Pengertian Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel ialah teknologi yang memakai dua perangkat untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melewati media suatu gelombang cahaya (seperti teknologi infrared diremote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth di ponsel dan komputer) dengan frekuensi tertentu. Jaringan Nirkabel (Nir= Tanpa, Kabel=Kabel) yang dalam bahasa inggris disebut sebagai Wireless Network adalah sebuah jaringan tanpa kabel yang mana dalam penghubung dan transmisi data melalui gelombang elektromagnetik.

Keberadaan teknologi jaringan nirkabel hubungannya sangat erat dalam bidang teknologi komputer, informasi juga telekomunikasi. Karena, saat ini pemakaian jaringan nirkabel banyak dikenal dan banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena dianggap lebih efisien dan instan dibandingkan dengan pemakaian jaringan kabel.

Teknologi Jaringan Nirkabel dan Contohnya

Sekarang ini kita semua telah mengenal dan telah menggunakan jaringan nirkabel, sampai ada banyak pihak yang memanfaatkan teknologi ini untuk diterapkan sebagai bisnis, contohnya seperti : WiFi pada tempat ngopi, penjualan pulsa dan paket internet, berjualan online menggunakan internet marketing dan sebagainya. Nah, dari sini Anda sudah paham apa saja contoh jaringan nirkabel itu.

Wireless Fidelity (WiFi)

WiFi adalah suatu teknologi yang memakai peralatan elektronik sebagai alat pertukaran data secara nirkabel melalui jaringan komputer dan koneksi internet dalam kecepatan cukup tinggi. 

Baca Juga : Tujuan Penyimpanan dan Penggudangan

 Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel yang termasuk dalam cakupan satu area lokal, seperti di dalam suatu bangunan atau gedung.

Wireless Wide Area Network (WWAN)

WWAN adalah salah satu contoh sekaligus jenis jaringan nirkabel yang dapat dijangkau untuk area yang luas, seperti kota maupun negara. Biasanya pemakaian WWAN atau Wireless Wide Area Network ini dilakukan dengan menggunakan beberapa antenna maupun satelit.

 Wireless Personal Area Network (WPAN)

WPAN adalah jaringan nirkabel yang hanya bisa digunakan atau bisa dijangkau melalui area terdekat saja, contohnya seperti Infrared (Infra Merah) dan Bluetooth

KELEBIHAN JARINGAN NIRKABEL

  1. User dapat saling berbagi informasi, data, atau sumber daya lain yang saling terhubung dalam jaringan tanpa mencabut port dari satu komputer ke komputer lain.
  2. Mobilitas tinggi. Dimana user dapat bergerak bebas dengan memakai alat komunikasinya karena jaringan nirkabel ini memiliki cakupan area yang lebih luas daripada dengan jaringan berkabel.
  3. Mampu menjangkau lebih banyak user karena tidak dibatasi jumlah port untuk terhubung dengan jaringan.
  4. Dapat mencakup area area yang mungkin tidak dapat dijangkau dengan kabel.

Baca Juga : Prosedur Perawatan Traktor Pertanian Roda Empat

KEKURANGAN JARINGAN NIRKABEL

  1. Kecepatan transfer data biasanya lebih lambat jika dibanding dengan jaringan berkabel.
  2. Koneksi nirkabel gampang terhalang oleh berbagai penghalang seperti dinding, pohon, dan lain-lain.
  3. Faktor cuaca begitu mempengaruhi kekuatan sinyal pada jaringan nirkabel.
  4. Jaringan nirkabel biasanya lebih rentan terhadap berbagai serangan dari luar seperti hack dan sebagainya sehingga jaringan nirkabel dianggap kurang aman kalau dibanding jaringan berkabel.


Teknologi nirkabel mempuyai beberapa contoh pemakaian, mulai  jarak komunikasi, jangkauan data dan jenis perangkat yang dipakai. Berikut ini ialah berbagai contoh pemakaian teknologi nirkabel.

  • Siaran Radio dan juga Televisi
  • Komunikasi menggunakan Radar
  • Komunikasi dengan satelit
  • Komunikasi pada Seluler
  • Infrared / inframerah
  • Wifi
  • Bluetooth
  • Identifikasi frekuensi pada radio

Dengan sistem standardisasi yang telah diterapkan pada saat ini, sebagai seorang user, tentu kita memiliki harapan yang besar agar jaringan nirkabel dapat berkembang menjadi lebih baik, yakni hadir dengan sistem keamanan tinggi, memiliki proses pengaturan yang gampang diterapkan dan tidak akan mengganggu jaringan lainnya.

Kesimpulannya, sebagai user jaringan nirkabel, kita semua berharap bahwa setiap kekurangan yang dimilikinya dapat teratasi dengan lebih baik, sehingga kita merasa jauh lebih aman dan nyaman dalam memakainya. Sebab, memang bukan hanya satu atau dua orang saja yang menggunakan setiap kelebihan dari pemakaian jaringan nirkabel, karena di perusahaan maupun vendor raksasa pun juga turut memanfaatkan pemakaian teknologi jaringan nirkabel ke dalam bisnis mereka.

Pemakaian jaringan nirkabel pada urusan bisnis, tentu telah tidak asing lagi, karena sudah banyak pelaku usaha yang menawarkan produk / jasanya secara online, yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet data maupun Wifi yang berasal dari jaringan nirkabel, sehingga mereka pun bisa berkomunikasi dan melakukan promosi kepada para pelanggan dengan lebih mudah.

 

Penulis : Surya

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...