Tahapan Pasca-Produksi Video, Animasi Dan/Atau Musik Digital

Tahap Pasca-Produksi

Pasca-Produksi merupakan tahap akhir setelah kita melakukan Pra-Produksi dan Produksi, dimana pada tahap ini semua hasil dari produksi akan dikumpulkan lalu diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu video, animasi atau music digital yang bagus dan indah. Adapun tahap-tahap pasca-produksi ini adalah :

1. Editing Video

Yaitu suatu proses mengubah dan memperindah hasil dari video shoot atau rekaman gambar. Pada umumnya editing berhubungan dengan Color Correction, Sound Mixing dan Capture Video. Pada pasca-produksi pembuatan animasi ada lagi beberapa step yang harus dilakukan yaitu :

  • Editing Animation dan Voice Proses yaitu suatu proses pengeditan animasi yang sudah dibuat dan juga penambahan atau pengeditan suara.
  • Compositing dan Visual Effect yaitu proses pengkomposisian pada elemen-elemen animasi dan juga pembuatan efek-efek visual yang dibutuhkan, seperti judul, efek visual yang membuat indah animasi, seperti memberi efek sinar, bayangan, ledakan dll.
  • Adding Sound dan Audio/Foley yaitu proses dalam pemberian efek suara atau audio untuk pendukung visual animasi. Proses ini biasanya dilakukan di ruangan-ruangan yang terdapat benda-benda yang dapat menghasilkan suara sesuai dengan yang dibutuhkan oleh animasi.

2. Preview dan Final

Ialah proses dimana semua animasi, audio, efek, serta semua komposisi yang terkait akan digabungkan untuk di Preview.

3. Burn to Tape

Burn to tape adalah proses memindahkan hasil animasi yang sudah dibuat ke media pita untuk didistribusikan, digandakan atau diputar diputar di bioskop ataupun stasiun TV.

Seperti itulah tahap-tahapan pasca-produksi, adapun kami akan memberikan sedikit cara mengedit video dengan Windows Movie Maker sebelum itu sedikit kami jelaskan, bahwa Windows Movie Maker adalah sebuah aplikasi dari Windows Live Essentials. Fungsinya sendiri adalah untuk melakukan olah digital terhadap film, seperti menambahkan efek visual, aplikasi ini memang hanya memiliki fitur sederhana, akan tetapi sudah sangat mencukupi untuk pemula, berikut adalah cara mengedit video dengan Windows Movie Maker :

  1. Buka Aplikasi Windows Movie Maker.
  2. Mulai dan Simpan Project.

 Bagian terpenting adalah anda harus menyimpan project anda dengan mengisi nama file lalu tekan Save.

  1. Importing Digital Movies dan Photos.

Pada beranda klik tambahkan video dan foto, cari file video atau foto anda lalu klik open.

  1. Memecah Video atau Splitting.

Drag garis hitam dimanapun sesuka anda untuk memecah video klik tab edit lalu klik pecah.

  1. Menambahkan Transisi Video.

Pilih potongan video yang anda inginkan, lalu klik tab Animation, lalu arahkan pointer mouse-mu ke transisi yang ada untuk melihat efek yang akan terjadi.

  1. Menambah Caption Pada Video.

Pilih potongan video yang anda inginkan klik tab beranda dan klik tombol keterangan. Teks keterangan akan muncul pada bawah video anda, pada kotak keterangan tersebut anda bisa memberi caption video anda sesuka anda.

  1. Menambahkan Judul dan daftar nama

Klik tab beranda, klik tombol judul dan daftar nama, lalu akan muncul layer hitam dengan kotak teks, pada kotak itulah anda bisa menambahkan judul ataupun daftar nama pada video anda.

  1. Menambahkan Suara

Klik tab beranda, klik tombol tambahkan music, lalu cari music yang tersimpan dalam computer anda, lalu klik open.

  1. Publikasi Video atau Exporting

Klik pada tab beranda, lalu klik save, pilih setelan yang direkomendasikan oleh computer, beri nama file anda sesuka anda, lalu klik save.

Sekian sedikit tutorial dan informasi tentang tahap-tahap pasca-produksi semoga bermanfaat.

 

Penulis : Dery

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...