Integrasi Perpustakaan Dengan Siakad

 

Integrasi Perpustakaan Dengan Siakad | Sebenarnya judul ini adalah gabungan dari 2 sistim yang apabila di terapkan akan sangat berpengaruh pada bidang pendikan. Gabungan ini dimaksud dari Sistim SIAKAD  dan E-Library.

Apa itu Sistim SIAKAD ?

SIAKAD adalah aplikasi berbasis web, untuk menjalankanya atau mengakses dibutuhkan komputer dengan koneksi internet serta aplikasi penjelajah internet / internet browser. Untuk mengaksesnya dengan perangkat ponsel atau smartphone kurang disarankan. Disebabkan karena beberapa menu tidak berjalan dengan baik ataupun ukuran tampilan komponen aplikasi tidak dapat ditampilkan dengan benar jika dijalankan melalui perangkat ponsel/smartphone.

Manfaat dari Sistim SIAKAD:

  1. Modal Sedikit. Layanan tidak memerlukan lisensi khusus sehingga penggunanya tidak perlu membayar uang lebih hanya untuk lisensi. Dan juga maintenance yang mudah, dan tidak perlu adanya investasi khusus. Yang anda perlukan hanya sebuah WEB, PC, dan Internet.
  2. Aplikasinya sangat mudah untuk digunakan, dan satu aplikasi bisa untuk banyak user dan bisa diberi batasan atas user sebut dalam mengakses fitur fitur yang tersedia
  3. Skalabilitas tinggi, aman, handal, mudah dan cepat diimplementasikan.Anda tidak perlu mengalami kerumitan pengalaman terhadap pengelolaan sistem sendiri, semua hal terkait dengan pengorganisasian, pengembangan dan pemeliharaan sistem dibelakang (backend) layanan Siakad Online merupakan tanggung jawab SAPUA sebagai penyedia layanan.Skalabilitas dan keamanan data pada layanan Siakad Online akan selalu terjaga, kami tidak membatasi jumlah data dan pengguna selama kampus menjadi pelanggan Siakad Online. Data Anda akan selalu disimpan dan dicadangkan (backup) di data center kami.
  4. Dalam sistim siakad, adanya namanya hak akses, jadi dalam satu sistim bisa di berikan banyak user dengan hak hak yang berbeda. Misalnya ada yang berperan sebagai pimpinan, student, adimistrator, dll.
  5. Fleksibel dan update mengikuti perkembangan aturan pendidikan di Indonesia.Pengembangan sistem akan selalu dijaga up to date oleh kami tidak hanya terbatas pada aplikasi perangkat lunak atau sistem dibelakang (backend). Jadi kita perlu pusing akan perkembangan pendidikan di indonesia. Sistim SIAKAD mudah untuk di maintenance dan di perbaharui.
  6. Sistim siakad sudah terintegrasi dengan dikti. Jadi pengembangan sistim bisa di sesuaikan dengan kebijakan – kebijakan dikti dan sisitim pelaporannya pun mudah.

Apa itu E-Library ?


Penggunaan istilah ELibrary yang awalnya berarti “Perpustakaan Elektronik” telah ‘bergeser’ pemahamannya ke dalam apa yang sebetulnya dipahami sebagai “Perpustakaan Digital’. Karena ketika kita berbicara masalah e-library nantinya akan selalu dihubungkan dengan e-journal, e-book, e-paper dan sebagainya yang diakses secara online menggunakan komputer, atau tidak lagi berbicara masalah penggunaan ‘media elektronis’ yang sebelumnya digunakan seperti microfilm atau video/audio tape dalam ‘perpustakaan elektronik’. Hal ini sesuai juga dengan apa yang disampaikan oleh Romi Satria Wahono yang dikutip oleh Winy Purtini yakni:

Mendefinisikan perpustakaan digital sebagai suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Jadi E-Libary ini adalah sebuah perpustakaan yang sudah teintegrasi dengan internet jadi bisa di akses diamana saja
Integrasi Perpustakaan Dengan Siakad

Penggunaan kedua sistim ini di bidang pendidikan sangat lah berpengaruh besar untuk kualtias pendidikan di suatu tempat tersebut. Sistim SIAKAD dapat memudahkan mahasiswa, dosen, ataupun pimpinan dalam melakukan proses adminstrasi di kampusnya. Mahasiswa bisa mencetak rapor, dan dosen bisa mengupload nilainya disana, dan dll. Sedangkan dengan E-Library ini bahan referensi untuk mahasiswa dan dosen bisa di akses dimana saja. Dan untuk para pustakawan bisa melakukan pengecekan buku ataupun tugas – tugas administrasi lainnya.
Menarik Bukan kedua sistem ini ? Oleh karena Garuda Cyber Indonesia telah membuat dan bahkan sudah mengimplementasikannya dibanyak kampus di Indonesia. Garuda Cyber Indonesia telah memberikan banyak jasa  kepada client yang membutuhkan sistem ini dengan hasilnya yang maksimal. Dengan harga terjangkau dan semua fitur bisa anda nikmati dengan kelayanan maksimal.

Anda bisa merasakan semua manfaat ini dengan memiliki applikasi ini. High Recomended Application untuk para pengusaha yang ingin maju di bidang usahanya. Tunggu apalagi, penasaran ?? Garuda Cyber Indonesia || IT Development  https://garudacyber.co.id/   Jl. HR. Soebrantas Panam No.188, Sidomulyo Bar., Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28293

Contact :
email : garudacyberindo@gmail.com

(0761-6704399)

085263574074  (Bantuan,S.T)

085210832769  (Edi Purwanto,S.Kom )

 

Penulis : Surya Agung Putra

#garudacyber12februari

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...