Jual Sistem Perpustakaan Online di Medan

Perpustakaan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi. Perpustakaan ini bisa dikatakan gudangnya ilmu, karena di dalamnya terdapat sumber belajar yang banyak. Bisa kita bayangkan bentuk perpustakaan tersebut, banyak deretan atau tumpukan buku. Bermacam-macam sumber informasi ilmiah, buku-buku, literatur dari segala jenis media perpustakaan, mampu disebarluaskan dengan sistem tertentu

Buku-buku yang ada tentu saja memiliki judul dan jenis berbeda-beda, dan terkadang membuat kita merasa kebingungan mencari lokasi buku yang dikehendaki untuk di baca. Perpustakaan ini memiliki peranan begitu penting dalam dunia pendidikan.

Dalam sebuah perguruan tinggi, ada beberapa permasalahan dalam pengelolaan perpustakaan ini. Beberapa permasalahan tersebut di antaranya adalah pendataan buku, jika ada penambahan koleksi buku tentu saja semua itu harus terdata dengan efektif serta efisien. Pihak perpustakaan harus memberikan informasi lengkap seperti katalog buku dengan tujuan memudahkan dalam pencarian.

Permasalahan lainnya, petugas perpustakaan profesional jumlahnya terbatas dan tidak maksimal dalam memanfaatkan teknologi. Padahal saat ini teknologi terus berkembang dengan pesat, sehingga menuntut kita juga harus cepat dalam mendapatkan informasi.

Dalam mengatasi permasalahan pada perpustakaan hadirnya teknologi saat ini sudah ada istilah Perpustakaan Online atau pustaka digital. Dimana di dalamnya akan terhubung ke dalam e-journal, e-book, e-paper dan sebagainya, semua itu bisa di akses secara online serta dimanapun.

Sistem informasi perpustakaan Online ini juga bisa digunakan untuk membantu dalam peminjaman buku. Selain itu sistem informasi perpustakaan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online. Aplikasi ini akan mengelola seluruh data perpustakaan di Kampus Medan, seperti data buku, anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian buku. Aplikasi perpustakaan online di Medan ini juga dilengkapi dengan sistem pencarian tentu saja memudahkan user dalam menemukan buku diinginkannya.

Kelebihan lainnya, sistem ini juga terintegrasi dengan setiap perpustakaan fakultas sehingga mudah mengelola setiap perpustakaan yang ada di unit/ fakultas-fakultas yang ada pada kampus.

Menggunakan sistem perpustakaan secara online ini sebenarnya sangat membantu untuk pihak kampus dan menawarkan ragam kemudahan serta kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari Sistem Informasi Perpustakaan :

  1. Pengelolaan Data Perpustakaan Efektif dan Efisien

Dalam mengelola data administrasi dan aset perpustakaan di Medan tentu saja akan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Seperti pengelolaan data buku, peminjaman buku, dan pengembalian buku.

  1. Advance Search (Pencarian Cepat dan Tepat)

Sistem dilengkapi dengan OPAC (Online Public Acces Catalog) sehingga pada perpustakaan di Medan ketika henda proses pencarian buku, data anggota atau koleksi lainnya menjadi jauh lebih cepat dan mudah.

  1. Mendukung Penggunaan Barcode

Sistem didukung dengan teknologi barcode scanner, sehingga petugas perpustakaan di Medan hanya dengan meletakan kode buku ke arah scanner proses input data buku atau koleksi perpustakaan menjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Terintegrasi

Paling penting aplikasi ini terintegrasi dengan semua sistem informasi perpustakaan kampus anda.

  1. Laporan Lengkap

Sistem perpustakaan ini akan mampu menyajikan pelaporan data yang lengkap dan sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu saja, jika pimpinan hendak mendapatkan laporan secara cepat bisa langsung mengaksesnya.

Saat ini sudah banyak kampus atau perguruan tinggi menggunakan aplikasi perpustakaan online ini ketimbang ke cara manual. Sudah saatnya kampus anda yang di Medan juga beralih dari cara konvensional ke cara terkomputerisasi. Salah satu perusahaan yang menyediakan aplikasi ini adalah Garuda Cyber Indonesia.

Garuda Cyber Indoenesia sudah banyak di percaya oleh beberapa kampus sebagai konsultan IT sekaligus IT Development kampus mereka. Nah, untuk kampus di Medan juga bisa bekerja sama dengan Garuda Cyber untuk kebutuhan IT-nya.

 

#GarudaCyber23Oktober

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...