WhatsApp-Button
Perbedaan Website dan Landing Page

Perbedaan Website dan Landing Page

  2020-05-19 16:18:47     Ulti Desi Arni     Dibaca 56 kali

Sebagian besar dari kamu yang setiap harinya berinteraksi dengan internet dan teknologi informasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah website dan landing page. Terlebih lagi kamu yang memang berkecimpung dalam dunia pembuatan website, tentu bukan hal aneh lagi. Meskipun kebanyakan orang sering mendengar istilah website dan landing page ini, namun ada sebagian orang tidak paham akan perbedaannya.

Pada dasarnya website dan landing page ini mempunyai tujuan yang sama yakninya sebagai media atau wadah dalam menyebarkan informasi baik berupa berita, produk dan jasa. Tidak hanya itu, keduanya juga mampu menampilkan informasi berdasarkan tujuan dan kebutuhan si user. Meskipun kedua-duanya adalah wadah atau media dalam menampilkan informasi tetap saja ada perbedaan diantara keduanya. Berikut perbedaan umum antara website dan landing page:

Website

Kita mungkin sering mengakses website di era digital ini, hampir setiap informasi kita butuhkan bisa didapatkan dari sebuah website. Namun, kadang pengertian website itu sendiri kita tidak tahu. Website merupakan kumpulan halaman yang dibuat dengan tujuan tertentu kemudian terdapat dalam sebuah domain internet. Setiap halamannya tersebut saling berkaitan dan untuk mengaksesnya secara luas dapat melalui halaman depan (home page).

Baca Juga : Jual Software Aplikasi Penggajian / Payroll Perusahaan

Informasi yang disajikan oleh website ini bisa lebih banyak dan beragam bahkan setiap halamannya bisa menampilkan informasi berbeda. Informasi yang ditampilkan tersebut dengan harapan tersampaikan kepada mereka yang membutuhkan baik itu mengenai jasa, produk dan brand tertentu.

Dalam pembuatan sebuah website setidaknya ada 3 unsur yang penting harus diperhatikan, yaitu:

  1. Domain

Ketika anda hendak membuat website, maka penting sekali memperhatikan penamaan domain sebelumnya. Terlebih lagi jika website yang akan anda buat tersebut untuk promosi mengenai produk atau jasa sehingga penamaan domain haruslah yang mencerminkan apa yang anda tawarkan. Domain ini nantinya akan menggambarkan website kamu, maka gunakanlah penamaan yang menarik dan unik agar orang tertarik untuk berkunjung.

  1. Hosting

Tidak berbeda dengan domain, hosting juga menjadi perhatian khusus dalam pembuatannya. Hosting ini adalah ruang penyimpanan data untuk website anda, sehingga kapasitas penyimpanan mesti diperhatikan agar nantinya tidak terjadi error atau lain sebagainya.

  1. Konten

Nah, selain domain dan hosting konten juga tidak kalah penting karena ini berkaitan dengan isi website. Tentu konten yang menarik mampu mengundang orang untuk berkunjung, maka penting kamu memperhatikan konten yang akan kamu terbitkan dalam website kamu nantinya. Selain menarik, jangan lupa konten haruslah sesuai dengan website anda.

Landing Page

Jika pada website terdiri dari banyak halaman, sedangkan landing page ini halaman dalam website yang khusus di desak untuk mindset marketing. Dimana landing page hanya menyampaikan satu Informasi saja yaitu terkait informasi apa yang akan ditawarkan kepada pengunjung website bisa berupa produk atau jasa. Landing page ini bisa diibaratkan sebuah ruangan khusus yang di rancang di dalam rumah yang hanya memiliki satu fungsi saja.

Tujuan dari Website dan Landing Page

Website dibangun dan dibuat dengan tujuan tidak lain adalah sebagai halaman yang mampu menampilkan informasi bervariasi untuk pengunjung. Dimana informasi tersebut bisa saja mengenai detail sebuah produk, berita, jasa atau informasi untuk membranding sebuah perusahaan. Dimana perusahaan bisa menampilkan profil dan informasi terkait perusahaan melalui sebuah website.

Baca Juga : Administrasi Perusahaan Mudah Meskipun Bekerja di Rumah Aja dengan Smart Company

Berbeda dengan landing page, dimana landing page ini dibuat hanya fokus pada satu tujuan saja. Landing page memiliki fungsi untuk mempromosikan produk atau menampilkan informasi terbatas misalnya testimony, promo, penawaran terbatas, daftar suatu event, subscriber, atau download e-book.

Contoh penggunaan website dan landing page

Bagi yang merasa bingung tentang apakah harus menggunakan landing page atau website tentu saja harus tahu terlebih dahulu tujuan kita. Apabila kita hanya ingin membuat sebuah blog pribadi dimana hanya berisi postingan pribadi namun konten yang akan kamu gunakan bervariasi tentu saja kamu harus menggunakan website.

Namun, jika tujuan kita hanya menawarkan satu produk atau jasa saja maka kita membutuhkan sebuah media yang "powerful" sehingga kita harus gunakan landing page. Anggaplah fungsi landing page sebagai brosur dari produk yang kamu tawarkan.

Pada dasarnya landing page dan website ini adalah sama-sama media internet yang bisa menjadi pilihan yang kita gunakan dalam menyampaikan informasi melalui internet.

 

#GarudaCyber23Mei


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia