WhatsApp-Button
Peluang Usaha Teknik Informatika

Peluang Usaha Teknik Informatika

  2019-04-15 16:58:07     Ulti Desi Arni     Dibaca 35 kali

Di tengah perkembangan teknologi informasi, teknik informatika menjadi jurusan yang banyak dipilih saat memasuki bangku perkuliahan. Bahkan kini jurusan teknik informatika dapat dipelajari di sekolah kejuruan atau SMK.

Teknik informatika merupakan ilmu yang terkait dengan perangkat, baik itu alat maupun sistem yang digunakan, terutama untuk kebutuhan penyampaian informasi yang tidak terlepas dari komputer. Selain itu, teknik informatika adalah ilmu yang sangat membutuhkan keahlian lainnya, seperti fisika, matematika, ekonomi dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan teknik informatika.

Orang-orang yang memilih untuk menekuni teknik informatika memiliki wawasan secara luas dan kreatif serta inovatif. Setiap lulusan teknik informatika berkeinginan untuk berkarya, menciptakan dan menghasilkan teknologi yang akan memberikan manfaatkan bagi semua orang. Terlebih lagi saat ini, teknologi memudahkan setiap pekerjaan dan kegiatan manusia.

Salah satu faktor teknik informatika menjadi sangat diminati di setiap universitas maupun perguruan tinggi di dalam dan luar negeri adalah peluang usaha atau prospek kerja yang menjanjikan.

Sebenarnya peluang usaha di bidang teknologi informasi atau informatika di Indonesia masih baru. Namun perkembangannya sangat pesat dengan banyaknya perusahaan di bidang informatika yang berdiri di Indonesia, salah satunya perusahaan startup. Sehingga kesempatan untuk sukses menjadi pengusaha di bidang informatika masih sangat terbuka lebar di Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa lulusan jurusan teknik informatika bisa berdiri sendiri, membangun usaha dan menciptakan suatu karya sendiri yang bermanfaat bagi banyak orang hingga memberikan peluang kerja bagi orang lain.

Berikut beberapa peluang usaha teknik informatika seperti dirangkum Garuda Cyber:

  1. Startup

Saat ini di Indonesia, perkembangan usaha di bidang startup semakin terlihat menjanjikan. Sebenarnya, perusahaan startup adalah perusahaan rintisan yang baru berdiri dan sudah pada fase pengembangan. Namun, usaha startup sangat identik dengan informatika seperti web atau internet.

Tak heran banyak usaha startup yang didirikan dengan campur tangan lulusan teknik informatika yang sangat memahami cara membuat dan mengelola web atau internet sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang. Di Indonesia sendiri, beberapa perusahaan startup yang sudah berdiri dan berhasil di antaranya adalah Tokopedia, Traveloka, atau Go-Jek dan lain sebagainya.

  1. Desain Grafis

Desain Grafis juga merupakan usaha yang banyak didirikan dan dikembangkan oleh lulusan teknik informatika. Lulusan teknik informatika sangat mahir dalam merancang poster, cover buku, baliho, logo, banner hingga undangan serta lainnya untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, peluang usaha sebagai desain grafis sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Karena dalam mendesain dibutuhkan kreativitas dan sesuai kebutuhan pelanggan atau klien.

  1. Desainer Website

Lulusan teknik informatika juga sangat berpeluang untuk membuka usaha di bidang desain website. Desainer website adalah orang yang berada di balik website dengan tampilan menarik sehingga memudahkan pengunjung mengaksesnya. Di zaman yang serba digital saat ini, desainer website sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, hampir semua perusahaan, instansi pemerintahan maupun pendiidikan membuka website untuk kepentingan publikasi dan pemasaran.

  1. SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan peluang usaha berikutnya yang bisa menjadi pilihan lulusan teknik informatika. SEO bertugas membuat website naik dan berada di halaman pertama  di pencarian Google sehingga akan membuat suatu website banyak dikunjungi.

Kemampuan SEO ini kebanyakan adalah lulusan teknik informatika meski banyak yang saat ini belajar secara otodidak. SEO menjadi peluang usaha yang juga menjanjikan keuntungan besar, terlebih kini banyak perusahaan atau instansi memanfaatkan website untuk publikasi atau pemasaran.

  1. Developer Game

Peluang usaha yang juga dapat dipilih lulusan teknik informatika adalah Developer Game atau pembuat game. Saat ini perkembangan game sangat pesat sehingga membangun usaha di bidang ini sangat menjanjikan.

  1. Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile saat ini telah mengalami pertumbuhan yang kian tinggi seiring berkembangnya smartphone. Hal ini menjadi peluang bagi lulusan teknik informatika untuk membuka usaha aplikasi mobile. Aplikasi mobile belakangan ini menjadi suatu kebutuhan bagi beberapa orang untuk mendukung pekerjaannya. Namun, aplikasi mobile yang banyak di download saat ini adalah Games.

Nah, itulah beberapa peluang usaha yang menjanjikan kesuksesan bagi lulusan teknik informatika. Keuntungan yang jarang didapatkan bagi lulusan teknik informatika adalah mampu membangun usaha sendiri tanpa harus terikat dengan perusahaan lainnya.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia