Cara Mendaftar Edmodo

Cara Mendaftar Edmodo

  2019-03-12 16:53:27     Ulti Desi Arni     Dibaca 14 kali

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan memudahkan setiap orang untuk memperoleh informasi. Kehadiran teknologi telah dimanfaatkan untuk segala bidang, yang sebelumnya hanya dapat dikerjakan dengan cara manual.

Bahkan saat ini, karyawan tak harus pergi ke kantor untuk menuntaskan pekerjaannya. Tak hanya itu, siswa hingga mahasiswa tidak perlu duduk di sekolah dari pagi ke siang, dan terkadang sampai sore untuk mendapatkan ilmu. Dan guru tidak harus ke sekolah atau ke kampus untuk membagikan ilmunya kepada siswa dan mahasiswanya.

Berbicara soal belajar dan mengajar, saat ini teknologi yang disertai kecepatan jaringan internet telah memberi kemudahan dengan hadirnya situs Edmodo.

Apa itu Edmodo?

Edmodo adalah sebuah situs yang ditujukan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Seperti sekolah dan universitas pada umumnya, dalam Edmodo kamu akan merasakan kegiatan belajar dan mengajar layaknya berada di sekolah atau kampus, dengan guru dan teman yang berada dalam satu kelas yang sama, namun berada di dunia maya.

Edmodo menyediakan beberapa jenis akun, di antaranya akun untuk siswa atau mahasiswa, untuk guru, dan akun yang diperuntukan bagi orang tua atau wali murid. Untuk mendaftar pada Edmodo, masing-masing akun memiliki cara mendaftar yang berbeda sesuai akun yang akan dibuat.

Pada artikel kali ini, Garuda Cyber akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar Edmodo sebagai siswa atau mahasiswa. Sebenarnya tidak sulit untuk mendaftar dan membuat akun Edmodo sebagai siswa atau mahasiswa, berikut penjelasannya:

  1. Terlebih dahulu kamu harus membuka situs Edmodo untuk memulai mendaftar sebagai siswa atau mahasiswa. Setelah situs Edmodo terbuka, kamu akan menemukan tiga pilihan, yakni I’m a Teacher, I’m a Student, dan I’m a Parent. Kemudian klik I’m a Student, jika kamu akan mendaftar sebagai siswa atau mahasiswa.
  1. Jika kamu sudah meng-klik pilihan I’m a Student, selanjutnya kamu akan diberikan formulir pendaftaran yang harus diisi dan dilengkapi. Seperti formulir pendaftaran masuk sekolah atau universitas, formulir Edmodo berisikan kolom untuk data pribadi siswa. Beberapa kolom yang harus diisi diantaranya:
  • First Name

Kolom pertama pada formulir Edmodo adalah First Name, yang harus diisi dengan nama awal sesuai dengan identitas kamu, bukan nickname seperti mendaftar ke media sosial karena yang dibutuhkan adalah informasi sesuai identitas kamu.

  • Last Name

Kolom kedua adalah Last Name, yang harus diisi dengan nama belakang kamu. Ingat, harus sesuai dengan identitas kamu.

  • Grup Code

Kolom berikutnya adalah Grup Code, yang ditujukan untuk kode grup dari kelas yang kamu pilih. Namun, kolom Grup Code hanya bisa diisi jika kamu sudah mendapatkan kode grup dari guru.

 Jadi, sebelumnya kamu harus meminta kode grup dari guru yang mengharuskan kamu memiliki akun Edmodo sebagai siswa atau mahasiswa.

  • Email

Pada kolom email, kamu harus mengisinya sesuai alamat email yang kamu miliki. Sebenarnya tidak diharuskan untuk mengisi kolom ini, namun sebaiknya untuk melengkapi dengan email kamu yang masih aktif, jika tidak memiliki email kamu bisa membuatnya dahulu.

  • Username

Jika sebelumnya kamu diharuskan untuk memberikan nama awal dan akhir kamu, pada kolom username kamu kembali diharuskan untuk mengisinya dengan nama kamu. Username berfungsi sebagai ID yang akan digunakan saat kamu login Edmodo.

Ketika mengisi kolom ini, kamu akan menemukan tulisan warna hijau jika username yang kamu isi available dan tulisan berwarna merah jika nama tidak sesuai dan sudah digunakan, sehingga kamu harus menggantinya atau menyertakannya username kamu dengan angka.

  • Password

Seperti akun lainnya, saat mendaftar Edmodo kamu juga harus memberikan password pada kolom yang sudah tersedia. Password berfungsi sebagai sandi yang akan digunakan saat kamu login. Dan Password menjadi kolom terakhir yang harus kamu isi.

Jika sudah, selanjutnya klik sign up for free di bawah formulir pendaftaran yang sudah kamu lengkapi. Kemudian, formulir kamu akan diproses untuk membuat akun atas nama siswa atau mahasiswa. Jika terjadi kesalahan, sebaiknya periksa ulang formulir kamu dan lengkapi hingga benar-benar telah terisi seluruhnya.

Ketika akun kamu sukses, secara otomatis kamu akan langsung masuk ke akun Edmodo sebagai siswa atau mahasiswa. Dengan demikian kamu telah berhasil membuat akun Edmodo sebagai siswa atau mahasiswa dan siap mengikuti pelajaran seperti di sekolah atau di kampus.

 

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia