Kelebihan, Kekurangan Shopee dan Lazada

Kelebihan, Kekurangan Shopee dan Lazada

  2019-03-15 17:16:15     Ulti Desi Arni     Dibaca 27 kali

Seiring perkembangan era digital, banyak pelaku bisnis memanfaatkan teknologi dan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Tak hanya menguntungkan pelaku usaha, teknologi dan internet terbukti turut memberi kemudahan bagi konsumen.

Hadirnya teknologi dan internet memudahkan pelanggan dalam berbelanja, yang sebelumnya menghabiskan waktu dan biaya yang cukup banyak. Namun kini, belanja menjadi aktivitas yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja oleh konsumen.

Tak heran jika saat ini, pengguna layanan jual beli online kian meningkat dan semakin diminati, sehingga bisnis online lebih mendominasi pasar. Hal ini kemudian memunculkan berbagai situs e-commerce atau layanan jual beli online. Di Indonesia, situs e-commerce hadir dengan menawarkan keuntungan bagi penjual dan kemudahan untuk konsumennya. Terlebih lagi beberapa situs e-commerce memberikan layanan pengiriman secara gratis dan jaminan garansi dalam bertransaksi.

Dari sejumlah situs e-commerce atau situs jual beli online yang kian diminati konsumen di Indonesia adalah Shopee dan Lazada. Berikut kelebihan dan kekurangan Shopee dan Lazada yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

Shopee

Salah satu situs e-commerce atau situs jual beli online terbesar di Indonesia adalah Shopee. Sejak diluncurkan secara resmi di Singapura hingga berkembang ke Indonesia, Shopee memberikan layanan jual beli online dengan konsep mobile marketplace dan eksklusif dari konsumen untuk konsumen. Sejak berdiri pada 2015, Shopee menjadi marketplace terbaik di Indonesia dan menjadi pilihan konsumen dalam berbelanja, terutama untuk produk fashion wanita baik pria.

Kelebihan Shopee

Bagi penjual, Shopee memudahkan dalam mengunggah foto produk hingga maksimal 9 foto. Dengan begitu, konsumen bisa melihat lebih jeli terkait produk yang ingin dibeli dengan adanya beragam foto untuk setiap produk di Shopee. Tak hanya di website atau aplikasi, Shopee juga memungkinkan penjual untuk mengunduh foto di Instagram dengan fitur pengunduhan dan hastag hingga 18 jenis.

Produk yang disediakan di Shopee memiliki variasi motif, warna, hingga ukuran yang dapat disesuaikan oleh konsumen. Selain itu, Shopee menyediakan fitur khusus untuk produk yang bermasalah, dengan cara pemblokiran

Shopee menyediakan fitur untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Sehingga, konsumen akan dengan mudah memeriksa transaksi jual beli tanpa khawatir adanya kecurangan dan penipuan seperti yang kerap dikhawatirkan banyak konsumen saat belanja online.

Konsumen juga dapat berinteraksi dengan penjual dengan adanya fitur chat Shopee yang memudahkan konsumen dan penjual berkomunikasi terkait produk hingga harga yang ditawarkan.

Kekurangan Shopee

Dari beragam kemudahan yang diberikan Shopee untuk penjual dan pembeli, bukan berarti Shopee tidak memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan pada Shopee, yakni Shopee terkesan rumit disebabkan adanya bagian pembeda antara penjual dan pembeli. Shopee memang memberikan ongkos kirim gratis dengan ketentuan, namun ketentuan atau syarat tersebut terkesan rumit sehingga membuat konsumen enggan menanggapi.

Lazada

Selain Shopee, Lazada juga menjadi situs e-commerce dengan layanan jual beli onlin yang juga banyak dipilih konsumen. Lazada menyediakan berabgai produk fashion hingga elektronik dari berbagai merek. Sejak berdiri pada 2012, Lazada menjadi trendsetter toko online karena desain situsnya yang berkelas dan profesional. Beberapa kelebihan dan kekurangan Lazada diantaranya adalah:

Kelebihan Lazada

Hadir sebagai toko online untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan belanja cepat dan praktis, Lazada banyak memberikan potongan harga atau diskon-diskon menarik untuk konsumennya. Diskon yang ditawarkan mulai 10% hingga lebih dari 30%.

Lazada juga memberikan layanan pembayaran Cash on Delivery (COD), yang memungkinkan konsumen untuk membayar ketika produk telah sampai ke tangan konsumen. Selain itu, Lazada juga memberikan layanan pengiriman gratis atau free ongkir untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Kekurangan Lazada

Sayangnya, Lazada juga tidak lepas dari kekurangan termasuk terkait layanan untuk konsumen. Tak jarang, pengiriman produk yang dipesan sangat lama untuk sampai ke tangan konsumen, bahkan melebihi waktu yang ditentukan. Sehingga, seringkali Lazada mendapat keluhan terkait pengiriman barang dari konsumen.

Selain itu, layanan chat yang disediakan untuk memudahkan konsumen agar dapat berkomunikasi dengan penjual terkadang tidak berfungsi dengan benar atau tidak 24 jam. Demikian sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Shopee dan Lazada sehingga dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika ingin membeli produk secara online.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia