Jual Software Aplikasi Kasir Pembayaran Pasien Klinik

Perkembangan teknologi memberikan begitu banyak kemudahan dalam kehidupan kita, dimana hampir semua bidang kerja dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat karena adanya teknologi. Memanfaatkan sumber daya manusia baik serta didukung dengan penerapan teknologi yang tepat akan mendukung sebuah pekerjaan terselesaikan secara maksimal. Hadirnya teknologi seakan menjadi wajah baru dalam industri kerja, dan hampir semua merasakan besar sekali dampaknya.

Pengelolaan kasir pada sebuah klinik merupakan aktivitas yang cukup kompleks, karena banyak sekali transaksi dan jenisnya yang terjadi setiap harinya. Tidak hanya menghitung laba rugi saja, namun lebih kompleks dari itu.

Klinik sebagai pelayanan medis tentu memiliki banyak aktivitas di dalamnya, selain memberikan pelayanan medis ia juga menyediakan obat sehingga untuk setiap transaksi terkait pasien yang datang tentu harus di catat secara baik agar arus khas ballance. Jenis transaksi yang berkaitan dalam kasir ini ada banyak bisa saja berupa pasien rawat inap, rawat jalan, pasien bebas, pasien menebus resep, hingga retur obat. Semua transaksi haruslah dikelompokan sesuai jenisnya agar laporan yang didapatkan bisa lebih mudah.

Laporan yang mudah dan baik akan sangat berguna dalam mendukung pengambilan keputusan demi keberlangsungan masa depan klinik. Begitu banyak jenis transaksi yang terjadi di sebuah klinik, maka yang biasanya proses di kasir ini dilakukan cara manual tentu kini sudah tidak efektif lagi. Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi terus saja berkembang, maka penerapan sistem informasi yang tepat dalam manajemen kasir klinik ini merupakan sebuah keharusan di era digitalisasi.

Kita bisa bayangkan bagaimana banyaknya kemungkinan kesalahan terjadi jika setiap transaksi hanya dicatat manual. Akan banyak sekali kemungkinan kesalahan dalam perhitungan setiap transaksi yang ada, begitu juga ketika proses perhitungan dalam pembuatan laporan dan itu semua akan membutuhkan banyak sekali waktu.

Baca Juga : Aplikasi Rekam Medis Rumah Sakit

Mengingat banyaknya transaksi yang ada, dan kita berada di era digitalisasi maka penerapan teknologi dalam aktivitas kasir ini adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Keberadaan aplikasi kasir saat ini bukanlah sebuah hal yang aneh lagi. Anda bisa jumpai banyak sekali pelaku bisnis menggunakannya untuk keberlangsungan bisnis mereka. Seperti usaha minimarket, swalayan, toko sepatu, toko baju dan usaha lainnya. Meskipun aplikasi kasir ini banyak sekali tersedia bukan berarti semua itu bisa digunakan pada transaksi kasir pembayaran di klinik.

Tentu saja transaksi di klinik lebih kompleks sehingga membutuhkan aplikasi yang mendukung pula. Jika pada usaha di atas hanya berfokus pada penjualan, pembelian, keuntungan, rugi hingga neraca maka pada klinik lebih dari itu. Dia memproses setiap transaksi seperti pembayaran perawatan, obat, cek labor dan lain sebagainya.

Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan pada pembayaran di Klinik ini, kini hadir Garuda Cyber dengan produk unggulannya yaitu Smart Medical. Dimana dalam produk ini terdapat banyak sekali aplikasi saling terintegrasi yang akan meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan klinik. Di antara ragam aplikasi terintegrasi dalam Smart Medical tersebut adalah Software Aplikasi Kasir Pembayaran Pasien Klinik.

Software Aplikasi Kasir Pembayaran Pasien Klinik ini hadir dengan tujuan membantu setiap proses pembayaran yang ada pada kasir di Klinik anda. Menggunakan software ini tentu akan memudahkan dalam memproses setiap transaksi, memudahkan dalam menghitung hingga memudahkan dalam pembuatan laporan. Berikut fitur dan alur kerja software aplikasi kasir pembayaran pasien Klinik dari Garuda Cyber ini :

Buka Transaksi

Sebelum melakukan transaksi, petugas shift wajib membuka transaksi, sehingga terdata petugas           berdinas dari jam yang ditentukan.

Rawat Jalan, Penunjang Medis & Medical Checkup

Menu rawat jalan ini untuk membantu transaksi pasien rawat jalan, dimana proses di dalamnya sebagai berikut :

  1. Pasien menuju bagian kasir dengan membawa dokumen registrasi dari unit terkait
  2. Petugas melakukan pemeriksaan tagihan berdasarkan no registrasi
  3. Petugas mengkonfirmasi tagihan menjadi invoice yang dapat dibayar oleh pasien
  4. Petugas menanyakan cara bayar kepada pasien (jika pasien umum)
  5. Pasien memberikan pembayaran (Tunai, Debit, Kredit, Agunan)
  6. Petugas mencetak rincian biaya
  7. Petugas mencetak kwitansi

Rawat Inap

Pada aplikasi juga tersedia menu rawat inap, untuk memudahkan proses kasir pasie rawat inap.

  1. Keluarga menuju bagian kasir dengan membawa surat pulang dari rawat inap
  2. Petugas Mengkonfirmasi seluruh tagihan dan dijadikan invoice yang dapat dibayarkan.
  3. Petugas menanyakan cara bayar kepada pasien (ika umum)
  4. Pasien memberikan pembayaran (Tunai, Debit, Kredit, Agunan)
  5. Petugas mencetak rincian biaya
  6. Petugas mencetak kwitansi

Baca Juga : Buat Aplikasi Keuangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Pasien Bebas

Pada menu ini untuk pengelolaan pasien yang hanya membeli obat pada klinik tanpa mendapatkan perawatan.

  1. Pasien menuju kasir dengan membawa bukti penjualan farmasi
  2. Petugas mengkonfirmasi seluruh tagihan dan dijadikan invoice yang dapat dibayarkan
  3. Petugas menanyakan cara bayar kepada pasien (Jika umum)
  4. Pasien memberikan pembayaran (Tunai, Debit, Kredit, Agunan)
  5. Petugas mencetak rincian biaya
  6. Petugas mencetak kwitansi

Uang Muka (Rawat Inap)

Memudahkan dalam pembayaran untuk pasien rawat inap, tersedia fitur untuk pembayaran uang muka perawatan.

  1. Keluarga menuju kasir dengan membawa informasi registrasi
  2. Pihak pasien menyerahkan deposit kepada petugas
  3. Petugas menerima deposit dan dicatat
  4. Petugas mencetak kwitansi deposit

Retur Obat (Obat rawat jalan)

Obat yang sudah dibeli juga bisa di retur kembali, dan pada aplikasi tersedia retur obat.

  1. Pasien membawa bukti retur dari farmasi
  2. Petugas mengkonfirmasi dan membuatkan data pembayaran retur
  3. Petugas mencetak kwitansi

Setoran Kasir

Setoran kasir ini untuk mendapatkan laporan setelah kasir bertugas.

  1. Setelah jadwal shift berakhir maka seluruh transaksi dikasir harus dilaporkan
  2. Petugas mencetak laporan berdasarkan jenis pelayanan ( IGD, Rawat Jalan, Apotek, Rawat Inap)
  3. Petugas menginput data setoran kasir
  4. Petugas menutup transaksi pada akhir shift.

Itulah beberapa fitur serta kemudahan yang ditawarkan dalam Software Aplikasi Kasir Pembayaran Pasien Klinik dari Garuda Cyber. Semua itu tidak hanya membantu klinik dalam memproses transaksi dengan cepat namun juga akan membantu menaikan citra klinik di mata pasien. Dengan tersajinya infomasi secara baik dan cepat tentu akan mendukung dalam peningkatan kualitas da mutu pelayanan klinik.

Di era digital 4.0 disertai dengan tingginya persaingan di dunia bisnis, maka sudah selayaknya klinik memanfaatkan sistem digitalisasi untuk membantu aktivitas kerjanya. Dimana sebagai klinik yang beroperasional di zaman now, digitalisasi adalah langkah tepat untuk bisa tetap eksis dan bertahan.

 

#GarudaCyber23Mei

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...