Sejarah Berdirinya Warnet

Warung internet dapat diartikan menjadi sebuah kata yang berkembang pada para aktifis internet Indonesia di tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang mempunyai banyak komputer yang direntalkan bagi pengguna internet.

Pada waktu itu secara tidak sengaja terjadilah perebutan singkatan dari warung internet antara sebutan warin dan warnet. Seharusnya, jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti contohnya warteg menjadi warung tegal dan contoh yang kedua wartel menjadi warung telekomunikasi,

Jadi yang seharusnya di pilih adalah warin. Namun kata net di nilai menjadi akhiran yang sangat menarik dalam jaringan internet, maka kebanyakan teman di masa itu lebih memilih singkatannya menjadi warnet dari pada warin. jadi, tidak heran hingga sekarang warnet dikenal oleh masyarakat Indonesia.                                  

Memang Pada tahun 2020 ini Perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi. Bahkan di masa kini setiap waktu bahkan setiap detik orang tidak akan lepas dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, hidup di masa kini pasti sangat berhubungan dengan teknologi.

Dengan perkembangan teknologi, maka memudahkan kita dalam melakukan semua hal. Bahkan sekarang teknologi sudah merupakan suatu tren kehidupan. Pemakaian teknologi merupakan lambang dari kemajuan zaman. Seseorang itu bisa menampilkan status sosial orang lain, Sudah Semakin bagus produk yang kita pakai dengan memanfaatkan teknologi, maka menunjukkan lebih tinggi status sosial kita atau dilihat lebih maju lagi. Teknologi di masa ini yang lebih cepat berkembangnya adalah teknologi telekomunikasi/internet dan teknologi informasi.

Baca Juga : Perawatan Hewan Sakit Non Infeksius

Dan Perkembangan tersebut sangat terlihat akselerasinya di dalam kehidupan, dan hampir setiap sisi kehidupan kita selalu merasakan manfaat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut. Perkembangan itu akan menimbulkan bisnis juga di bidangnya, untuk contohnya yaitu internet.

Setiap ada perkembangan teknologi akan mendukung timbulnya sebuah teknologi baru, atau fasilitas baru dalam suatu produk tersebut. Oleh sebab itu maka produk-produk teknologi itu setiap waktu akan terus naik dan terus berkembang pesat jumlahnya.                                                                                                                                    

Semua aspek kehidupan pada saat terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama Internet. Semua jenis kegiatan orang sudah dimudahkan dengan adanya internet. Akan tetapi, ada banyak praktisi dalam dunia pekerjaan yang Terlihat kesulitan Untuk mengikuti perkembangan zaman karena usia yang sudah tidak muda lagi, waktu yang Sangat mendesak dan dikejar deadline atas suatu pekerjaan tertentu hingga tidak memadainya skill untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu           .

Kondisi masyarakat yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan diperparah dengan kondisi perekonomian negara yang masih belum stabil. Banyak perusahaan yang gulung tikar dan pengangguran bertambah semakin menambah permasalahan yang ada. Lapangan kerja tetap sedangkan pencari kerja bertambah. 

Oleh sebab itu, jiwa wirausaha harus dikembangkan. Dengan berwirausaha, kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu pemerintah membangun perekonomian. Dalam dunia bisnis komputer, Warnet memang tidak se-menjanjikan seperti lima tahun yang lalu.

Pada saat itu jenis usaha ini belum begitu banyak dan komputer masih mahal. Keuntungan yang diperoleh dari internet ini bisa mencapai 9 juta perbulan, cuma dari jasa internet itu saja. Pada masa kini sudah banyak timbul jenis usaha warnet. Ditambah lagi, komputer telah mudah diperoleh dengan harga yang tidak begitu mahal.

Baca Juga : Perawatan Penyakit Parasit Pada Hewan

Oleh karena itu, butuh adanya diferensiasi jasa dalam sebuah perusahaan. Sebuah warnet dewasa ini juga harus membuat pengembangan jenis usaha jasa lain selain dari jasa pengetikan internet, misalnya: cetak (print), servis komputer atau Permasalahan lain yang ditemui mengenai lisensi software yang wajib dipatuhi semua pengusaha komputer. Masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa memakai Windows sebagai sistem operasi dan Microsoft sebagai aplikasinya yang sama-sama dibuat Microsoft Corporation.

Pada Kenyataannya, harga dari software buatan Microsoft ini bagi masyarakat Indonesia masih begitu mahal dan tidak terjangkau. Dan apabila memakai software bajakan, maka pihak kepolisian akan melakukan sweeping sehingga pengusaha dapat menanggung kerugian yang bisa dibilang tidak kecil. Solusi yang dapat dipakai adalah dengan memakai software open source seperti Linux yang sekarang sedang sangat marak, dengan memiliki resiko masyarakat belum menguasai teknologi linux.

 

Penulis : Jusep

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...