WhatsApp-Button
Jual Sistem Beban Kerja Guru (BKG) Sekolah Smart Shool

Jual Sistem Beban Kerja Guru (BKG) Sekolah Smart Shool

  2020-07-10 16:40:39     Ulti Desi Arni     Dibaca 79 kali

Guru adalah profesi yang memiliki tanggung jawab dalam mendidik, membimbing, mengajarkan, mengarahkan, menilai, melatih serta melakukan evaluasi pada peserta didiknya. Dalam dunia pendidikan seperti bangku sekolah Guru ini memiliki peranan yang sangat penting. Sebagaimana definisi dari profesi guru di atas, selain itu ia tidak hanya sekedar mendidik saja namun juga harus melatih dan memberikan bekal kepada siswa agar bisa hidup berbaur dengan masyarakat.

Selain itu Guru juga memiliki peranan agar bisa mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas dari peserta didiknya, melatih akhlak mereka agar memiliki akhlak mulia, serta mengajarkan ilmu pengetahuan. Dalam mewujudkan itu semua tentu guru yang dimaksud adalah para profesional dalam bidangnya. Sehingga sebuah keharusan bagi setiap bangku pendidikan seperti sekolah benar-benar harus memiliki tenaga pendidik yang profesional dalam bidang yang akan di ajarkannya kepada siswa agar mencapai vis dan tugas guru tersebut.

Kualitas sekolah itu bisa dinilai dari kemampuan atau kompetensi pada tenaga didik yang dimiliki oleh sekolah. Semakin profesional guru serta memiliki kemampuan baik, tentu akan semakin besar kemungkinan sekolah mencetak generasi maju. Dalam menentukan kualitas gura, sekolah harus melakukan evaluasi terkait kinerja para penggajar tersebut dalam setiap periode serta mengacu pada kriteria yang telah diatur dalam aturan pendidikan.

Seorang guru yang mengabdikan dirinya di sebuah sekolah tentu ia mempunyai yang namanya beban kerja atau istilah lain dari tugas guru ini adalah BKG (Beban Kerja Guru). Yang menjadi BKG guru tidak hanya fokus mengajar saja, namun ia mengajar harus sesuai dengan aturan yang ada seperti membawa perangkat pembelajaran di dalam kelas. Dimana perangkat pembelajaran inilah acuannya ketika memberikan materi kepada sang siswa.

Baca Juga : Aplikasi Smart Company di Jambi

Perangkat pembelajaran tersebut haruslah di buat oleh sang guru sendiri sesuai kondisi di lapangan. Ia mengatur setiap materi dan tugas yang akan diberikannya kepada siswa di dalam perangkat tersebut. Di dalam perangkat pembelajaran yang di buat oleh guru secara umum ada berupa silabus, jumlah pertemuan dalam satu semester dilengkapi dengan kalender mengajar dimana di dalam kalender terjadwal tanggal dan materi yang akan di sampaikan. Selain itu juga ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi yang akan di ajarkan, kisi-kisi soal akan diujikan, soal akan diujikan, KKM atau standar nilai kelulusan materi tersebut dan hal lainnya.

Perangkat pembelajaran yang di buat oleh sang guru ini harus sesuai dengan aturan menteri pendidikan dan itulah yang harus dibawa setia mengajar ke dalam kelas. Sehingga sang guru tidak boleh membuatnya secara asal-asalan dan harus memastikan lengkap sebelum masuk ke kelas, karena itu cukup penting fungsinya dalam mendukung proses belajar mengajar.

Sebelum perangkat itu di bawa ke dalam kelas, bagian kurikulum memiliki tanggung jawab memeriksa serta memastikan bahwa perangkat yang di buat oleh sang guru tersebut memang sudah lengkap dan sesuai standar. Proses pemeriksaan ini dilakukan di awal semester sebelum tahun ajaran baru, sehingga setiap guru harus mengumpulkan untuk diperiksa.

Jumlah guru yang dimiliki oleh sekolah tentu saja tidak sedikit, ada puluhan guru atau minimal sejumlah mata pelajaran yang ada. Perangkat pembelajaran yang dibuat juga tidak sedikit sehingga membuat wakil kurikulum kewalahan setiap periodenya untuk memeriksa setiap perangkat guru tersebut, alhasil terkadang pemeriksaan tidak dilakukan secara maksimal disebabkan ada yang terlupa atau masalah lainnya. Terlebih lagi kerja wakil kepala sekolah bagian kurikulum ini tidak hanya memeriksa perangkat guru saja, namun juga menyiapkan hal lainnya yang berkaitan dengan kurikulum.

Selain kewalahannya waka kurikulum ini, permasalahan lainnya terkait perangkat pembelajaran ini adalah adanya rasa malas sang guru dalam menyiapkannya apalagi pergantian kurikulum yang sering terjadi. Sehingga dikarenakan malas sang guru hanya mengumpulkan seadanya atau hanya bermodalkan copy paste dari internet. Tentu hal ini sangat tidak baik dan menjadi PR besar bagi sekolah agar bisa memanajemen lagi BKG guru ini.

Selain itu, ruang penyimpanan juga merupakan permasalahan, karena setiap guru tentu memiliki tumpukan kertas yang banyak kemudian di susun ke dalam map. Dan map tersebut tentu membutuhkan tempat untuk meletakannya, ketika pergantian tahun ajaran maka map tersebut terus bertambah sehingga ruangan penyimpanan bisa penuh. Ketika sekolah menggunakan cara manual dalam bentul hardcopy memanajemen BKG ini tentu sangat tidak efektif, selain membutuhkan ruangan banyak juga besar kemungkinan file mudah rusak atau hilang. Bahkan ketika memeriksa waka kurikulum membutuhkan banyak waktu untuk hal tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Akreditasi Kampus Bagi Mahasiswa

Sebagai solusi tepat di era Industri 4.0 ini keberadaan teknologi menjadi pilihan sekaligus jawaban tepat untuk sekolah. Dimana kehadiran teknologi terbukti telah banyak membawa perubahan serta kemudahan. Dalam manajemen BKG, sekolah bisa menggunakan Sistem BKG Sekolah Smart School. Menggunakan sistem ini, semua beban kerja guru tercatat dan tersimpan dengan baik. Mulai dari jumlah jam mengajar, kelas hingga perangkat pembelajaran secara lengkap. Tentu setiap guru diwajibkan mengupload ke dalam sistem, jika tidak ia akan mendapatkan warni. Sehingga memudahkan waka kurikulum dalam memeriksa siapa saja kurang yang tidak lengkap tugasnya untuk ditindaklanjuti.

Dalam sistem ini tentu saja banyak sekali fitur yang tersedia, bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Salah satu fiturnya adalah validasi, dimana waka kurikulum dapat memvalidasi secara online setiap perangkat guru yang sudah di-upload. Selain itu, ada fitur lainnya sebagai berikut :

  • Data Master Beban Kerja Guru per-Semester
  • Pelaporan BKG oleh Guru sesuai item tersedia (fitur download template dan upload laporan)
  • Validasi BKG oleh Pimpinan atau Wakil Kepala Sekolah yang berwenang
  • Riwayat BKG dan laporan BKG lengkap

Ragam fitur dan kemudahan yang ada pada Sistem BKG Sekolah Smart School itu bisa Anda dapatkan dalam produk unggulan dari Garuda Cyber yaitu Smart School. Sesuai namanya, Smart School ini membantu mewujudkan sekolah pintar, yaitu memiliki sistem informasi lengkap untuk manajemen sekolah menjadi baik dan sistem tersebut saling terintegrasi.

Sebagai sekolah zaman Now yang berada di era Industri 4.0 tentu sudah sewajarnya beralih dari cara manual ke Go Digital untuk meningkatkan kualitas serta mutu pelayanan. Selain itu, menggunakan teknologi juga bisa menumbuhkan citra profesional terhadap sekolah anda di mata masyarakat.

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia