Lebih Murah Shopee atau Tokopedia

Lebih Murah Shopee atau Tokopedia

  2019-03-15 17:13:20     Ulti Desi Arni     Dibaca 7 kali

Belanja, kebanyakan orang menjadikan aktivitas membeli sesuatu itu sebagai kebutuhan dan keharusan yang harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Tak jarang, seseorang memasukkan aktivitas belanja ke dalam daftar perencanaan keuangannya, sehingga belanja menjelma sebagai kegiatan yang harus dilakukan.

Namun di era serba praktis ini, belanja secara online atau membeli dengan media teknologi dan internet menjadi solusi yang banyak dipilih untuk menghemat waktu dan pengeluaran, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar mendatangi toko dan memilih barang yang disukai. Dengan belanja online, Anda tidak perlu mendatangi toko untuk memilih dan membeli barang disukai. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mendatangi satu per satu untuk mencari barang yang diinginkan.

Tingginya minat belanja online dari kaum hawa, bahkan pria di Indonesia ini telah banyak menghadirkan banyak situs e-commerce dengan berbagai jenis produk, harga dan layanan yang ditawarkan. Dua di antara situs e-commerce atau toko online yang saat ini tengah diminati di Indonesia adalah Shopee dan Tokopedia. Shopee dan Tokopedia hadir dengan berbagai jenis produk dan kemudahan di tawarkan kepada konsumen.  

Shopee

Setelah diperkenalkan secara resmi pada 2015 di Singapura, Shopee kemudian berkembang hingga ke Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, hingga Indonesia. Shopee hadir sebagai e-commerce dalam bentuk web atau aplikasi mobile yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi jual beli online.

Shopee muncul untuk menjembatani penjual dan pembeli di pasar online dengan fasilitas untuk transaksi jual beli melalui perangkat mobile. Dengan menyediakan 20 kategori, Shopee memanjakan konsumen dengan berbagai produk untuk wanita dan pria dari berbagai merek dan harga.

Untuk keamanan bertransaksi, Shopee memberi jaminan keamanan transaksi dengan menyediakan garansi Shopee sebagai solusi dari masalah yang kemungkinan akan terjadi. Beberapa metode pembayaran yang ada di Shoppe adalah transfer bank, kartu kredit, Shopee day dan pembayaran tunai di Indomaret.

Tokopedia

Menjadi salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia, Tokopedia juga sangat diminati para konsumen untuk berbelanja. Mengusung model bisnis marketplace, Tokopedia memungkinkan setiap individu dan toko kecil dengan berbagai merek untuk membuka hingga mengelola toko online secara mandiri.

Sejak dirilis pada 2009, Tokopedia membawa visi Membangun Indonesia yang Lebih Baik Melalui Internet, dengan layanan yang dapat digunakan secara gratis untuk konsumennya. Tokopedia bertekad untuk memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah atau UMKM serta individu agar dalam mengembangkan usahanya melalui pemasaran secara online.

Dengan menyediakan 21 kategori, Tokopedia menawarkan jutaan produk untuk pria dan wanita dari berbagai merek dan harga. Sementara dalam transaksi jual beli, Tokopedia bertindak sebagai pihak ketiga yang menjembatani penjual dan pembeli, sehingga kecurangan dapat diminimalisir. Terdapat dua metode pembayaran Tokopedia, yakni pembayaran secara instan dan manual. 

Lalu, mana yang lebih murah? Shope atau Tokopedia?

Menurut riset atau data dari survei perusahaan konsultan marketing dan riset MarkPlus, Inc, Shopee dan Tokopedia hingga tahun 2018 masuk dalam tiga besar teratas dalam brand e-commerce di Indonesia, sehingga menjadi top of mind konsumen. Hal ini dipengaruhi oleh harga terjangkau, promo, reputasi dari brand hingga ongkos kirim yang ditawarkan, sehingga memberikan kenyamanan serta kepuasan kepada konsumen.

Dalam survei tersebut, Shopee mendominasi terkait strategi harga yang terjangkau oleh konsumen hingga 42,8%. Sementara Tokopedia, dipilih sebagai toko online dengan harga terjangkau sebesar 17,5%. Kemudian sisanya, diikuti oleh beberapa toko online lainnya di Indonesia. Shopee mendominasi dan konsumen menilainya sebagai toko online dengan harga paling terjangkau dan murah, setelah Tokopedia.

Meski demikian, terjangkau dan murah bukanlah sekedar terkait harga produk saja, namun beberapa faktor juga menentukan sebuah situs e-commerce dianggap murah atau mahal. Sebab, akan percuma membeli dengan produk dengan harga terjangkau tapi dengan ongkos kirim yang membengkak. Dengan begitu, ongkos kirim menjadi salah satu faktor paling utama yang menentukan situs e-commerce itu memberikan harga yang murah. Dan kemudian, diikuti oleh adanya diskon dan cashback.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia