Bingung? Ini Langkah Mudah Kembalikan Data Yang Terhapus Permanen

Pasti kalian sudah pernah mengalami kehilangan data yang dibutuhkan karena terhapus secara permanen, entah karena kalian sibuk dan terburu buru atau anda memang sengaja menghapusnya. Sengaja atau tidak terkadang data yang terhapus itu adalah dokumen penting yang suatu saat pasti dibutuhkan. Setelah itu kalian pasti bingung jika data itu tidak ada, masuk kedalam Recycle Bin pun percuma karena data tersebut sudah terhapus secara permanen.

Jika saja data itu hanya terhapus biasa anda bisa langsung me-restore data di Recycle bin dan langsung data yang terhapus dikembalikan lagi. Tapi masalahnya jadi rumit kalau data kalian sudah terhapus permanent atau shift+delete. Sebenarnya file yang terhapus atau dihapus tidak benar benar hilang dari laptop atau komputer kalian, karena ada satu sistem yang bertugas untuk menampung file yang sudah dihapus hanya saja kadang kita sering lupa bahkan mengabaikannya sehingga secara tidak sadar kita merasa bahwa file tersebut hilang permanen.

Nah, sekarang bagaimana cara mengembalikan file yang hilang itu? Ini solusi nya!

  • Download terlebih dahulu aplikasi pendukungnya seperti PC Inspector File Recovery.
  • Setelah itu instal dan jalankan aplikasi PC Inspector File Recovery. Setelah itu akan muncul 3 pilihan yaitu : “Recover delete files, Find lost data dan Find lost drive”. Untuk menemukan data yang hilang tersebut anda tinggal pilih “Find Delete Files”.
  • Setelah itu akan muncul macam macam drive yang ada didalam komputer kamu, disitu kamu tinggal pilih dimana kamu akan meng-eksplorasi data yang hilang. Jika data yang ingin kamu eksplorasi ada di Local Disk D, kamu pilih dan klik tombol centang warna hijau yang ada disebelah kanan laptop atau komputer kamu.
  • Saat itu proses scanning sudah dimulai. Kamu tinggal menunggu sampai proses scanning selesai, biasanya jika banyak data yang ada di-Drive maka proses scanning akan terasa lambat. Setelah itu kamu harus men-cek status kondisi dari file yang akan dikembalikan, jika satatusnya bagus atau disitu tertulis “good” berarti besar kemungkinan data kamu akan di kembalikan dengan selamat.
  • Kemudian kamu pilih file yang akan di kembalikan atau di-Restore, jika sudah kamu klik kanan dan pilih Save to ...pilih tempat dna lokasi penyimpanan untuk menampung data yang akan di-Restore tadi. Setelah kamu klik ok maka proses restoring akan berjalan, lagi lagi pada proses ini kamu akan menunggu lama tergantung pada ukuran dan banyak data yang kamu restore.
  • Setelah proses restore selesai kamu bisa lihat data yang hilang itu dengan men-cek kembali ke lokasi penyimpanan yang kamu pilih sebelumnya. Jika berhasil maka, data yang kamu restore pasti sudah tertera di lokasi penyimpanan tersebut.

Nah, itulah cara yang cukup akurat dalam proses pengembalian data yang terhapus secara permanen, sebenarnya masih banyak cara lain dan software yang digunaka bukan hanya itu saja, kamu bisa menggunakan software lain sesuai keinginan kamu. Tapi biasanya orang lebih sering menggunakan aplikasi PC Inspector File Recovery ini karena selain mudah digunakan software ini tidak berbayar atau gratis, berbeda dengan software software lain yang berbayar. Selamat mencoba.

Penulis : Vebbiyolla Valentine

#Garudacyber15januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...