Perbedaan Fakta Dan Opini

Dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin atau bahkan sering kali kita mendengar dengan ungkapan atau sebuah kalimat namun anda belum mengerti tentang ungkapan tersebut. Nah teman sekalian dalam artikel kali ini, saya akan membahas sebuah pengertian Fakta dan Opini. Nah Namun tidak semuanya di antara kita semua yang mengerti atau memahami tentang sebuah informasi yang terkandung dalam sebuah ungkapan sebuah fakta dan maupun berita penulisan terhadap sesuatu yang di bahas tentang opini.

Jadi Supaya kita mengetahui hal informasi tentang perbedaan dari pembahasan pokok dari artikel kali ini, nah simak lah penjelasan yang ada di bawah ini secara detail :

Pengertian Fakta

Fakta ialah merupakan sebuah pernyataan yang memiliki bentuk dan yang menampilkan situasi yang akurat tentang sebuah kejadian atau masalah, nah Karena hal yang demikian jadi bisa dikatakan kebenaran dalam sebuah fakta yang sudah teruji.

Nah Sementara itu ada juga yang berpendapat bahwa Fakta adalah Salah satu sebuah ungkapan yang menyatakan tentang sebuah persoalan atau menyatakan sebuah keadaan yang pernah terjadi dan yang sedang terjadi.

Baca Juga : Firma

Pengertian Opini

Opini ialah merupakan sebuah pernyataan tentang suatu ide dan suatu tentang pikiran serta pendapat yang bersifat tidak objektif, nah sehingga belum di sahkan tentang sebuah kebenaran kebenarannya.

Maka hal ini yang demikian tidaklah dapat dipastikan bahwa hal itu tersebut benar-benar ada dan benar-benar sudah terjadi, meskipun kalimat opini ini bukanlah merupakan sebuah kalimat fakta, akan tetapi hal ini dapat dibuktikan dalam sebuah kebenarannya maka opini menjadi sebuah fakta.

Ciri-Ciri Fakta dan Opini

Fakta dan opini memiliki beberapa ciri sebagai berikut ini ciri-ciri fakta dan opini :

  • Fakta

Fakta ialah suatu kejadian yang diambil dari kejadian yang nyata atau faktual dan tidak mengada-ada apa yang pernah dilihat oleh manusia, dan bisa dibuktikan juga dengan penilitian secara ilmiah. Secara garis besarnya fakta juga bisa diartikan dalam pengamatan secara objektif yang dapat dibuktikan kebenarannya.

  • Opini

Opini adalah merupakan sebuah ide, pendapat dari seseorang yang belum jelas kebenarannya dan tidak bersifat objektif, pikiran. Opini sendiri juga bisa diartikan sebuah pemikiran dari seseorang yang tentang suatu hal atau informasi.

Nah Misalnya saja ada sebuah informasi yang menjelaskan tentang kambing, jadi ada salah seorang yang mengatakan bahwa kambing tersebut itu suka makanan yang manis.

Nah Hal seperti itu juga berarti masih bersifat opini, dan jika apabila dilakukan riset kembali mendalam tentang kambing tersebut, maka lalu jawaban dari para ahli mengatakan bahwa kambing itu suka makanan yang manis, maka informasi itu tersebut akan menjadi sebuah fakta.

Persamaan Fakta Dan Opini

 Jadi Dalam sebuah berita atau yang berhubungan dengan sebuah informasi yang telah terjadi sebuah peristiwa yang saling berhubungan, karena aktivitas sehari-hari nya yang biasanya mengharapkan sebuah tanggapan dari kalangan publik terhadap informasi.

Baca Juga : Pengertian Mouse

Pada informasi ini yang berdasarkan sebuah peristiwa atau bahkan tentang kejadian yang yang sedang populer atau lagi bumingnya di kalangan masyarakat yang berdasarkan dari berita atau dari informasi seperti.

Misalnya:

  • Informasi Fakta tentang kecelakaan yang terjadi di bandar lampung yang menyebabkan banyak korban jiwa dan hampir sebagian kendaraan rusak.
  • Informasi Opini yaitu Penyebab terjadi nya kecelakaan diduga supir kendaraan mengantuk.

Kesimpulan

Jadi dari uraian di atas kita dapat disimpulkan bahwa Fakta dan Opini itu adalah sebagai dasaran bagi suatu pendapat tentang seseorang yang mengemukakan terlebih dahulu, nah kemudian baru mengemukakan tentang suatu berpendapat.

Bahkan sebaliknya dari hal itu tersebut juga berfungsi untuk memperjelaskan adanya suatu pendapat dari seseorang yang berpendapat lalu kemudian baru dapat di sertakan kalimat yang akurat tentang kebenarannya.

Demikianlah penjelasan penjelasan dari artikel kami tentang fakta dan opini, semoga bisa memberikan wawasan untuk kita semua dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Penulis : Devi 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...