WhatsApp-Button
Pengertian Search Engine Marketing

Pengertian Search Engine Marketing

  2019-08-22 16:38:42     Ulti Desi Arni     Dibaca 145 kali

Search Engine Marketing, atau SEM, merupakan salah satu alat yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis di dalam persaingan pasar yang meningkat ini. Dengan jutaan bisnis diluar sana yang bersaing di bidang yang sama, maka beriklan secara online merupakan sesuatu yang penting dan tidak bisa dihindari dalam mempromosikan bisnismu.

Search engine marketing merupakan praktik di dalam membangun sebuah bisnis dengan menggunakan iklan yang muncul di dalam laman hasil pencarian. Pengiklan menargetkan kata kunci dari pengguna mesin pencari seperti google, bing, dan sebagainya yang akan mungkin diketikan saat mencari suatu barang atau jasa, yang mana memberikan kesempatan pengiklan menampilkan iklan mereka bersamaan hasil pencarian lain dari kata kunci yang diketikan.

Kelebihan dari search engine marketing ini adalah mereka menawarkan kesempatan untuk meletakkan iklan didepan pelanggan yang sudah berniat membeli sesuatu tepat disaat mereka melakukan pencarian.

Kata kunci merupakan dasar dari search engine marketing. Karena pengguna melakukan kata kunci ke mesin pencari untuk mencari apa yang mereka cari, tidak mengejutkan bahwa kata kunci tersebut membentuk dasar search engine marketing sebagai strategi pengiklanan.

Sebelum kamu dapat memilih kata kunci yang dapat dipakai di dalam kampanye search engine marketing, kamu harus melakukan penelitian mendalam sebagai strategi manajemen kata kunci.

Pertama-tama, kamu perlu untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan terhadap bisnis, dan calon pelanggan akan ketikkan saat mencari produk dan layananmu. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah menggunakan google trends dan ubersuggest.

Hal-hal yang dilakukan ialah sebagai berikut, ketikkan kata kunci yang kemungkinan calon pelanggan akan gunakan saat ia mencari layanan atau produkmu di mesin pencari. Contoh jika kamu menjual mobil-mobil bekas maka kata kunci yang mungkin relevan ialah mobil bekas. Lalu ubah lokasi ke wilayah pasar kamu, misalnya indonesia.

Nantinya ubbersuggest akan menampilkan hasil kata kunci dari volume pencarian, saran dari kata-kata kunci, hingga perkiraan biaya Cost Per Click (CPC).

Volume pencarian ialah perkiraan dari berapa banyak kata kunci tersebut digunakan dalam mesin pencarian. Keyword suggestion adalah kumpulan dari saran kata kunci yang mungkin relevan dengan kata kunci tersebut.

Sraan-saran ini adalah hal yang sangat penting, sehingga kita perlu membuat bank kata kunci untuk kemudian diteliti kembali mana saja yang paling berpotensi untuk dimasukkan kedalam strategi search engine marketing kamu. Cost Per Click adalah perkiraan dari biaya yang akan kamu habiskan dalam membuat iklan di mesin pencari.

Selain itu masukkan kata kunci yang kemungkinan besar calon pembeli gunakan saat menggunakan mesin pencari, semisal, beli, diskon, kupon, promo, bebas ongkir dan lain-lain. Teknik ini biasa dinamakan sebagai search intent.

Apabila kamu telah berhasil meneliti kelompok dari kata kunci yang akan digunakan dari riset sebelumnya, sebelum mendaftarkan kata-kata kunci terebut kedalam iklan pencarian, sebelumnya buat beberapa kategori yang terdiri dari kata-kata kunci. Misalnya kalau kamu mempunyai toko online yang menjual berbagai macam pakaian. Maka kelompokkan kedalam kategori tertentu contohnya kelompok kata kunci celana, kelompok kata kunci baju dan seterusnya.

Di setiap kelompok kata kunci tersebut, masukkan juga kata kunci yang menurut kamu masih relevan. Kalau kamu memiliki kelompok kata kunci celana, maka jangan lupa untuk memasukkan kata kunci celana panjang, celana pendek, celana jin pria dan sebagainya. Hal yang sama berlaku untuk kata kunci yang lainnya.

Itulah pengertian dan tips-tips dalam melaksanakan search engine marketing. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memahami berbisnis online, bagaimana search engine marketing bekerja dan lain-lain.

 

Penulis : Randhi


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia