Teknik penelusuran Search Engine

Search engine memang sudah tidak asing lagi didengar oleh mereka yang melek IT. Apalagi saat ini banyak orang yang tidak terlepas dari yang namanya search engine.

Pengertian aplikasi search engine

Search engine ialah sebuah program komputer yang di rancang secara khusus untuk dapat membantu seseorang untuk dapat menemukan  file – file yang di simpan pada komputer. Contoh nya pada sebuah web server umum web / www atau komputer itu sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk dapat meminta content media dengan kriteria yang biasa kita inginkan atau spesifik, dan memperoleh daftar file yang dapat memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari atau search engine biasanya menggunakan indeks atau yang memutahirkan sebelumnya atau yang telah dibuat sebelum nya agar dapat mencari file yang telah dimasukan kriteria pencari nya.

Mesin pencari yang akan kita bahas yaitu mesin pencari khusus yang digunakan untuk mencari informasi dengan berbagai file pada internet, sehingga mesin pencari semua bahan referensi dan lain lainnya.

Agar dapat memudahkan pencarian pada data base yang besar, mesin pencari ini menggunakan indeks untuk dapat memilah-milah infromasi yang terdapat pada data base. Dan untuk memudahkan pencarian mesin pencari menggunakan metode yaitu metode algoritma pencarian.

Secara prinsip, tujuan dari sebuah program ini ialah menemukan arsip atau dokumen di internet yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pengguna dalam jangka waktu yang cepat dan sesingkat-singkatnya. Hal ini menjadi kualitas dan hasil waktu pencarian, kemudian menjadi pengukur baik dengan kinerja sebuah search engine.

Komponen search engine

  1. Query Interface

Komponen query Interface ini ialah sebuah komponen terpenting yang merupakan bentuk tampilan yang menyediakan fasilitas search engine. Bentuk yang sederhana dari search engine adalah tersedianya sebuah kotak yang kosong pada situs dimana user bisa menuliskan informasi dan data yang ingin di lihat dan di cari. Hal yang perlu di ketahui oleh pengguna ialah tidak semua situs mempunyai kemampuan yang sama ketika membantu pengguna atau user untuk dapat mengekspresikan jenis dan data yang ingin di cari. Pada bahasa komputer cara mengekspresikan ini di sebut dengan query.

  1. Query engine

Komponen query engine ialah merupakan sebuah program yang bertugas untuk dapat menterjemahkan keinginan user ke bahasa yang dapat di mengerti oleh mesin komputer. Secara teknis, perusahaan yang menyediakan search engine berlomba-lomba untuk membuat query yang terbaik agar dapat mendapatkan keinginan user. Dan dapat juga melakukan tugas pencarian dengan cepat. Query ini juga yang melakukan pencarian dokumen dan arsip yang tepat dalam data base( basis data ).

  1. Data base

Data base ialah dasar atau semua data dan daftar dari dokumen maupun arsip pada seluruh situs yang terdapat pada internet. Semakin besar skali pada internet maka akan semakin besar kapasitas yang akan dibutuhkan.

  1. Spider

Spider ialah komponen yang terpenting pada sebuah searching engine, dan secara berkala yang akan mendata pada setiap situs yang terdapat pada internet yang lama maupun yang baru. Pada situs ini akan di ambil kata-kata yang menjadi kata kunci nya untuk dapat menemukan arsip dan dokumen yang akan di temukan.

  1. Indexer

Indexer ialah program yang mempercepat proses sebuah pencarian. Filosofi yang di gunakan sama dengan penggunaan indeks pada buku-buku dan kamus. Perang dalam situs terjadi di sini, karena indeks sanggat berpengaruh pada kecepatan dalam pencarian data dan pencarian informasi.

 

Penulis : Wini

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...