Pengertian Domain dan Hosting

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar kata Domain dan Hosting ini, karena dua hal ini berkaitan dengan website dan bahkan sebagian mungkin sudah paham apa itu domain dan hosting. Namun, bagi mereka yang tidak melek teknologi mungkin masih sering bertanya-tanya apa sih itu domain dan hosting. Bahkan saat hendak membuat website pribadi dan berkonsultasi dengan orang IT mungkin kamu mendengar istilah Domain dan hosting ini, namun belum juga paham apa yang dimaksud dengan domain dan hosting,

Ketika kita ingin memiliki sebuah website sebenarnya itu tidak begitu sulit karena yang kita perlukan adalah domain dan hosting. Tanpa adanya kedua ini tentu saja website kita tidak bisa jalan. Nah, sekarang kita akan membahas apa itu domain? Apa itu hosting?/

Domain

Pada dasarnya domain merupakan nama sebuah website dalam internet sama halnya dengan kita website juga harus memiliki nama. Nama untuk website tersebut tentunya kita ingin berbeda dengan nama lainnya. Layaknya seorang anak tentu saja kita tidak ingin nama anak kita sama dengan nama anak orang lain, begitu juga dengan domain.

Ketika kita ingin membuat website dan tentu saja kamu harus memberi domain berbeda dengan website orang lain. Kamu tidak boleh memberi nama website kamu sama dengan nama website yang sudah dimiliki oleh website orang lain.

Kita contohkan ketika kamu ingin membeli domain untuk website kamu dengan nama akulaku.com namun ternyata domain tersebut sudah digunakan orang lain, sehingga kamu harus menggunakan domain lain karena kamu tidak akan bisa membeli domain tersebut karena sudah ada orang lain yang memilikinya.

Selain itu, domain ini memiliki level-level salah satunya Top Level Domain. Sedangkan untuk Top Level Domain ini juga terdiri dari 2 macam yakni gTLD (Global Level Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain)

gTLD adalah nama domain yang berdiri sendiri, berikut daftar domain dari gTLD :

  1. .net
  2. .com
  3. .org
  4. .edu
  5. .mil
  6. .info
  7. .gov

Sedangkan daftar domain ccTLD adalah :

  1. .id
  2. .web.id
  3. .ac.id
  4. .co.id
  5. .or.id
  6. .my.id
  7. .sch.id

Hosting

Setelah membahas domain kita akan melanjutkan kepada hosting. Sama halnya dengan flashdisk atau harddisk untuk menyimpan data, hosting juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data-data website seperti kodingan template, artikel yang di post serta gambar. Bedanya hosting dengan harddisk dan flashdisk, hosting adalah penyimpanan digital untuk pemilik website.

Kita tidak akan bisa membuat sebuah website jika tidak ada hosting karena hosting adalah tempat penyimpanan semua data yang dibutuhkan oleh sebuah website. Namun, ada yang harus kita perhatikan sebelum membeli hostingan. Kita harus membeli hosting yang mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan website kita.

Berikut ini beberapa spesifikasi yang harus dimiliki hosting untuk sebuah website :

  1. Space atau kapasitas yang disediakan oleh hosting sebagai ruang penyimpanan
  2. Bandwitdh merupakan sebuah alat ukur dalam melihat jumlah pengunjung website kita. Sehingga sangat disarankan sekali untuk membeli bandwith yang besar, dan informasi bahwa bandwith akan di reset setiap bulannya
  3. Database ini digunakan sebagai penentu seberapa besar data yang bisa tersimpan, sehingga semakin besar database maka semakin banyak pula data yang bisa tersimpan di dalamnya.

Nah, itulah pengertian dari domain serta hosting. Kamu ingin memiliki website? Belilah domain dan hosting yang tepat agar website kamu bisa sukses.

 

#GarudaCyber23Mei

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...