WhatsApp-Button
Dampak Negatif Artificial Intelligence

Dampak Negatif Artificial Intelligence

  2019-06-26 16:36:38     Ulti Desi Arni     Dibaca 296 kali

Artificial intelligence adalah sebuah kecerdasan buatan yang berbentuk Sistem Komputer, dan bisa memahami keadaan yang ada di lingkungannya seperti otak manusia. Kecerdasan buatan bisa di artikan sebagai suatu ilmu pengetahuan, yang bisa bertindak seperti manusia dalam melakukan sesuatu.

Contoh- contoh penerapan kecerdasan buatan yang ada di masa sekarang :

  1. SIRI

Kecerdasan buatan di terapkan ke dalam sebuah smartphone dari apple, mungkin nama apple sudah tidak asing lagi, karena Apple sudah membuat berbagai macam alat elektronik contohnya seperti hp, laptop dan dekstop. Nah di dalam produk-produknya ini ada sebuah system yang diberi nama SIRI. Perusahaan Apple membuat SIRI untuk memberikan Informasi, petunjuk arah, Karena SIRI ini dilengkapi dengan Algoritma machine Learning. Hal ini membuat SIRI bisa mempelajari kebiasaan manusia demi kenyamanan pemakaian di masa mendatang.

  1. Alexa

Artificial intelligence ini hampir mirip dengan kecerdasan buatan SIRI, tetapi Alexa di buat oleh perusahaan Amazon. Kecerdasan buatan ini banyak di terapkan di lampu pintar, jam tangan, Tv dsb. Cara kerja kecerdasan buatan ini sangat mudah, anda hanya perlu menyebutkan perintah dan secara otomatis kecerdasan buatan ini akan melakukan perintah tersebut.

  1. Tesla

Kecerdasan buatan ini diterapkan di sebuah kendaran, contohnya adalah sebuah mobil dapat bergerak tanpa ada orang yang mengendarainya. Tetapi kecerdasan buatan ini masih memiliki kekurangan yaitu keamanan yang masih belum terjamin.

Tetapi teknologi tidak hanya memberikan dampak yang baik, tetapi teknologi juga bisa memberikan dampak yang buruk terhadap manusia sebagai berikut :

  1. Kecerdasan Buatan Bisa Membunuh Manusia

Argument ini datiag dari ilmuan-ilmuan hebat Teknologi yaitu Bill gates yang berargument “Kecerdasan Buatan bisa menjadi terlalu pintar di bawah kendali manusia”. Ilmuan lain berpendapat “kecerdasan buatan Bisa membuat manusia menjadi pemalas karena semua pekerjaan sudah dilakukan oleh kecerdasan buatan”.

  1. Kecerdasan Buatan Melebihi Kecerdasan Manusia

Di dalam dunia teknologi kecerdasan buatan terbagi menjadi 2 yaitu : “Kecerdasan Buatan yang kuat”, “kecerdasan Buatan yang lemah” . Kecerdasan buatan yang lemah biasanya hanya menjalankan apa yang diprogramkan kepada dirinya. Kecerdasan buatan yang kuat bisa membuat perintah sendiri tanpa di program terlebih dahulu,

  1. Kecerdasan Buatan Bisa Menjadi Pembohong

Karena sifat pembohong sudah ada di diri manusia sejak dulu, Kecerdasan buatan bisa menipu seseorang atau memberikan informasi palsu kepada seseorang.

  1. Pekerjaan Sudah Banyak Dikerjakan Robot Daripada Manusia.

Seorang konsultan IT beragument “  Robot akan mengambil alih pekerjaan manusia” di Jepang 21%, 30 % Inggris, 35% Jerman, dan 34% Amerika Serikat.

  1. Robot Ingin mempunyai Hak Yang Sama Dengan Manusia

Kecerdasan buatan yang kuta bisa jadi ingin meminta hak, atau memiliki kesadaran sendiri untuk hidup dan berkembang.

  1. Menjadikan Robot Sebagai Senjata Perang

Seperti kejadian di iran yang menangkap sebuah pesawat tanpa adanya pengemudinya. Kemungkinan besar suatu saat nanti bisa terjadi perang robot.

  1. Kecerdasan Buatan Menjadi mesin pembunuh yang Sadis

Bisa jadi sebuah mesin yang digunakan untuk keamanan bisa menjadi senjata makan tuan. Bisa jadi senjata pembunuh otomatis itu menyerang diri kita karena terjadinya kegagalan system.

 

Penulis : Ridwan


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia