Faktor Dan Penyebab Siakad Sering Down

Mungkin diantara kita ada yang belum mengenal apa itu Siakad, sebenarnya Siakad adalah singkatan dari Sistem Informasi Akademik. Sistem informasi akademik ini adalah suatu sistem yang dibangun dengan tujuan untuk memberi layanan dan kemudahan dalam kegiatan mengelola administrasi akademik secara online. Pengelolaan informasi akademik bisa mencakup seluruh kegiatan akademik di kampus mulai dari proses penerimaan (PMB), pembuatan kurikulum, KRS (pengisian kartu rencana studi) sampai ke pembuatan jadwal kuliah dan masih banyak lagi fungsi yang akan mempermudah pengelolaan kegiatan kampus.
Fungsi fungsi dari Siakad itu sendiri adalah :
• Integrasi data
Itu berati siakad akan mengelola secara terintegrasi seluruh data sehingga data tersebut akan selalu diperbaharui atau selalu uptodate serta selalu realtime saat digunakan. Dengan siakad tidak ada yang namanya duplikasi data karena siakad menggunakan sistem basis data secara terpusat.
• Pusat informasi
Dengan adanya siakad kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang terjadi dikampus dalam waktu cepat. Siakad menggunakan sistem respon secara otomatis ke media sosial seperti penjedwalan kelas dan lain-lain.
• Rekam kegiatan kampus
Siskad akan memberikan layanan kepada pengguna dengan selalu mematau seluruh kegiatan dan perkembangan kampus mulai dari PMB, KRS sampai proses penilain sehingga seluruh kegiatan akan dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.
• Media komunitas pengguna
Dengan menggunakan fitur dari siakad akan mempermudah seluruh warga kampus dalam memberi dan menerima informasi mulai dari admin, staff, mahasiswa, dosen, dan pimpinan akan lebih leluasa dalam melakukan komunikasi.
Yang namanya teknologi secanggih apapun sedikit banyaknya pasti ada terselip kerugian bahkan ada kekurangan yang menyebabkan sistem itu tidak laku dipasaran. Diantara fungsi fungsi siakad diatas ada pula beberapa kerugian menggunakannya salah satunya adalah Siakad sering down faktornya bisa dari banyak hal. Berikut adalah kemungkinan faktor dan penyebab Siakad sering down seperti :
• Kurangnya pengembang atau pengelola sistem yang handal
• Organisasi yang membangun dalam kondisi buruk
• Perencanaan pembangunan sistem yang kurang memadai
• Kurangnya keikutsertaan serta partisipasi manajement dan organisasi dalam mambantu mengelola dan mengembangkan sistem.
• Server yang sangat sibuk sehingga terkadang pengelolaan sistem sering tertunda.

Penulis : Vebbiyolla Valentine
#Garudacyber15Februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...