Komunikasi Daring Asinkron

Komunikasi Daring Asinkron

  2019-03-05 16:57:17     Ulti Desi Arni     Dibaca 24 kali

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial dalam berinteraksi. Seperti pengertianya, komunikasi adalah kegiatan penyampaian pesan yang dilakukan komunikator dan penerimaan pesan oleh komunikan untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dan reaksi tertentu.

Dahulu, komunikasi dilakukan secara langsung, yang mengharuskan komunikator dan komunikan bertemu serta tatap muka. Namun, seiring perkembangan zaman, komunikasi turut berkembang dengan hadirnya teknologi, bahkan saat ini komunikasi dan teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

Teknologi yang kian pesat dan kini sudah disertai dengan jaringan internet telah memudahkan manusia agar tetap terhubung meski dalam jarak dan jangkauan yang jauh dan waktu berbeda. Internet yang tanpa batas telah menghubungkan setiap orang dari berbagai belahan dunia. Bahkan setiap orang dapat bertatap muka secara melalui internet dengan panggilan video yang memungkinkan dua orang atau kelompok bertatap muka meski dalam lokasi dan waktu yang berbeda.

Komunikasi menggunakan jaringan internet dikenal sebagai komunikasi dalam jaringan (daring). Komunikasi daring merupakan kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan yang menggunakan jaringan internet.

Cara berkomunikasi dengan mengandalkan jaringan internet ini sebenarnya terbagi dua, yakni komunikasi daring sinkron dan asinkron. Komunikasi daring sinkron dilakukan dalam waktu yang real time atau secara bersamaan, seperti komunikasi panggilan video atau video call. Artinya, pesan yang disampaikan komunikator dapat diterima langsung oleh komunikan dan mendapatkan feedback atau umpan balik saat itu pula tanpa adanya penundaan.

Lalu, apa itu komunikasi daring asinkron? 

Jika komunikasi daring sinkron mampu memberikan feedback atau umpan bali dalam waktu yang saat pesan disampaikan dan diterima, komunikasi daring asinkron justru tidak. Dengan kata lain, komunikasi daring asinkron merupakan proses penyampaian dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih yang membutuhkan waktu tunda. Sehingga, feedback atau umpan balik tidak dapat diketahui secara langsung karena adanya penundaan.

Biasanya, komunikasi daring asinkron terjadi ketika komunikasi dilakukan dengan beberapa media yang membutuhkan waktu tunda, salah satunya komunikasi melalui email. Email atau surat elektronik yang tersedia di internet. Email menjadi salah satu bagian terpenting yang menunjukkan identitas dari seseorang, lembaga atau perusahaan. Tak jarang seseorang menggunakan email untuk menyampaikan informasi.

Namun, email membutuhkan waktu tunda untuk mendapatkan umpan balik dari penerima pesan. Karena, biasanya penerima email tidak langsung membaca pesan dan memberikan balasan ketika email itu dikirim. Sehingga diperlukan waktu tunda.

Kemudian, komunikasi daring asinkron juga termasuk pada komunikasi yang dilakukan di blog, media sosial, atau forum internet lainnya. Meski mengalami penundaan, komunikasi daring asinkron memiliki kelebihan, antara lain:

Tanpa Batas

Tidak seperti komunikasi daring sinkron, komunikasi daring asinkron tidak memberikan batasan dalam penyampaian pesan. Komunikasi daring asinkron memungkinkan pengirim pesan untuk menulis sebanyak mungkin dan menyertakan file sebagai lampiran untuk dikirim dalam waktu bersamaan.

Kepentingan resmi

Biasanya, komunikasi daring asinkron digunakan untuk kepentingan resmi, seperti urusan pekerjaan, mengirim lamaran kerja, dan mengirim file ketika kedua pihak tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung. Bahkan, komunikasi daring asinkron mendukung pengiriman pesan berupa undangan atau pemberitahuan resmi yang membutuhkan kepala surat.

Tanpa notifikasi ‘’terbaca’’

Komunikasi daring asinkron tidak memberikan pemberitahuan atau notifikasi bahwa pesan yang kamu kirim telah dibaca oleh si penerima pesan. Sehingga, penerima pesan bisa bebas membalasnya kapan saja.

Meski memberi demikian, sayangnya komunikasi daring asinkron juga memiliki beberapa kekurangan. Antara lain, komunikasi daring asinkron biasanya dilakukan untuk keperluan resmi dan tidak digunakan untuk membahas urusan pribadi. Selain itu, komunikasi daring asinkron tidak cocok untuk menyampaikan pesan bersifat mendesak, sebab membutuhkan waktu tunda untuk mendapatkan balasan dari si penerima pesan.

Namun, sejauh ini komunikasi daring asinkron telah menjadi bagian penting, baik itu untuk kepentingan pribadi maupun lembaga, instansi atau perusahaan. Selain itu, komunikasi daring asinkron menghemat waktu dan biaya ketika harus menyampaikan pesan resmi, seperti undangan dan pemberitahuan resmi. Kendati membutuhkan waktu tertunda, komunikasi daring asinkron masih terjadi, terutama di lembaga, instansi atau perusahaan.

 

Penulis : V0l1-Yl


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia