Sejarah Perpustakaan

Sejarah perpustakaan di Indonesia merupakan tergolong masih sangat muda jika dibandingkan dengan negara Arab dan Eropa. Nah Jika anda mengambil sebuah pendapat bahwa sejarah perpustakaan merupakan itu ditandai dengan dikenalnya tulisan,  sejarah perpustakaan di Indonesia maka merupakan  dapat dimulai pada tahun 400 san yaitu ialah saat lingga batu dengan tulisan nama Pallawa yang ditemukan dari periode Kerajaan Kutai. pada tahun 414M dari Musafir Fa-Hsien menyatakanya bahwa di kerajaan Ye-po-ti,  bahwa yang sebenarnya kerajaan Tarumanegara banyak yang dijumpai kaum Brahmana yang tentunya memerlukan buku atau manuskrip keagamaan yang dimulai mungkin disimpan di tempat tinggal pendeta.

Nah sekitar Pada tahun 695 M, di sebuah Ibukota Kerajaan Sriwijaya hidup seorang lebih dari 1000 orang biksu dengan tugas - tugas keagamaannya dan mempelajari agama Budha melalui sebuah berbagai buku yang tentunya saja disimpan di berbagai biasa. Nah Di pulau Jawa, sejarah perpustakaan itu tersebut dimulai pada masa Kerajaan Mataram.

Nah Hal ini karena itu maka di kerajaan ini mulailah dikenal pujangga keraton yang menulis berbagai sebuah karya sastra. nah Karya-karya itu tersebut seperti Sang Hyang Kamahayanikan yang memuatkan uraian tentang agama Budha Mahayana. Dan Menyusul kemudian sembilan parwasari cerita Mahabharata dan satu kanda dari epos Ramayana. Dan Juga muncullah dua kitab keagamaan yaitu Agastyaparwa dan Brahmandapurana. Ada juga Kitab lain yang terkenal yaitu ialah Arjuna Wiwaha yang digubah oleh Mpu Kanwa. Jadi Dari uraian tersebut nyatanya bahwa sudah ada sebuah naskah yang ditulis tangan oleh dalam media daun lontar yang tentunya diperuntukkan bagi pembaca kalangan yang sangat khusus yaitu kalangan kerajaan.

Baca Juga : Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Zaman Kerajaan Kediri dikenal juga beberapa pujangga dengan karya sastranya. Mereka itu ialah adalah Mpu Panuluh dan Mpu Sedah yang bersama-sama menggubah atau megedit kitab Bharatayudha. Selain itu juga Mpu panuluh juga merombak menggubah kitab Gatotkacasrayya dan kitab Hariwangsa. Selain itu ada juga Mpu Triguna dengan kitam resnayana dan Mpu Monaguna dengan kitab Sumanasantaka. Jadi Semua kitab - kitab itu ditulis dengan diatas daun lontar dengan jumlah yang sangat terbatas dan tetap berada di dalam lingkungan keraton.

Fungsi Perpustakaan

Nah Berikut ini ada terdapat beberapa fungsi dari perpustakaan, yaitu sebagai berikut:

·         Fungsi Penyimpanan

Perpustakaan berfungsi untuk menyimpan koleksi atau sebuah informasi alasannya yaitu ialah mustahil semua koleksi sanggup dijangkau oleh perpustakaan.

·         Fungsi Informasi

Perpustakaan berfungsi sebagai menyediakan banyak sekali informasi - informasi untuk masyarakat.

·         Fungsi Pendidikan

Perpustakaan juga menjadi tempat dan menyediakan tempat sarana untuk berguru baik di lingkungan formal maupun non formal.

·         Fungsi Rekreasi

Di dalam perpustakaan masyarakat juga bisa sanggup menikmati rekreasi kultural dengan membaca buku dan mengakses banyak sekali sumber – sumber informasi hiburan ibarat dongeng rakyat, puisi, dongeng anak - anak dan lain sebagainya.

·         Fungsi Kultural

Perpustakaan juga berfungsi untuk mendidik dan berbagi sebuah apresiasi budaya masyarakat melalui banyak hal sekali sebuah aktivitas, ibarat pertunjukkan, ibarat pameran, bedah buku, mendongeng, seminar dan banyak hal lain sebagainya.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu DMS

Peran Perpustakaan

Nah Berikut ini terdapat ada beberapa peran dari perpustakaan, yakni sebagai berikut:

  1. Sebagai alat media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan anda.
  2. Sebagai forum pengembangan minat seseorang dan budaya membaca serata untuk pembangkit kesadaran pentingnya belajar.
  3. Sebagai biro perubahan, pembangunan dan kebudayaan manusia
  4. Sebagai motivator, perantara dan fasilisator bagi pengguna dalam mencari dan berbagi ilmu
  5. Pengetahuan dan juga pengalaman.
  6. Sebagai pengembang komunikasi antara pengguna dengan penyelenggara.

Tujuan Peran Perpustakaan

Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari perpustakaan, yakni sebagai berikut:

  • Dapat mendidik diri secara berkesimbungan
  • Dapat tanggap dalam kemajuan di banyak sekali bidang ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan
  • politik
  • Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif
  • Dapat berbagi kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan bisa untuk menghargai hasil seni dan budaya manusia
  • Dapat meningkatkan taraf kehidupan
  • Dapat memakai waktu dengan baik dan bermanfaat bagi kehidupan langsung dan sosial.

 

Penulis : Devi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...