Perbedaan JDK dan IDE

Java merupakan sebuah teknologi yang di diciptakan oleh Sun Microsytems pada saat tahun 1990. Menurut devinisi Sun Microsustems, Java ialah nama untuk sekumpulan teknologi yang dirancang untuk mambuat dan menjalankan perangkat lunak atau aplikasi pada suatu komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih mengenal Java sebagai sebuah teknologi di bandingkan hanya sebuah bahasa pemrograman karena Java ini lebih lengkap dari pada suatu bahasa pemrograman konvensional.

Bagi para pengembang Java tentu saja sering mendengar kata istilah JDK, JRE dan IDE. Umumnya JDK dan JRE itu diinstall terlebih dahulu sebelum kita membuat atau menjalankan suatu aplikasi yang berbasis pemrograman Java. Untuk membuat aplikasi berbasis Java ini, kita membutuhkan alat bantu berupa IDE. Lalu apakah pengertian dari istilah - istilah tersebut ?

Instalasi atau pemasangan pada platform Java terdiri dari dua paket aplikasi. Paket yang pertama yaitu JRE (Java Runtime Environment), paket tersebut terdiri dari semua aplikasi yang dibutuhkan agar sebuah aplikasi Java yang suda deprogram dapat berjalan, seperti library dan JVM (Java Virtual Machine). Paket kedua yaitu JDK (Java Development Kit), paket ini tersusun dari JRE dan ditambahkan dengan tools untuk membuat aplikasi Java seperti java documentation (javadoc), java compiler (javac), dan java archive (jar).

Bagi para programer pemula yang ingin mempelajari bahasa pemograman java, tentunya masih agak kebingungan dengan istilah JDK, JRE, IDE, dan JVM. Berikut merupakan penjelasan dari istilah – istilah tersebut.

Baca Juga : Reproduksi Angiospermae dan Gymnospermae

JDK

JDK atau Java Development Kit adalah perangkat lunak yang dipakai untuk menjalankan proses kompilasi dari kode java ke bentuk bytecode yang bisa dimengerti dan dapat dijalankan oleh bagian JRE (Java Runtime Environment). JDK ini diwajibkan terpasang pada perangkat yang ingin membuat program aplikasi berbasis java, namun tidak wajib terinstal di perangkat yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan bahasa java.

JRE

JRE merupakan singkatan dari Java Runtime Environment. JRE adala perangkat lunak yang dipakai untuk menjalankan program / aplikasi berbasis Java. Apabila kode - kode Java yang telah dibuat oleh developer telah selesai dikompilasi oleh JDK, maka tugas dari JRE adalah menjalankan aplikasi berbasis Java tersebut. Untuk menjalankan program Java, versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari versi JDK yang terinstal di perangkat pengembang.

IDE

IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment. IDE merupakan sofware yang berfungsi untuk membuat suatu program atau aplikasi. Pada bagian ini, kita membahas Bahasa Java yang dipakai untuk membuat suatu aplikasi. Dalam membuat suatu aplikasi yang berbasis Java, beberapa IDE yang bisa digunakan antara lain Netbeans dan Eclipse. Netbeans dan Eclipse mempunyai kelebihan dan kelemahan masing - masing. Tetapi kedua IDE tersebut merupakan IDE handal untuk merancang suatu aplikasi Java.

Baca Juga : Makhluk Hidup Mikroorganisme

Selain hal tersebut, Terdapat juga istilah lain dalam Java yaitu JVM

JVM (Java Virtual Machine) merupakan inti dari Bahasa pemograman java. JVM ini berfungsi untuk mengubah bahasa program yang dibuat developer menjadi bahasa mesin. Karena bahasa Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi atau mendekati bahasa manusia oleh sebab itu dibutuhkan pengkonversi ke bahasa mesin. JVM dapat menerjemahkan program yang kita buat ke hampir semua platform.

Itulah pengertian dari istilah - istilah yang biasa kita temui pada saat membuat aplikasi berbasis Java. Hal tersebut merupakan komponen yang penting, jika salah satu tidak terpenuhi maka kita tidak dapat membuat aplikasi Java. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa JVM berada di dalam JRE dan JDK. JRE dipakai untuk menjalankan program Java. JDK dipakai untuk melakukan kompilasi program java. dan IDE digunakan untuk merancang program java.

 

Penulis : Surya

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...