WhatsApp-Button
Alasan Pentingnya Pembayaran Kampus Terintegrasi dengan Bank

Alasan Pentingnya Pembayaran Kampus Terintegrasi dengan Bank

  2019-06-24 16:34:45     Ulti Desi Arni     Dibaca 83 kali

Sebagaimana yang kita ketahui saat ini teknologi bisa dimanfaatkan untuk mempermudah segala aspek kehidupan. Begitu juga dalam persoalan pembayaran kampus atau tagihan kampus yang meliputi pembayaran SPP mahasiswa. Jika pembayaran kampus sudah terintegrasi dengan bank tentu saja akan memudahkan baik pihak kampus maupun mahasiswa ketika melakukan pembayaran SPP karena bisa dilakukan melalui teller Bank, ATM atau mobile banking tanpa harus datang ke kampus.

Sebenarnya akan ada pertanyaan dalam benak kita kenapa pembayaran itu harus terintegrasi antara Bank dan pihak kampus? Padahal bisa saja teller Bank datang ke kampus saat pembayaran SPP yang rentang waktunya sudah ditentukan atau cukup transfer ke rekening rektor jika tidak ingin datang ke kampus.

Nah, pertanyaan itulah yang terlintas dibenak kita. Ada beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan oleh pihak kampus kenapa kampus harus terintegrasi dengan Bank untuk pembayaran kampus. Berikut alasannya :

  1. Tersedia Banyak Cara Pembayaran

Bisa kita rasakan jika pembayaran hanya melewati kasir kampus tentu saja akan menguras waktu dan tenaga, karena sistem pembayaran tersebut masih dilakukan manual dan banyak kesulitan. Berbeda jika pembayaran tersebut sudah terintegrasi dengan bank sehingga banyak sekali pilihan yang tersedia untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran. Misalnya mahasiswa bisa melakukan pembayaran di teller Bank, ATM atau mobile Banking dan cara lainnya

  1. Kenyamanan Pembayaran

Alasan lainnya yang harus kampus ketahui kenapa pembayaran harus terintegrasi dengan bank yaitu adanya kenyamanan yang dirasakan oleh mahasiswa. Karena mahasiswa tidak perlu repot-repot lagi membawa yang tuna, karena transaksi bisa dilakukan secara online atau melalui ATM. Bahkan mahasiswa bisa menggunakan gadget untuk proses transaksi.

  1. Otorisasi Lebih Cepat

Biasanya proses otorisasi saat melakukan pembayaran SPP memakan waktu dan harus melalui antrian yang panjang, namun jika kampus sudah terintegrasi dengan Bank maka itu lebih mudah dilakukan. Pengecekan sudah secara otomatis sehingga transaksi pembayaran uang kuliah dapat lebih cepat diselesaikan.

  1. Pencatatan Transaksi

Semua mutasi anggaran kampus akan tercatat dengan baik dan akurat serta bisa diakses kapan saja karena transaksi tersebut sudah bisa dilakukan secara online dan terintegrasi dengan Bank. Maka pegawai kampus bisa lebih fokus mengerjakan tugas yang dianggap lebih penting karena semua catatan terekam sehingga pelaporan untuk pimpinan juga lebih mudah.

  1. Dapat Dilakukan Dimana Saja

Transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja jika akses pembayaran sudah secara online. Jika dibandingkan dengan pembayaran manual dimana transaksi harus menggunakan cash sehingga mengharuskan mahasiswa untuk melakukan pembayaran dan her registrasi langsung ke kampus padahal saat pembayaran itu harus mahasiswa menikmati liburan kulian yang masih panjang dan jauh di kampung halaman jika harus bolak balik ke kampus. Jadi jika kampus sudah terintegrasi dengan bank maka mahasiswa tetap bisa melakukan pembayaran di kampung halaman.

  1. Kampus Lebih Terlihat Profesional

Kampus yang mengikuti perkembangan teknologi bisa terlihat dari sistem yang digunakan saat ini, jika sistem yang digunakan handal maka menunjukan bahwa kampus tersebut profesional. Salah satu yang harus digunakan oleh kampus yaitu sistem yang mampu mendukung kemajuan perguruan tinggi menggunakan pembayaran online sehingga kampus akan terlihat sangat profesional serta kredibilitas kampus juga terjaga. Tidak hanya itu, dengan menggunakan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan Bank akan mempermudah mahasiswa tentu saja Branding kampus akan meningkat.

  1. Transaksi Lebih Aman

Uang tunai memiliki kelemahan salah satunya rawan pencurian atau hilang tercecer. Jadi apabila kampus sudah terintegrasi dengan Bank jika kartu hilang cukup melakukan pelaporan ke pada penerbit kartu untuk memblokir kartu yang digunakan sehingga tentu saja cara ini lebih aman.

Itulah alasan kenapa sudah seharusnya kampus memiliki sistem pembayaran yang sudah terintegrasi dengan mitra. Banyak kelebihan dan manfaat yang akan dirasakan oleh pihak kampus. Tidak hanya memberikan kemudahan transaksi untuk mahasiswa namun juga akan meningkatkan brand kampus. Karena teknologi yang canggih serta semakin mudahnya transaksi di kampus tentu akan menunjukan seberapa profesionalnya kampus tersebut.

Jika saat ini kampus Anda masih belum terintegrasi dengan dalam pembayaran bisa bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia, dimana GCI adalah perusahaan IT / IT Development yang siap membantu kampus dalam membangun sistem sesuai kebutuhan.

Saat ini sudah banyak kampus yang bermitra dengan GCI menggunakan Smart Campus yaitu sistem akademik kampus yang sudah terintegrasi dengan Feeder Digti serta sistem pembayaran kampus yang sudah terintegrasi dengan Bank.

Siap menjadi kampus yang profesional dan memiliki branding yang bagus di mata masyarakat? Kini saatnya kampus anda turut bermitra dengan Garuda Cyber Indonesia.

 

#GarudaCyber23Juni


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia