Ini Bedanya Aplikasi Berbasis Desktop dan Web Based

Saat ini teknologi informasi terus berkembang semakin melesat dan terus memberikan inovasi terbaru untuk penggunanya. Tentu saja perkembangannya tersebut menawarkan ragam kemudahan dan keunggulan untuk membantu beberapa pekerjaan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya aplikasi dan software yang bermunculan setiap saatnya, dimana setiap software dan aplikasi tersebut dirancang untuk menjadi solusi akan permasalahan yang ada di masyarakat.

Pembuatan software atau aplikasi itu di dalam dunia IT itu dikenal ada yang berbasis dekstop dan ada pula yang berbasis web. Bagi orang awam yang tidak terlalu paham IT mungkin mereka tidak paham perbedaan web dan desktop, bahkan mereka kadang tidak tahu apakah aplikasi tengah dia gunakan itu berbasis web atau desktop. Lain halnya dengan orang yang memang keseharian sibuk dengan teknologi, tentu ini bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi mereka.

Nah, bagi anda yang belum memahami apa saja perbedaan dari aplikasi dekstop dan web based maka tidak ada salahnya untuk mencari tahunya. Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu membaca artikel ini, kamu sudah berada di halaman yang tepat. Karena disini penulis akan menjelaskan secara singkat perbedaan aplikasi dekstop dan web serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya.

Pengertian Aplikasi Dekstop merupakan sebuah aplikasi yang dibangun dimana mampu beroperasi secara offline, namun aplikasi ini harus terinstall di komputer atau laptop anda. Sedangkan Aplikasi Web sebuah aplikasi yang berbasis web dimana ia bisa dioperasikan dengan bantuan jaringan atau koneksi internet. Bisa dikatakan bahwa aplikasi web sering kali kita jumpai bahkan tidak terlalu asing lagi.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Keuangan Rumah Sakit

Menjadi perbedaan paling mendasar di antara kedua aplikasi ini adalah terletak pada bahasa pemrograman yang digunakannya. Dimana pada berbasis dekstop ini ada beberapa bahasa pemrograman yang mendukung diantaranya Borland, Delphi, Java Dekstop, Microsoft Office dan lainnya. Sedangkan untuk berbasis web juga ada banyak seperti CSS, Java Script, PHP, HTML dan lainnya.

Tabel 1 : Perbedaan Aplikasi Web Based dan Dekstop

 

Aplikasi Dekstop

Aplikasi Web

Grafis

Spec grafis yang dibutuhkan cenderung tingkat, dan itu ditentukan oleh kebutuhan aplikasi yang dibangun.

Tidak membutuhkan spec grafis yang begitu tinggi

 

 

 

Interaksi penggunaan

Tidak semua sistem operasi mendukung berjalannya aplikasi dekstop, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan pada semua OS

Aplikasi web bisa berjalan di semua OS dengan syarat tersedianya web browser serta koneksi internet

 

 

 

Penggunaan jaringan

Aplikasi bisa berjalan meskipun tidak ada koneksi internet

Beberapa aplikasi hanya bisa berjalan jika ada koneksi internet, namun ada juga yang tersedia offline

 

 

 

Akses

Terbatas pada laptop atau PC

Aplikasi bisa diakses dari mana saja baik itu smartphone, PC, ataupun laptop dengan catatan adanya web browser tersedia.

 

 

 

Fungsionalitas perbaikan

Settingan-nya bisa dimodifikasi dengan mudah

Menggunakan aplikasi web ini tidak harus membutuhkan lisensi, karena itu semua telah menjadi tanggung jawab jasa penyedianya.

 

 

 

Popularitas

Sebelum adanya smartphone atau gadget, aplikasi dekstop ini banyak digunakan. Namun seiring waktu kepopuleritasannya-pun berkurang bahkan sedikit sekali yang meminati.

Masih banyak digunakan bahkan orang cenderung menyukai web ketimbang lainnya.

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

Setelah mengetahui perbedaan dari Aplikasi berbasis dekstop dan web ini, tentu saja kita bisa menarik kesimpulan apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masingnya. Berikut tabel keunggulan serta kekurangan dari aplikasi dekstop dan web based :

Tabel 2 : Keunggulan dan Kekurungan Aplikasi Dekstop dan Web Based

 

Keunggulan

Kekurangan

Dekstop

Aplikasi bisa berjalan secara independen tanpa harus membutuhkan bantuan browser

Agar aplikasi bisa berjalan di komputer atau PC maka aplikasi haruslah diinstall terlebih dahulu.

Semua file yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi sudah terinstall di dalam PC atau komputer sehingga tidak membutuhkan jaringan internet untuk mengoperasikannya

Permasalahan yang kerap dialami dalam menggunakan aplikasi dekstop adalah terkait lisensi, dimana membutuhkan lisensi yang untuk bisa berjalan di banyak PC atau laptop

Aplikasi bisa dengan mudah untuk memodifikasi settingannya

Aplikasi tidak bisa sebelum terinstall

 Prosesnya berjalan lebih cepat

Hardware yang dibutuhkan biasa dengan spesifikasi yang cukup tinggi

 

 

 

Web Based

 Aplikasi web itu bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus diinstall terlebih dahulu.

Karena aplikasi ini berjalan secara terpusat atau adanya server pusat untuk itu membutuhkan sistem keamanan yang baik. Selain itu, jika server di pusat down atau mengalami gangguan maka sistem tidak bisa dijalankan.

Tidak membutuhkan lisensi ketika ingin menggunakan aplikasi berbasis web ini. Terkait lisensi ini memang sudah menjadi bagian tanggung jawab penyedia aplikasi

Aplikasi bisa dijalankan di semua sistem operasi (OS) baik itu windows, android, linux dan lainnya dengan catatan adanya web browser serta internet

Spesifikasi komputer untuk menjalankan aplikasi tidak harus tinggi, karena proses yang berjalan sebagian besar itu pada web server yang menyediakan aplikasi tersebut.

Aplikasi bisa diakses dari ragam media, baik itu melalui handphone, komputer atau laptop yang sudah sesuai dengan standar WAP

Nah, itulah perbedaan serta kelemahan dan keunggulan dari Aplikasi berbasis dekstop dan web based. Secara umum apapun yang digunakan tentu tidak terlepas dari kekurangan maupun kelebihan. Sebagai pelaku bisnis yang hendak membangun aplikasi untuk mendukung jalannya bisnis anda, penting sekali memperhatikan banyak hal agar bisa menentukan pilihan yang tepat ingin menggunakan aplikasi berbasis dekstop atau web based.

Apabila perusahaan atau bisnis anda membutuhkan aplikasi yang tepat untuk kebutuhan bisnis anda, maka Garuda Cyber adalah solusi tepat dalam hal tersebut. Garuda Cyber bisa membangun aplikasi sesuai kebutuhan, baik itu web maupun dekstop. Tentu saja saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang berhasil dibangun, bahkan beberapa instasipun sudah mempercayakan Garuda Cyber dalam menyediakan aplikasi kebutuhan mereka.

 

#GarudaCyber23Juli

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...