomunikasi satu sama lain pada website tersebut. Suatu malam di tahun ke-2 kuliah di Harvard, Mark Zuckerberg mengambil data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa ia membubuhkan kalimat yang meminta para pengunjung websitenya menentukan yang paling “hot” diantara semua foto yang ada. Dalam tempo 4 jam sejak diluncurkan website itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Saat pihak universitas Harvard mengetahuinya sambungan internet pun diputus. Mark Zuckerberg dipermasalahkan karena mencuri data.

Mark Zuckeberg meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi ia tak menyesali tindakannya. “Saya kira informasi seperti itu harus tersedia,” katanya.

Mendirikan Facebook

Mark Zuckeberg tidak kapok setelah terkena kasus Facemashnya di Harvard malahan dia membuat website yang diluncurkan pada Februari 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Hingga saat ini sudah lebih dari 20.000 aplikasi di dalam Facebook yang bisa digunakan para anggotanya. Setidaknya sekarang sudah lebih dari 140 aplikasi baru ditambahkan ke Facebook setiap harinya.

Dalam waktu 2 minggu setelah diluncurkan separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki account di Facebook. Ternyata tidak hanya mahasiswa Harvard saja yang tertarik dengan website tersebut tetapi juga beberapa kampus di sekitar Harvard mulai meminta untuk dimasukkan kedalam jejaring Facebook ini.

Baca Juga : Aplikasi Video Conference Gratis Terbaik

Hal Ini membuat Zuckerberg kewalahan lalu dia meminta bantuan 2 temannya untuk ikut membantu mengembangkan Facebook ini. Dalam tempo empat bulan Facebook sudah bisa menjaring sekitar 30 kampus. Hingga akhir 2004 jumlah pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari satu juta. Pengguna Facebook terus meningkat. Mark Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan Facebook lebih jauh lagi. September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk umum dengan syarat email. Sejak itulah jumlah anggota Facebook melesat tinggi. Setiap harinya ada ratusan juta foto di-upload kedalam Faacebook. Jumlah trafik yang mengakses Facebook naik hingga menjadi website teraktif ke-6 di dunia.

Kekayaan Mark Zuckerberg

Dalam Biografi Mark Zuckerberg, Forbes mencatatnya sebagai seorang milyarder termuda atas usaha sendiri dan bukan karena warisan yang tercatat dalam sejarah. Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Padahal usia Mark Zuckerberg baru 30 tahun tetapi ia bisa menghasilkan 44 miliar dollar AS. Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia sehingga membuat si Mark Zuckerberg masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di di Dunia versi Forbes.

Fakta Mark Zuckerberg

  • Facebook adalah milik Mark Zuckerberg adalah seorang mahasiswa Harvard dan aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi. Organisasi ini adalah perkumpulan mahasiswa yang bersuku Yahudi di amerika utara yang memiliki misi mengkader dan sebagai tempat mencari pemimpin baru bagi kaumnya tersebut.
  • Mark Zuckerberg selalu memakai kaos yang sama berwarna abu-abu setiap hari ketika ia bekerja. Dia bahkan sempat dicap sebagai pria dengan fashion terburuk oleh majalah lifestyle di Amerika Serikat.
  • Zuckerberg sering dianggap mengidap buta warna, ia tidak dapat melihat warna merah dan hijau dengan jelas. Warna biru adalah warna yang terlihat jelas di penglihatannya. Hal ini mungkin dapat menjelaskan kenapa ia pakai memilih warna biru sebagai warna utama Facebook.
  • Pada tahun 2011 lalu kekayaan Zuckerberg diklaim telah melampaui Larry Page dan Sergey Brin (dua pendiri Google), dengan kekayaan mencapai USD 17 miliar.
  • Zuckerberg pernah didakwa berdasarkan UU California sebagai seorang hacker yang menyusup ke dalam sistem komputasi server Universitas Harvard dan ia pun harus dikeluarkan dari kampusnya.
  • Presiden Barrack Obama saat bertemu dengan Zuckerberg di sebuah kesempatan pernah berkata, “Ini suatu kehormatan bagi saya, karena Mark mau memakai jas saat menemui saya.” Selama ini Zuck memang ‘anti’ pakai jas, ia lebih suka memakai kaos oblong favoritnya saat bekerja.
  • Facebook pernah ditawar Microsoft seharga USD 15 miliar, tapi ‘kurang ajarnya’ Zuckerberg justru malah menawar balik Microsoft dengan harga hanya USD 240.
  • Mark Zuckerberg adalah bos besar di kantor Facebook, tapi ia memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya dibanding duduk di kursi dan meja kerja yang mewah.

 

Penulis : Ali

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...