Tips Menjadi Copywriter untuk Toko Online Anda

Tips Menjadi Copywriter untuk Toko Online Anda

  2019-03-08 16:49:33     Ulti Desi Arni     Dibaca 30 kali

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Copywritter, bahkan mungkin saat ini memiliki profesi sebagai seorang Copywritter, namun tidak menutup kemungkinan sebagian juga masih bertanya-tanya apa itu Copywritter, apa yang dilakukan oleh seorang Copywritter?

Kita mungkin sering melihat iklan di media cetak maupun online. Setiap produk yang dipasarkan sering dilengkapi dengan kalimat-kalimat yang bisa menjual atau kalimat yang bisa meyakinkan calon customer untuk membeli produk/jasa tersebut.

Setiap postingam mengenai produk atau jasa yang ditawarkan sebagian diiringi dengan teks singkat atau bahkan ada teks yang lebih rinci menjabarkan secara detail fitur yang ada, serta keunggulan yang dimiliki oleh produk atau jasa yang ditawarkan.

Orang yang bisa membuat konten lengkap dengan tulisan tersebut tentu saja tidak sembarangan orang. Karena konten yang dilengkapi teks tersebut bisa menjadi faktor penunjang atau penentu apakah promosi yang dilakukan berhasil atau tidak.

Nah, pekerjaan yang membuat konten dengan teks tersebutlah yang dilakukan oleh seorang copywritter, sedangkan nama pekerjaannya yaitu copywriting. Dima pekerjaan CopyWriting ini merupakan seni menulis naskah yang memiliki tujuan untuk merubah sikap dan perilaku dari mereka yang membaca, mendengar, dan melihatnya agar merasa tertarik dengan konten tersebut.

Dalam membuat sebuah naskah/konten mengenai produk atau jasa yang ingin di iklankan haruslah memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Detail produk/jasa yang akan dijual.

Penting sekali dalam membuat konten harus menampilkan detail produk/jasa yang ditawarkan kepada calon pembeli. Calon pembeli akan merasa puas jika informasi mengenai produk yang mereka dapatkan lengkap dan tentu saja itu akan mengurangi aktivitas kamu dalam menjawab pertanyaan mengenai seputar produk. Karena kamu sudah melampirkan detail produk secara lengkap.

  1. Keunggulan produk jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Apabila kamu menjual produk yang sama dengan kompetitor, kamu harus lebih creatif mencari peluang dengan menampilkan kelebihan produk kamu. Kamu harus memberitahu calon pembeli keunggulan apa yang akan mereka dapatkan jika membeli produk atau menggunakan jasa kamu.

  1. Pasar yang dituju (segmentasi).

Nah, ini juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya. Kamu harus memikirkan target pasar produk/jasa kamu agar produk kamu tersampaikan dengan tepat kepada orang yang tepat dan memang membutuhkan produk/jasa kamu.

  1. Media yang akan digunakan.

Dalam melakukan promosi produk/jasa tentu saja harus memikirkan media apa yang akan kamu gunakan untuk memasarkannya. Gunakan media yang tepat, apalagi saat ini sudah banyak sekali media online yang bisa mendukung bisnis online.

Selain beberapa hal diatas dalam membuat naskah konten marketing kamu juga harus paham bagaimana cara membuat naskah yang tepat :

  1. Perhatikan detail dan keunggulan produk
  2. Segmentasi pasar akan menentukan pemilihan bahasa dan gaya bahasa yang akan digunakan.
  3. Harus memenuhi unsur 5W 1H (What,Who, Why, Where, When, How)
  4. Jangan terlalu “basa-basi”
  5. Gunakan “bridging”

Contoh Penggunaan 5W 1H:

Smart Campus Aplikasi paling Viral di Indonesia! (unsur What)

Kampus Anda memnggunakan Smart Campus ?  (unsur Who) . Jumlah mahasiswa akan meningkat (unsur How) melalui smart campus, (unsur Where)  setiap tahunnya, (unsur When) karena dengan smart campus, tentu saja Kampus Anda akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat.(unsur Why)

Jadi, tunggu apalagi? Gunakan Smart Campus untuk membranding kampus Anda agar lebih banyak dikenal sehingga jumlah mahasiswapun akan meningkat.

Pentingnya unsur 5W 1H untuk memberikan kejelasan kepada komunikan. Jika pun ada pertanyaan, maka paling tidak komunikan sudah mengerti mengenai apa yang ditawarkan.

 

#GarudaCyber23Maret


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia