Kekurangan WhatsApp Business

Kekurangan WhatsApp Business

  2019-03-12 16:51:25     Ulti Desi Arni     Dibaca 10 kali

Perkembangan teknologi informasi tak dapat dipungkiri lagi telah memberikan berbagai kemudahan dalam setiap pekerjaan manusia. Terlebih lagi, teknologi semakin canggih setelah dibarengi dengan hadirnya internet.

Tak heran jika saat ini hampir semua pekerjaan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Bahkan para pelaku usaha mulai dan beramai-ramai memanfaatkan teknologi dan internet untuk mengembangkan bisnisnya.

Pelaku usaha kini dituntut untuk mampu berinovasi dan berkreativitas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya. Media sosial dianggap efektif untuk mendukung strategi pemasaran, karena setiap harinya media sosial dikunjungi ratusan hingga ribuan pengunjung dari segala bidang dan usia.

Namun belakangan tak hanya media sosial yang dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, kini WhatsApp telah merilis aplikasi yang mendukung para pelaku usaha dalam berbisnis, adalah WhatsApp Business.

WhatsApp sebelumnya hanya aplikasi berbagi pesan untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan internet. WhatsApp pun dikembangkan dengan dilahirkannya WhatsApp Business untuk memudahkan para pelaku usaha kecil hingga perusahaan berskala besar agar tetap terhubung dengan konsumennya.

Selain itu, WhatsApp Business menjadi aplikasi yang memungkinkan bagi pelanggan atau konsumen untuk tetap terhubung dengan pelaku bisnis. Menariknya, WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur-fitur pesan otomatis. Diantaranya, away message yang memungkinkan pelaku usaha membalas pesan dari konsumen secara otomatis, meski dalam keadaan sibuk.

Kemudian, fitur greeting message yang memudahkan pelaku usaha untuk menyambut dan menyapa konsumen baru melalui pesan otomatis. Terakhir, adalah fitur quick replies yang memudahkan para pelaku usaha memberikan balasan atas pertanyaan dari konsumen. Dengan adanya tiga fitur pada WhatsApp Business, para pelaku usaha tetap terhubung dengan konsumen dan dapat memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen.

Melalui WhatsApp Business ini, para pelaku usaha dapat pula dengan mudah mengetahui dan memantau pesan masuk dan terkirim dengan adanya statistik pesan dari aplikasi WhatsApp Business.

Dengan berbagai fitur-fitur yang melengkapi dan memudahkan para pelaku usaha tersebut, bukan berarti WhatsApp Business lepas dari kekurangan.  Lalu, apa saja yang kekurangan yang dimiliki WhatsApp Business? Berikut sejumlah kekurangan WhatsApp Business yang sudah Garuda Cyber rangkum:

Sebelum menggunakan WhatsApp Business, sebaiknya ketahui dulu kekurangannya. Pertama, WhatsApp Business tidak memungkinkan bagi penggunanya untuk mengubah nama akun bisnisnya.

Saat Anda menginstal aplikasi WhatsApp Business setelah mengunduhnya di Play Store atau App Store, Anda akan diperingatkan bahwa nama yang sudah dipilih untuk akun bisnis tidak dapat dirubah. Sehingga, sangat disarankan untuk memastikan bahwa nama akun bisnis yang Anda pilih sudah tepat dan sesuai dengan jenis usaha Anda.

Kedua, menggunakan WhatsApp Business memang tidak membatasi Anda untuk terus menggunakan WhatsApp Messanger. Artinya, meski menggunakan WhatsApp Business Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp Messanger dalam satu ponsel. Namun untuk menggunakan keduanya dalam satu ponsel, Anda harus menyiapkan nomor yang berbeda. Sebab, WhatsApp Business menyarankan penggunanya agar tidak mengganti nomor telepon atau harus menggunakan nomor telepon yang permanen.

Kekurangan lainnya yang dimiliki WhatsApp Business adalah dalam hal mengamankan data penggunanya. Para pelaku usaha memang dimudahkan agar tetap terhubung dengan konsumennya melalui WhatsApp Business, namun kemudahan ini ternyata menimbulkan risiko adanya kebocoran data pribadi atau informasi tentang penggunanya.

Risiko kebocoran informasi atau data pribadi penggunanya ini terjadi, sebab dalam WhatsApp Business para pelaku usaha akan terhubung  dengan konsumen dalam jumlah yang tidak sedikit. Sehingga, tidak sulit untuk mengetahui data yang sudah didaftarkan pada aplikasi WhatsApp Business ini.

Meski memiliki kekurangan, WhatsApp Business tetap disarankan untuk mendukung dan mengembangkan bisnis para pelaku usaha. Tak hanya itu, WhatsApp Business dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa yang dipasarkan kepada konsumen.

Setelah menggunakan WhatsApp Business, para pelaku usaha dapat memberikan layanan yang baik kepada konsumen dengan terus terhubung dan menjalin komunikasi dengan konsumen. Adanya komunikasi yang terjalin dengan baik akan menimbulkan kepercayaan dari konsumen dan bersedia menggunakan produk atau jasa dari usaha Anda.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia