WhatsApp-Button
Jual Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

Jual Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru

  2019-07-18 16:46:21     Ulti Desi Arni     Dibaca 161 kali

Pendaftaran mahasiswa baru merupakan salah satu kegiatan dalam perguruan tinggi dimana saja dimana memungkinkan adanya ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa baru mendaftar masuk perguruan tinggi atau kampus setiap tahunnya. Dengan pengelolaan dan pengolahan data pendaftaran mahasiswa baru yang dilakukan secara manual, tentunya akan memerlukan waktu yang relatif lama bagi pihak kampus.

Saat pembukaan pendaftaran mahasiswa baru dalam sebuah kampus berikut gambaran permasalahan yang sering terjadi saat pendaftaran mahasiswa baru adalah :

  1. Calon mahasiswa harus datang langsung ke kampus yang dituju dan menguras waktu karena harus mengantri panjang sehingga mahasiswa yang di luar kota kampus tersebut harus datang langsung jika ingin mendaftar
  2. Panitia pendaftaran harus standby saat pendaftaran
  3. Banyaknya kertas/berkas pendaftaran yang terkadang memungkinkan tercecer-nya kertas atau blangko pendaftaran.
  4. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada kampus harus membawa tumpukan berkas persyaratan yang dimintai kampus.

Untuk membantu setiap kampus atau perguruan tinggi dalam memudahkan penerimaan mahasiswa baru dibutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi yaitu Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru atau bisa kita singkat dengan SPMB yang terintegrasi. Menggunakan SPMB setiap kampus tentu akan banyak menghemat biaya seperti blanko dan promosi karena sistem ini diakses secara online dengan cakupan yang luas.

SPMB ini memiliki layanan yaitu dimana calon mahasiswa dapat mendaftar langsung secara online tanpa harus datang ke kampus terkait. Saat calon mahasiswa mendaftar pada kampus maka biasa mengisi sendiri form biodata (Isi Data) tanpa harus datang langsung dan calon mahasiswa juga meng-upload persyaratan serta bukti pembayaran. Jadi apabila kampus atau perguruan tinggi  memiliki sistem ini proses pendaftaran ujian masuk calon mahasiswa baru jauh lebih mudah.

Garuda Cyber hadir untuk setiap kampus dengan beragam keunggulan dan kelebihan yang sangat membantu dalam produk SMPB yang dimilikinya. Sebelumnya Garuda Cyber memang sudah dipercaya banyak perguruan tinggi ataupun perusahaan dalam menyediakan jasa IT.

Beragam fitur dan kelebihan yang ditawarkan Garuda Cyber dalam Produk SPMB nya berikut fitur dan kelebihan dari SPMB Garuda Cyber untuk kampus :

  1. Pendaftaran berbasis online

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru dari GCI adalah berbasis online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja namun untuk melakukan pendaftaran tentu saja dibuka sesuai yang disetting oleh admin selaku petugas kampus. Dengan sistem yang berbasis online ini jika dimiliki kampus diharapkan informasi seputar pendaftaran yang dimiliki kampus bisa diketahui oleh masyarakat luas sehingga dimanapun si calon mahasiswa berada dapat mengakses sistem ini. Sehingga kampus tidak perlu repot lagi menjaga stand pendaftaran atau datang ke daerah untuk mengajak pendaftaran mahasiswa. Apalagi saat ini teknologi yang canggih membuat calon mahasiswa cenderung menginginkan hal yang instan dan mudah.

  1. Pendaftaran Jalur Mandiri

Seperti yang kita ketahui setiap kampus ataupun perguruan tinggi dimana saja karena memiliki beberapa jalur untuk calon mahasiswa bisa masuk ke kampus atau perguruan tinggi tersebut. Salah satu jalur untuk masuk kampus atau perguruan tinggi melalui jalur mandiri. Pada Sistem Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dari Garuda Cyber dapat memisahkan data sesuai jalur pendaftaran mahasiswa yang mendaftar. Pada aplikasi SPMB jalur mandiri dari GCI ini ada beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya :

  • Manajemen data pendaftar

Aplikasi bisa memanajemen pendaftaran dengan baik sesuai dengan jalur yang dilakukan calon mahasiswa yang mendaftar.

  • Setting Waktu pendaftaran

Admin yang selaku petugas SPMB bisa melakukan pengaturan waktu seperti tanggal dibuka dan tanggal ditutupnya pendaftaran jalur mandiri.

  • Setting jadwal ujian

Setelah melakukan pendaftaran calon mahasiswa dapat melihat waktu atau jadwal ujian untuk test yang sudah disetting oleh admin atau petugas yang dipercaya. Sehingga calon mahasiswa yang mendaftar dapat mengetahui langsung informasi jadwal ujian serta lokasi ujian tanpa harus datang ke kampus.

  • Setting kode koreksi ujian

Setelah melakukan ujian, admin atau petugas SPMB kampus juga dapat menyetting kode koreksi ujian. Kode koreksian bertujuan untuk menghindari kecurangan dalam proses seleksi. Hasil ujian mahasiswa hanya dikoreksi berdasarkan kode koreksi. Sehingga petugas yang melakukan peng-koreksian tidak mengetahui informasi calon mahasiswa termasuk nama kecuali hanya berupa kode koreksi.

  • Aplikasi koreksi ujian oleh panitia

Setelah melakukan penyettingan kode ujian, panitia dapat melakukan koreksi ujian dengan aplikasi jika ujian dilakukan secara online atau CAT. Apabila ujian menggunakan kertas panitia dapat meng-inputkan nilai hasil ujian berdasarkan kode koreksi sebelumnya.

  1. Pendaftaran Jalur PBUD

Selain jalur mandiri perguruan tinggi atau kampus biasanya juga menerima calon mahasiswa melalui jalur PBUD. Aplikasi SPMB dari GCI juga menyediakan fitur seleksi melalui PBUD dan berikut beberapa fitur dan proses seleksi menggunakan aplikasi pendaftaran Jalur PBUD dari GCI

  • Manajemen Data Asal Sekolah

Aplikasi dapat memanajemen data mahasiswa sesuai data asal sekolah calon mahasiswa baru. Semua data atau informasi akan tersimpan di dalam sistem.

  • Manajemen Standar KKM Kelulusan

Petugas atau admin juga bisa memanajemen standar kelulusan yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar bisa lulus untuk memasuki kampus sehingga dengan adanya manajemen data KKM kelulusan akan menghasilkan info seleksi yang selektif.

  • Kelulusan mahasiswa Jalur PBUD

Setelah memasukan informasi seputar calon mahasiswa baik biodata serta nilai yang dibutuhkan sesuai peraturan kampus. Aplikasi yang ditawarkan oleh GCI ini juga dapat menampilkan informasi tentang kelulusan mahasiswa. Dengan kata lain, aplikasi akan menampilkan info mahasiswa yang berhasil lulus atau terdaftar secara online.

  1. Sistem Her-Registrasi Mahasiswa

Setelah melalui tahapan seleksi, bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus untuk kampus tertentu dapat melakukan pendaftaran ulang menggunakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan SPMB. Calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk melakukan pendaftaran ulang. Beberapa fitur dan kemudahan dari sistem Her- Registrasi ini adalah :

  • Penentuan Jurusan kelulusan

Jurusan kuliah yang sudah dipilih sebelumnya akan ditentukan oleh admin calon mahasiswa lulus pada jurusan apa sehingga saat registrasi calon mahasiswa sudah mengetahui jurusannya.

  • Pemberian NIM Mahasiswa

Sistem Her-Registrasi juga dapat memberikan Nim secara otomatis. Sehingga itu akan memudahkan petugas dalam pemberian Nim mahasiswa yang terdaftar.

  • Pembagian Kelas Mahasiswa

Sistem Her-Registrasi ini juga dapat membagi kelas secara otomatis terhadap jumlah mahasiswa yang lulus di kampus. Petugas bisa menentukan kuota tiap kelas dan mahasiswa akan teracak dan otomatis terbagi kelasnya.

  1. Fitur SMS Gateway SPMB

Selain beberapa keunggulan diatas SPMB ini juga memiliki fitur SMS Gateway sehingga calon mahasiswa menerima informasi berupa sms secara otomatis. Seperti informasi berikut

  1. Sms bukti pendaftaran
  2. SMS bukti validasi
  3. SMS pernyataan kelulusan
  4. Laporan & Grafik SPMB

Sistem SPMB ini juga dapat memberikan informasi laporan mahasiswa yang terdaftar ataupun mahasiswa yang telah dinyatakan lulus termasuk juga laporan informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan Kampus. Selain berupa laporan, sistem juga akan menampilkan informasi berupa grafik. Baik itu grafik tiap tahunnya atau grafik yang dibutuhkan oleh kampus.

  1. Integrasi dengan sistem akademik

Kelebihan lainnya dari sistem SPMB ini juga terintegrasi dengan sistem akademik kampus. Sehingga admin kampus atau petugas yang dipercaya tidak perlu menginputkan ulang data mahasiswa karena sudah tersinkron dengan SPMB.

Tidak hanya kelebihan itu saja yang ditawarkan oleh Garuda Cyber untuk perguruan tinggi atau kampus. Semua kemudahan yang ditawarkan GCI itu tentu saja dapat juga disesuaikan dengan permintaan pihak kampus atau perguruan tinggi. Tentu saja dengan menggunakan sistem SPMB dari GCI akan membantu permasalahan penerimaan mahasiswa baru untuk setiap kampus maupun perguruan tinggi

 

#GarudaCyber23Juli


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia