Penemu Bahasa Pemrograman

Bahasa merupakan sebuah alat yang digunakan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya untuk dapat saling berkomunikasi. Seiring dengan perkembangan mesin dan komputer, timbullah sebuah masalah. Banyak Teknisi tidak paham bagaimana cara untuk memberi perintah kepada mesin agar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu diciptakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh manusia untuk mengontrol mesin tsb. Awalnya bahasa pemrograman hanya terdiri dari kode biner saja, namun seiring berjalannya waktu dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan terciptalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dimana bahasa ini mudah dipahami oleh manusia dan mesin.
Sampai saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh para programmer, Tiga diantaranya adalah Bahasa Pemrograman Ada, Bahasa Java dan Bahasa C.
Mari simak siapa saja penemu dari bahasa pemrograman tsb:

  1. Penemu Bahasa Pemrograman Ada

Bahasa pemrograman Ada adalah bahasa pemrograman yang pertama kali tercipta yang diciptakan oleh seorang wanita yang bernama Augusta Ada Byron atau biasa dikenal dengan Ada Lovelace. Mulanya, pada tahun 1822 ada seorang ilmuwan bernama Charles Babbage yang menciptakan sebuah mesin yang disebut analytical engine atau mesin penganalisa yang saat ini disebut sebagai komputer, yang mampu menampilkan hasil analisanya. Dalam mesin ini terdapat banyak sekali metode dari mulai menghitung, rincian keseluruhan, dll. Pada tahun 1840-an muncullah Ada Lovelace dengan rasa penasarannya. Dengan ilmu yang dimilikinya, ia mengetahui bahwa pada mesin yang diciptakan Charles Babbage terdapat sistem komputer yang memerlukan instruksi khusus agar dapat berjalan dengan baik dan mudah sedangkan saat itu Babbage menjalankannya dengan cara manual. Kemudian Ada Lovelace menciptakan bahasa pemrograman yang mampu menjalankan serangkaian langkah-langkah untuk program komputer tersebut, langkah mengetik kedalam komputer/layar yang menampilkan hasil, langkah mengeksekusi, langkah percabangan logis dan langkah orientasi objek. Namun sebelum beliau sempat meneruskan bahasa pemrograman beliau meninggal dunia karena kanker rahim. Sehingga, beliau juga belum sempat memberi nama dari bahasa pemrograman ini. Namun, atas penemuannya yang luar biasa dan bermanfaat untuk Amerika dan negara lain maka Amerika memberikan penghargaan kepada keluarganya. Sebagai penghormatan, Amerika Serikat menamakan bahasa pemrograman ini dengan nama “Ada” yang diambil dari nama Ada Lovelace.

  1. Penemu Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat kita gunakan untuk membangun berbagai aplikasi. Penemu pertama bahasa pemrograman java adalah James Arthur Gosling atau biasa dikenal dengan nama James Gosling yang lahir pada tanggal 19 Mei 1955. Pria yang berkebangsaan Kanada ini merupakan seorang Ilmuan Komputer yang sudah menerima gelar Bachelor of Science pada bidangan ilmu Informasi dari BITM dan kemudian juga mendapatkan gelar Btech Ilmu Informasi yang dibimbing oleh Bob Sproull. Bahasa pemrograman java ditemukan pada tahun 1994. Inspirasi mengenal java mulai datang saat berada di Sun, ia melihat pelkasanaan arsiektur-netral untuk program didistribusikan secara luas dapat dicapai dengan menerapkan filososfi yang sama: ”always program for the same virtual machine”. Pada tanggal 28 Maret 2011, James Gosling disewa oleh Google. Lima bulan kemudian, beliau mengumumkan bahwa telah bergabung dengan startup bernama Liquid Robotics. Selain itu, beliau juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., Direktur Independen di Jelastic dan penasihat strategis untuk Eucalyptus.

  1. Penemu Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C merupakan bahasa yang paling terkenal dan paling sering digunakan. Penemu bahasa C adalah Dennid Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thomson. Dennis M. Ritchie lahir di Bronxville Newyork pada tanggal 9 September 1941. Beliau merupakan lulusan dari Harvard pada tahun 1963 pada bidang Fisika dan beliau lanjutkan hingga meraih gelar Ph.D dibidang Matematika. Setelah lulus, beliau bergabung dengan laboratorium terkenal di dunia yaitu Bell Labs pada tahun 1963. Tak lama setelah bergabung, beliau segera memberi konstribusi dalam project Multics yang merupakan proyek kerjasama antara Bell Labs, MIT dan General Electrics dengan membantu menuliskan Compiler bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language) untuk mesin Multics. Selanjutnya beliau membantu Ken Thompson dalam pembuatan sistem operasi UNIX. Bahasa C ini merupakan pengembangan dari bahasa B yang dibuat oleh Ken Thompson dengan penambahan beberapa data type dan syntax baru kedalamnya oleh Dennis Ritchie. Beliau bersama dengan Ken Thompson banyak menerima penghargaan dari berbagai organisasi seperti: ACM Software Award, U.S National Medal of Technology atas konstribusinya dalam dunia komputer ini.

 Penulis : Cindi Claudia Pitaloka

#garudacyber08januari

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...