Kesalahan Ini Bisa Menenggelamkan Bisnis Online Anda

Kesalahan Ini Bisa Menenggelamkan Bisnis Online Anda

  2019-03-11 16:44:28     Ulti Desi Arni     Dibaca 27 kali

Saat ini bisnis online seakan sudah menjadi tren bagi masyarakat. Banyak kalangan yang memanfaatkan bisnis online untuk meraup rupiah. Bisnis online di zaman teknologi yang serba canggih dimana memberikan banyak solusi dan kemudahan, bisa dikatakan bisnis ini sangat menjanjikan. Pasalnya banyak orang yang memanfaatkan media online untuk membeli suatu barang tanpa harus mengantri dan panas-panasan keluar rumah.

Dengan hadirnya banyak media sosial saat ini seakan mendukung para pelaku bisnis online untuk tetap semangat berjualan online. Media sosial yang hadir bisa dimanfaatkan sebagai wadah tempat penjualan seperti WhatsApp, instagram, facebook dan lainnya. Karena saat ini tentu saja banyak sekali masyarakat yang menggunakan media sosial dalam berkomunikasi.

Meskipun bisnis online terkesan gampang dan menjanjikan ternyata ada beberapa kesalahan yang tidak disadari justru akan membuat bisnis online anda aka tenggelam alias hilang. Berikut beberapa kesalahan yang bisa menenggelamkan bisnis online anda :

  1. Tidak mengupdate wawasan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Kesalahan yang mungkin sering terjadi dalam bisnis online yaitu kurangnya ilmu tentang perkembangan zaman atau tidak mengupgrade wawasan terbaru yang sesuai dengan tren perkembangan zaman. Nah, jika hal ini terjadi solusinya sebagai pelaku bisnis online Anda harus meluangkan waktu anda untuk mencari informasi terbaru mengenai trend bisnis online yang banyak diminati dan jangan sampai anda kalah dari kompetitor karena strategi anda salah.

  1. Tidak mencoba melakukan inovasi ataupun terobosan sehingga promo Anda begitu-begitu saja.

Kesalahan berikutnya yang sering dialami oleh pelaku bisnis online yaitu tidak mencoba untuk melakukan inovasi atau terobosan terbaru terhadap bisnis yang dimiliki. Anda hanya fokus melakukan promosi dengan cara-cara hal yang sama sehingga tentu saja orang akan jenuh melihat konten anda yang mengakibatkan bisnis online Anda hilang. Karena itu, Anda harus bisa meluangkan waktu anda untuk memikirkan hal yang bisa menghasilkan suatu ide unik dan campaign berbeda dari lainnya agar.

  1. Menyelesaikan sebuah strategi terlalu cepat.

 Tidak semua hal yang cepat bisa menghasilkan sesuatu maksimal, ada pepatah yang mengatakan biar lambat asal selamat ternyata juga berlaku dalam bisnis online. Dalam menyelesaikan strategi ternyata kecepatan bukanlah suatu yang mumpuni, Anda juga harus memiliki strategi marketing yang baik dan tentu saja membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah dalam sebuah strategi anda harus memiliki perencanaan yang matang dan tidak perlu buru-buru.

  1. Membalas pertanyaan dan pengiriman pesanan yang lamban akan mengakibatkan kepercayaan pelanggan pada suatu toko online menjadi berkurang.

Memberikan respon atau tanggapan mengenai chat atau pertanyaan yang diberikan calon pembeli ternyata juga menjadi faktor penentu keberlangsungan toko online Anda. Jika anda lama dalam memberikan respon atau jawaban maka calon pembeli akan menilai anda kurang kredible sehingga kepercayaan terhadap toko online anda akan berkurang. Sehingganya agar bisnis online anda bisa bersaing dengan baik tetap berjalan berikanlah pelayanan yang terbaik dan respon yang cepat agar Anda berhasil meraih pembeli.

  1. Tidak mengevaluasi income.

Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktornya. Sebagai pelaku bisnis Anda harus tahu bagaimana cashflow bisnis anda, pelanggan terbanyak itu berasal dari mana, produk apa yang paling laris dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut Anda akan bisa mengukur strategi atau menstok produk yang paling banyak dicari.

  1. Tidak membuat marketing plan yang jelas dan tidak mengeksekusinya dengan baik.

Dalam menjalani sebuah bisnis baik itu offline maupun online tentu saja membuthka perencanaan yang matang, perencanaan tersebut haruslah dieksekusi atau dijalankan dengan baik. Sebagai pelaku bisnis online Anda harus membuat marketing plan yang terorganisir dengan baik serta juga harus mengeksekusinya berdasarkan dengan KPI (key performance indicator) yang Anda tuju.

  1. Tidak meluangkan waktu untuk membicarakan model bisnis yang Anda jalankan

Dalam menjalankan sebuah bisnis baik itu bisnis online, penting bagi Anda untuk mengetahui dan mempelajari informasi pemasaran yang sesuai dengan kepribadian bisnis Anda, apa kelebihan dan pesona dari brand Anda dibandingkan dengan milik para kompetitor.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang bisa membuat bisnis online Anda sepi bahkan tenggelam tanpa jejak. Untuk itu, mulailah berbenah dan mencari solusi atas permasalahan bisnis Anda agar bisnis tersebut bisa terus berkembang.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia