Manfaat Penggunaan Aplikasi Administrasi Kepegawaian

Manfaat Penggunaan Aplikasi Administrasi Kepegawaian

  2019-03-06 16:56:37     Ulti Desi Arni     Dibaca 21 kali

Pegawai merupakan sumber daya paling penting dalam sebuah instansi atau lembaga, terutama di pemerintahan. Sebagai ujung tombak setiap pekerjaan, pegawai merupakan tenaga kerja yang bertanggungjawab untuk melaksanakan dan menuntaskan segala pekerjaan.

Sebab itu, dibutuhkan administrasi kepegawaian yang tepat. Sementara itu, yang dimaksud administrasi kepegawaian adalah seluruh aktivitas atau kegiatan terkait masalah pegawai untuk mencapai tujuan dari setiap instansi atau lembaga hingga perusahaan. Adanya administrasi kepegawaian bertujuan untuk menyusun, menentukan, mengendalikan aktivitas pegawai agar dapat melakukan tugasnya sesuai beban pekerjaan yang telah diberikan.

Dengan demikian, administrasi kepegawaian berfungsi untuk memperkuat setiap perencanaan hingga pengembangan setiap pegawai dan melakukan rekruitmen sesuai kebutuhan instansi. Selain itu, administrasi kepegawaian yang tepat akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai tenaga kerja dalam menjalankan tugasnya.

Untuk instansi yang tidak memiliki banyak pegawai tidak akan kesulitan dalam mengurus dan mengawasi pegawai-pegawainya, namun tidak bagi instansi dengan jumlah pegawai yang banyak sesuai kebutuhan. Selain itu, administrasi kepegawaian akan sangat sulit jika dilakukan secara manual. Kemudian, administrasi kepegawaian membantu dalam menentukan keputusan untuk setiap pegawai. Sebab itu, dibutuhkan aplikasi administrasi kepegawaian untuk memudahkan dalam mengatur dan mengawasi setiap pegawai terkait pekerjaannya.

Di era modern ini, hadirnya teknologi memang sangat membantu setiap pekerjaan, tidak terkecuali dalam administrasi kepegawaian. Hampir setiap instansi pemerintahan hingga swasta menerapkan sistem administrasi kepegawaian untuk membantu dalam melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pegawainya.

Aplikasi administrasi kepegawaian merupakan sebuah inovasi teknologi dalam bentuk sistem yang mengolah data berbasis komputer. Saat ini, aplikasi administrasi kepegawaian telah menggantikan cara manual dalam mengatur dan mengawasi pegawai sebagai sumber daya yang sangat dibutuhkan pada setiap instansi, baik pemerintahan maupun swasta.

Data yang diperoleh aplikasi administrasi kepegawaian akan memberikan hasil dan informasi yang dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan terkait kinerja setiap pegawai. Informasi yang diberikan dari aplikasi administrasi kepegawaian juga dapat menentukan tenaga kerja sesuai kebutuhan.

Lalu, apa saja manfaat penggunaan aplikasi administrasi kepegawaian bagi instansi pemerintahan atau swasta?

Aplikasi administrasi kepegawaian dibutuhkan bagi instansi pemerintahan atau swasta, sebab memberikan manfaat untuk menunjang pekerjaan. Antara lain sebagai berikut:

  1. Aplikasi administrasi kepegawaian memudahkan dalam melakukan pelacakan untuk informasi terkait data setiap pegawai. Dengan demikian, bagian kepegawaian akan dimudahkan dan dapat menghemat waktu agar dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya.
  1. Dalam membuat laporan, aplikasi administrasi kepegawaian juga memberi kemudahan. Sehingga, laporan yang harus dikerjakan secara rutin hingga berkala dapat dikerjakan dalam waktu yang singkat.
  1. Aplikasi administrasi kepegawaian juga memberikan manfaat kemudahan untuk menentukan pegawai mana saja yang sudah memasuki masa pensiun atau akan mengakhiri masa tugasnya sebagai tenaga kerja. Sebab, aplikasi administrasi kepegawaian memberikan informasi terkait pegawai yang akan pensiun, seperti nama atau identitas pegawai.
  1. Dalam kenaikan pangkat, aplikasi administrasi kepegawaian juga memberikan informasi terkait pegawai-pegawai yang berprestasi dan berhak mendapatkan kenaikan pangkat. Selain itu, dengan aplikasi administrasi kepegawaian, bagian kepegawaian juga dapat mengetahui jumlah gaji yang harus dibayarkan atau kenaikan gaji untuk pegawai.
  1. Manfaat berikutnya yang diberikan aplikasi administrasi kepegawaian yakni memberikan informasi yang tepat dan akurat, sehingga bagian kepegawaian dapat terhindar dari kesalahan.
  1. Dalam kebutuhan kepegawaian, terkadang beberapa kepegawaian mengalami pemindahan lokasi kerja, dengan aplikasi administrasi kepegawaian akan sangat mudah menentukan dan merencanakan dalam menyebar pegawai sesuai kebutuhan kerja.
  1. Aplikasi administrasi kepegawaian juga memberikan manfaat dalam proses rekruitmen atau penerimaan pegawai baru. Sehingga, bagian kepegawaian dapat merekrut pegawai dengan keahlian yang dibutuhkan sesuai bidang pekerjaan.

Aplikasi administrasi kepegawaian memberikan kemudahan dalam setiap aktivitas administrasi. Dengan adanya aplikasi ini, data atau informasi terkait pegawai akan tersusun dengan rapi. 

Selain itu, aplikasi administrasi kepegawaian menyederhanakan proses perekrutan dan manajemen kepegawaian. Namun, akan lebih efisien jika pengaplikasian teknologi didukung oleh tenaga kerja yang mumpuni, sehingga pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat waktu.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia