Sistem Absensi Sidik Jari Berbasis Web

Untuk penggunaan mesin finger memang dinilai sangat efektif untuk dapat meningkatkan produktivitas pekerja dan mendisiplinkan karyawan pekerja guna nya untuk memajukan sebuah perusahaan atau industri. Akan tetapi siapa yang akan menyangka bahwa mesin absen dengan berbasis web yang dapat dinilai jauh lebih baik dan modern dari pada mesin sidik jari biometrik ataupun manual.

Mesin absen web ini dinilai baik dari pada mesin finger. 

Mesin finger yang berbasis web ini ialah sebuah alat yang digunakan untuk mengambil absen serta melihat dan memantau kehadiran karyawan atau para pekerja secara online yaitu melalui web. Akan tetapi, alat yang dimaksud bukanlah sebuah mesin absensi yang terlihat pada umumnya, akan tetapi bentuk nya seperti sebuah aplikasi web atau platform yang dapat dihubungkan dengan komputer, HP ataupun laptop yang dapat diakses melalui internet. Pada bagian IT dalam sebuah perusahaan bisa membuat atau menciptakan sistem pemantauan berbasis web ini yang dimana seluruh pekerja atau karyawan bisa mengakses melalui HP ataupun komputer anda masing-masing. Setiap karyawan mempunyai password dan juga username yang akan kita digunakan untuk mengakses layanan absensi tersebut.

Mesin ini dapat menggantikan peran mesin sidik jari karena mesin berbasis absensi ini dinilai lebih efektif dan juga canggih dalam melihat atau memantau karyawan dan para pekerja, mesin absensi berbasis web ini mempunyai beberapa kelebihan di antaranya :  

Dapat diakses dari manapun

Kelebihan dari mesin ini salah satu nya ialah dapat di akses dari manapun serta tidak dapat ditemukan dari mesin absensi lainnya. Sebuah perusahaan yang mempunyai cabang perusahaan atau anak perusahaan yang lain yang lokasinya dan tempat nya berjauhan di berbagai daerah atau kota lain dapat menggunakan sistem all in one karena sistem dapat kita hubungkan melalui layanan internet yang dapat  kelola serta diatur dengan maksimal oleh pihak yang bersangkutan dan dalam hal ini ialah pihak personali agar dapat memudahkan dalam pembuatan laporan data absensi karyawan.

Data lebih akurat

Data lebih akurat ini juga menjadi salah satu kelebihan dari mesin absensi berbasis web ini, dengan menggunakan mesin ini, maka hasil dari analisis serta data yang dihasilkan lebih akurat sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menghitung dan melihat absensi karyawan ataupun pekerja. Hal ini disebabkan karena karyawan mempunyai password dan username mereka masing-masing yang dapat diakses oleh orang tertentu atau orang yang bersangkutan.

Hal ini juga dapat menjaga keamanan dan privasi absensi masing-masing karyawan sehingga data yang masuk ke sistem lebih akurat. Meskipun mesin absensi web ini terdapat kelebihan, berkemungkinan sebuah sistem ini juga memiliki kekurangan di antara nya yaitu:

• Sering terjadi error

Karena sistem ini di akses melalui jaringan internet, maka sistem ini juga  sering terjadi kesalahan atau error sehingga tidak dapat diakses apabila jaringan internet yang digunakan mati atau berkoneksi buruk. Akan tetapi kesalahan ini biasanya disebabkan adanya gangguan dari penyedia internet atau pusat layanan dan dapat juga disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung atau buruk. Apabila kita tinggal di lokasi yang terpencil dan sulit untuk mengakses jaringan juga akan menjadi faktor utama dari mesin tersebut, dan tidak akan dapat di akses pada lokasi tersebut.

Apabila sebuah perusahaan sudah menggunakan mesin finger dengan berbasis web tersebut, maka pihak IT dengan pimpinan harus memasukan data karyawan dengan password dan username yang akan digunakan karyawan untuk dapat mengakses mesin dan melakukan absensi melalui mesin finger yang berbasis web tersebut. Sesudah software siap dan dapat digunakan, maka karyawan telah bisa menggunakannya sehari-hari untuk dapat melakukan pencatatan pada  setiap hadir ataupun jam pulang karyawan. Karyawan atau pekerja dapat langsung mengakses melalui komputer dan membuka aplikasi tersebut untuk memulai menggunakan aplikasi finger berbasis web tersebut.

Semoga informasi ini bisa membantu Greader untuk menentukan pemilihan mesin finger ataupun absensi web sesuai dengan dana yang dimiliki oleh perusahaan dan juga tingkat kebutuhan.

 

Penulis : Wini

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...