Pengertian Marketing Serta Tugas Masing-Masing Bidang Marketing

Dalam aktivitas bisnis perusahaan marketing atau pemasaran bisa dikatakan hal yang sangat penting dan vital. Jika sebuah perusahaan tidak melakukan marketing atau memasarkan produknya tentu saja tidak akan da costumer atau pelanggan yang dimiliki sehingga akan berdampak pada uang masuk perusahaan. Sehingga bisa dikatakan bahwa bisnis dan marketing tidak bisa dipisahkan.

Marketing atau pemasaran adalah hal yang harus dilakukan agar perusahaan tetap bisa berjalan dan berlangsung. Dengan adanya marketing maka jasa atau produk yang dimiliki perusahaan akan dilirik dan bisa menghasilkan pelanggan.

Marketing bisa dikatakan sebuah kegiatan yang tujuannya untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan kepada target yang sudah ditentukan. Singkat kata, marketing adalah usaha yang dilakukan agar konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Strategi dan bentuk marketing itu sendiri sebenarnya beragam dan banyak namun yang sering kita jumpai yaitu iklan di televisi, iklan di radio, billboard dan bentuk lainnya. Berbeda dengan zaman saat ini, strategi marketing tidak seperti itu saja namun sudah mengalami pergeseran yang biasanya marketing menggunakan konten fisik kini beralih menjadi konten digital. Itu semua terjadi karena perkembangan teknologi. Konten digital yang sering bisa melalui pesan email, fb ads, dan memanfaatkan media online lainnya.

Tugas Divisi Marketing

Karena bergesernya strategi marketing saat ini yang mau tidak mau harus mengikuti arus perkembangan teknologi maka perusahan juga harus lebih adaptive terhadap perubahan tersebut.  sehingga untuk divisi marketing setidaknya perusahaan harus memiliki minimal 4 bagian penting.

  1. Sosial Media Manager

Bagi para marketer tentu saja di zaman serba instan dengan banyaknya hadir media sosial tentu saja harus menjadi perhatian penting karena jejaring sosial sebagai tempat berkumpulnya calon pelanggan yang akan menjadi target marketing kita. Banyak saat ini platform online yang bisa digunakan untuk media marketing, namun kamu tidak harus memfokuskan diri untuk ke semua platform tersebut, cukup satu channel baik itu hanya instagram, youtube, facebook atau media lainnya. Namun harus diingat bahwa harus bisa fokus pada satu platform.

  1. Content Specialist

Bagian ini memiliki peran dalam pembuatan konten marketing, seorang content specialist harus memikirkan konten yang memikat. Saat ini memang sudah tidak zaman lagi mempromosikan produk dengan berkoar-koar mengenai produk dan jasa saja. Sebagai pelaku bisnis juga harus memahami apa yang menjadi target pasar.  Pahami masalah yang ada di lapangan  serta usahakan bisnis yang diciptakan adalah solusi dari masalah yang ada.

  1. Automation Specialist

Untuk tugas dari automation specialist ini sebenarnya lebih fokus pada tools-tools marketing yang berjalan secara otomatis atau minimal semi otomatis. Salah satu tools yang bisa digunakan yaitu online advertisement atau melakukan iklan secara online. Dengan menggunakan layanan iklan online maka iklan yang kita buat akan sampai kepada target pasar yang kita tuju sesuai minat karena penyedia layanan menggunakan algoritma khusus untuk hal ini.

  1. Marketing Analyst

Untuk divisi yang satu ini memiliki tugas yang agak berbeda dari ketiga divisi di atas. Seorang marketing analis tidak dituntut untuk membuat konten marketing atau isi dari pemasaran melainkan  mengevaluasi kinerja dari ketiga divisi di atas apakah strategi yang dilakukan setiap divisi sudah efektif dan efesien cara kerjanya. Jika belum seorang marketing analyst harus mampu memberikan solusi dari kendala yang terjadi. Selain itu seorang marketing analyst tentu harus mampu merumuskan bagaimana cara memaksimalkan setiap metode marketing yang dilakukan.

Nah, secara umum itulah pengertian dari marketing serta tugas-tugas yang dimiliki untuk setiap divisi marketing.

 

#GarudaCyber23Mei 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...